Shinryaku! Ika Musume

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Shinryaku! Ika Musume
侵略!イカ娘
Genre Komedi, Fantasi, Potongan kehidupan
Manga
Pengarang Masahiro Anbe
Penerbit Akita Shoten
Demografi Shōnen
Majalah Weekly Shōnen Champion
Tanggal terbit Juli 2007Februari 2016
Volume 22
Seri anime televisi
Sutradara Tsutomu Mizushima
Penulis Michiko Yokote
Studio Diomedéa
Pelisensi
Jaringan TV Tokyo
Jaringan bahasa Inggris
Tayang perdana 4 Oktober 201020 Desember 2010
Episode 12 (Daftar episode)
Seri anime televisi
Shinryaku!? Ika Musume
Sutradara Tsutomu Mizushima (direktur jenderal)
Yasutaka Yamamoto (direktur)
Penulis Michiko Yokote
Studio Diomedéa
Pelisensi
Jaringan TV Tokyo, AT-X
Jaringan bahasa Inggris
Tayang perdana 26 September 201126 Desember 2011
Episode 12 (Daftar episode)
Animasi video asli
Shinryaku!! Ika Musume
Sutradara Tsutomu Mizushima
Yasutaka Yamamoto
Keizou Kusakawa
Studio Diomedéa
Pelisensi
Rilis 8 Agustus 20128 September 2014
Episode 3 (Daftar episode)
Portal Anime dan Manga

Shinryaku! Ika Musume (侵略!イカ娘?, makna harfiah: Invade! Squid Girl) atau dikenal pula dengan Squid Girl, dengan subjudul Penyerang yang berasal dari dasar laut!, adalah seri manga Jepang Masahiro Anbe, yang telah diserialkan di Weekly Shonen Champion Akita Shoten antara Juli 2007 dan Februari 2016. Sebuah adaptasi serial anime televisi oleh Diomedéa ditayangkan di TV Tokyo antara bulan Oktober dan Desember 2010, dengan musim kedua ditayangkan antara bulan September dan Desember 2011. Tiga episode animasi video asli (OVA) dirilis pada antara tahun 2012 dan 2014.

Plot[sunting | sunting sumber]

Gadis Cumi-cumi merupakan sefalopoda berbentuk manusia dari laut yang memiliki tentakel warna biru seperti cumi-cumi untuk rambutnya. Ia bersumpah untuk menyerang umat manusia sebagai balas dendam karena mencemari laut, dan mencoba untuk membuat sebuah rumah pantai yang disebut Lemon Beach House, yang dimiliki oleh Aizawa bersaudara dan terletak di suatu tempat di pantai Jepang, sebagai basis operasinya. Namun, ketika dia tanpa sengaja membuat lubang di dinding mereka mencoba untuk menunjukkan kekuatannya dengan mencoba untuk memukul nyamuk, dia dipaksa untuk bekerja sebagai pelayan untuk melunasi ganti rugi. Dengan demikian, ia memulai hidupnya di permukaan, belajar hal-hal baru dan bertemu banyak pengunjung yang penasaran dengan Lemon Beach House.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Squid Girl (イカ娘 Ika Musume?)
Suara oleh: Hisako Kanemoto (Jepang), Christine Marie Cabanos (Inggris)[1]
Ia merupakan tokoh protagonis utama dari seri ini. Gadis Cumi-cumi adalah seorang gadis dari laut yang berencana menyerang umat manusia sebagai hukuman atas pencemaran yang dilakukannya. Namun, setelah menyebabkan kerusakan Lemon Beach House (yang dia rencanakan untuk digunakan sebagai basis operasinya), dia dipaksa untuk bekerja sebagai pelayan untuk membayar ganti rugi. Seperti cumi-cumi, ia memiliki sepuluh tentakel yang sepenuhnya dapat dikontrol yang menonjol dari bagian atas kepalanya seperti rambut dan dapat meregenerasi jika mereka dipotong, serta memuntahkan tinta cumi-cumi dari mulutnya. Dia juga memiliki banyak kemampuan dari berbagai spesies cumi-cumi, seperti bercahaya dalam gelap seperti cumi-cumi kunang-kunang, menggerakkan sirip pada topinya, bernapas di bawah air, atau mengubah berat badannya untuk mengontrol tentakelnya. Menurutnya, dia diduga akan mati jika dia mengambil topinya.
Dia menikmati udang dan sangat takut akan predator alami cumi-cumi seperti hiu dan paus pembunuh. Meskipun umumnya belum dewasa dan sering mendapatkan dirinya dalam kenakalan, dia adalah orang yang cepat belajar, mampu menguasai hal-hal yang kompleks seperti matematika dan bahasa-bahasa lain dalam waktu singkat. Dia hampir selalu mengakhiri kalimat dengan "de geso" (でゲソ?, makna harfiah: "squid tentacles") sebagai copula dan menekankan "ika" dalam kalimat-kalimat, yang ditulis dalam katakana (misalnya: ja na ika (~じゃなイカ?, makna harfiah: isn't it?)). Dalam suara bahasa Inggris, dia menggabungkan berbagai cumi-cumi dan ikan permainan kata-kata dalam dialognya.
Eiko Aizawa (相沢 栄子 Aizawa Eiko?)
Suara oleh: Ayumi Fujimura (Jepang), Heather Pennington (Musim 1), Kira Vincent-Davis (Musim 2, OVA) (Inggris)
Manajer Lemon Beach House yang tinggal dengan saudara kandungnya, Chizuru dan Takeru. Dia adalah seorang gadis kuat dan terus-menerus menjaga Gadis Cumi-cumi. Meskipun dia sering jengkel terhadapnya, Eiko tampak merawatnya lebih baik daripada dia mengakuinya dan akhirnya mereka menjadi teman baik. Permainan video adalah salah satu hobi utamanya, dan belajar merupakan titik lemahnya. Ia adalah seorang yang tomboi, membenci memakai pakaian perempuan, bahkan rok.
Chizuru Aizawa (相沢 千鶴 Aizawa Chizuru?)
Suara oleh: Rie Tanaka (Jepang), Shelby Lindley (Musim 1), Luci Christian (Musim 2, OVA) (Inggris)
Kakak Eiko, koki utama dan memerintahkan kepala Lemon Beach House yang memiliki rambut biru dan hampir tidak pernah menunjukkan matanya dalam kebanyakan situasi. Dia memiliki penampilan orang yang baik dan memiliki kekuatan super. Kekuatan super (pada dasarnya sebagai perangkat rencana yang membuat Gadis Cumi-cumi tidak berhasil dengan invasinya), dan aura menakutkan yang akan diarahkan pada siapa pun yang ingin membuat masalah di rumah pantai tersebut atau kepada mereka yang mengancam keluarga dan teman-temannya, yang terakhir yang sering membuat Gadis Cumi-cumi di bawah kontrolnya adalah hanya dengan membuka matanya. Chizuru tampaknya khawatir tentang berat badannya dan meskipun dia memiliki kemampuan super, dia putus asa ketika dia dianggap sebagai manusia yang berbeda. Dia sempat dikira Hanya, setang dari Jepang.
Takeru Aizawa (相沢 たける Aizawa Takeru?)
Suara oleh: Miki Ōtani (Jepang), Amanda C. Miller (Musim 1), Greg Ayres (Musim 2, OVA) (Inggris)
Adik Eiko dan Chizuru. Takeru adalah siswa sekolah dasar yang suka bermain dengan Gadis Cumi-cumi itu, yang dia sebut "Squid Girly" (イカ姉ちゃん Ika Nee-chan?, makna harfiah: "Big Squid Sister"). Lelucon adalah kekurangannya.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Manga oleh Masahiro Anbe itu dibuat serial di Weekly Shonen Champion Akita Shoten antara Juli 2007[2] dan Februari 2016.[3][4] Serial ini disusun menjadi 22 volume tankōbon dan dirilis antara bulan 7 Maret 2008 dan 15 Mei 2016.[5][6][7] Manga ini diterbitkan di Taiwan oleh Chingwin Publishing Group.[8][9]

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah anime adaptasi 12 episode oleh Diomedéa ditayangkan di TV Tokyo antara 4 Oktober dan 20 November 2010. Volume kelima dan keenam DVD/Blu-ray dirilis pada tanggal 20 April 2011 dan 18 Mei 2011, dan terdapat bonus cerita sisi "Mini-Ika Musume".[10] Musim kedua anime yang berjudul Shinryaku!? Ika Musume (侵略!?イカ娘?)[11] ditayangkan di Jepang antara tanggal 26 September[12] dan 26 Desember 2011. Kedua seri tersebut disiarkan secara bersamaan oleh Crunchyroll.[13] Sebuah episode animasi video asli (OVA) berjudul Shinryaku!! Ika Musume dibundel dengan manga ke-12 yang dirilis pada 8 Agustus 2012,[14] dan OVA yang kedua dirilis dengan volume manga ke-14 pada tanggal 7 Juni 2013.[15][16] Crunchyroll mulai menyiarkan OVA tersebut pada bulan Februari 2014.[17] Ketiga OVA dirilis dalam Blu-ray dan dibundel dengan volume manga ke-17 pada 9 September 2014.[18]

Media Blasters melisensikan anime di Amerika Utara dengan judul Squid Girl. Musim pertamanya dirilis pada dua volume DVD masing-masing pada tanggal 27 September dan 6 Desember 2011[19][20] diikuti dengan sebuah Blu-ray yang dirilis pada 13 Maret 2012.[21] Media Blasters awalnya merencanakan untuk merilis musim kedua,[22] tetapi tidak ada lagi rencana untuk melakukannya.[23] Kedua musim anime dan OVA kemudian dilisensikan oleh Sentai Filmworks pada tahun 2016.[24] Serial lengkap, termasuk seri anime dan OVA, dirilis pada Blu-ray dan DVD pada tanggal 28 November 2017. Musim pertamanya dirilis dalam bentuk DVD di Inggris oleh Manga Entertainment pada 13 November 2012.[25]

Musik[sunting | sunting sumber]

Untuk serial anime pertama, lagu tema pembukaan adalah "Shinryaku no Susume" (侵略ノススメ☆?, Let's Invade!) oleh Ultra-Prisma dengan Hisako Kanemoto, yang dirilis pada 27 November 2010, dan lagu penutupnya adalah "Metame Rhythm" (メタメリズム Metamerizumu?) oleh Kanae Itō, yang dirilis pada tanggal 26 November 2010. Lagu karakter, "Ika Aisu Tabe na Ika?" (イ・カ・ア・イ・ス食べなイカ??, Won't You Eat Squid Ice Cream?), dinyanyikan oleh Kanemoto, dirilis pada 6 Juli 2011 dibundel dengan DVD musik video.[26] Untuk musim kedua, lagu pembukanya adalah "High Powered" oleh Sphere, dan lagu penutupnya adalah "Kimi o Shiru Koto" (君を知ること?, Learning About You) oleh Kanemoto.[27] Untuk OVA, lagu pembukanya adalah "Let's Shinryaku Time!" (Let's☆侵略タイム! Let's Shinryaku Taimu?) oleh Ultra-Prism, dan lagu penutupnya adalah "Puzzle" (パズル Pazuru?) oleh Itō untuk dua OVA pertama, dan "Miser's Dream" (マイザーズドリーム Maizāzu Dorīmu?) oleh Itō untuk OVA yang ketiga.[28]

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Kerja sama dengan permainan video Splatoon Nintendo telah diumumkan. Kolaborasi karya seni oleh Anbe diumumkan di Jepang di akun Twitter resminya.[29] Pakaian gratis yang dibuat bertema Gadis Cumi-cumi dirilis untuk permainan tersebut pada 6 Agustus 2015.[30][31][32]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Squid Girl Season 2 English Dub Official Cast List". Sentai Filmworks. Diakses tanggal October 22, 2017. 
  2. ^ "週刊少年チャンピオン 2007年No.35" (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal March 9, 2016. 
  3. ^ "Squid Girl/Shinryaku! Ika Musume Manga Ends on February 25". Anime News Network. February 17, 2016. Diakses tanggal February 17, 2016. 
  4. ^ "週刊少年チャンピオン 2016年No.13" (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal March 9, 2016. 
  5. ^ 侵略! イカ娘(1) (少年チャンピオン・コミックス) (dalam bahasa Jepang). Amazon.co.jp. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  6. ^ 侵略! イカ娘(20) (少年チャンピオン・コミックス) (dalam bahasa Jepang). Amazon.co.jp. Diakses tanggal January 3, 2016. 
  7. ^ "Squid Girl/Shinryaku! Ika Musume Manga's 22nd Volume Will Be Last". Anime News Network. January 8, 2016. Diakses tanggal January 8, 2016. 
  8. ^ 侵略!花枝娘 01 (dalam bahasa Tionghoa). Chingwin Publishing Group. Diakses tanggal October 4, 2013. 
  9. ^ 侵略!花枝娘 15 (dalam bahasa Tionghoa). Chingwin Publishing Group. Diakses tanggal June 15, 2014. 
  10. ^ "News: Ika Musume BD/DVD 5 & 6 to Include Mini Episodes". Anime News Network. November 22, 2010. Diakses tanggal March 5, 2011. 
  11. ^ "2nd Ika Musume/Squid Girl Season's Title, Staff Listed". Anime News Network. May 24, 2011. Diakses tanggal March 11, 2013. 
  12. ^ "Ika Musume/Squid Girl Sequel to Debut on September 26". Anime News Network. August 23, 2011. Diakses tanggal March 11, 2013. 
  13. ^ "Crunchyroll Confirms Stream of Squid Girl Season 2". Anime News Network. September 26, 2011. Diakses tanggal March 11, 2013. 
  14. ^ "Squid Girl Manga to Bundle New Original Anime DVD". Anime News Network. March 13, 2012. Diakses tanggal March 11, 2013. 
  15. ^ "Squid Girl Manga to Bundle 2nd Original Anime DVD". Anime News Network. January 4, 2013. Diakses tanggal March 11, 2013. 
  16. ^ "「侵略! イカ娘」14巻オリジナルアニメDVD付限定版 (少年チャンピオン・コミックス)" (dalam bahasa Japanese). Amazon.co.jp. Diakses tanggal June 7, 2013. 
  17. ^ "Crunchyroll Streams Squid Girl Original Anime DVDs". Anime News Network. February 12, 2014. Diakses tanggal February 12, 2014. 
  18. ^ "Squid Girl Manga Gets New Original Video Anime in September". Anime News Network. February 24, 2014. Diakses tanggal February 24, 2014. 
  19. ^ "Media Blasters Licenses Squid Girl on DVD". Anime News Network. June 14, 2011. Diakses tanggal March 11, 2013. 
  20. ^ "Media Blasters Delays Squid Girl Part 2 to December 6". Anime News Network. November 8, 2011. Diakses tanggal March 11, 2013. 
  21. ^ "Media Blasters to Release 1st Squid Girl Season on BD". Anime News Network. November 14, 2011. Diakses tanggal March 11, 2013. 
  22. ^ "Media Blasters Plans Release for Squid Girl Season 2 TV Anime". Anime News Network. March 19, 2012. Diakses tanggal March 11, 2013. 
  23. ^ "Media Blasters No Longer Has Rights to Bakuman, Kenshin, Berserk Anime". Anime News Network. March 8, 2013. Diakses tanggal July 24, 2013. 
  24. ^ "Sentai Filmworks Licenses Squid Girl Anime". Anime News Network. October 4, 2016. Diakses tanggal October 4, 2016. 
  25. ^ "Puella Magi Madoka Magica and Panty and Stocking Announced by Manga". Anime News Network. March 31, 2012. Diakses tanggal March 11, 2013. 
  26. ^ "Ika Musume/Squid Girl Music Video's Preview Streamed". Anime News Network. June 21, 2011. Diakses tanggal March 11, 2013. 
  27. ^ "Sphere, Hisako Kanemoto Sing Squid Girl Sequel's Themes". Anime News Network. September 17, 2011. Diakses tanggal March 11, 2013. 
  28. ^ "Kanae Itō to Perform Squid Girl OAD Theme Song". Anime News Network. May 21, 2012. Diakses tanggal March 11, 2013. 
  29. ^ "Splatoon x Ika Musume collaboration art". Nintendo (dalam bahasa Jepang). Twitter. May 27, 2015. Diakses tanggal June 4, 2015. 
  30. ^ "Squid Girl Teams Up with Splatoon Inkling". Anime News Network. May 28, 2015. Diakses tanggal June 3, 2015. 
  31. ^ "Splatoon Will Get Fresh With A Squid Girl Costume This August". Siliconera. June 3, 2015. Diakses tanggal June 4, 2015. 
  32. ^ "Splatoon – Squid Girl outfit confirmed for North America". Nintendo Everything. August 5, 2015. Diakses tanggal August 6, 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]