Shidzue Katō

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Shidzue Katō

Shidzue Katō adalah salah seorang aktivis feminisme berkebangsaan Jepang yang lahir pada 2 Maret 1897 dan wafat pada 22 Desember 2001 di Tokyo, Jepang.[1] Perempuan dengan nama pena Ichi dan Sakakiko yang merupakan lulusan Sekolah Peeresses ini telah membuat banyak perubahan terutama terhadap perempuan di Jepang. Menjadi sebuah aktivis feminisme tak mudah baginya dan memerlukan perjalanan yang cukup panjang. Bahkan, ia pun sempat dipenjara selama dua tahun. Berkat kepedulian dan kontribusinya terhadap ideologis sosialis terutama wanita, ia pun menjadi seorang aktivis feminisme terkenal di Jepang.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Shidzue Kato terlahir sebagai Hirota Shidzue dari keluarga samurai yang memiliki hak istimewa. Ayahnya adalah seorang insinyur pertambangan, sedangkan ibunya yang telah dididik di sekolah misionaris, membawa ide-ide Barat ke dalam rumah mereka selama periode di mana Jepang berubah dari masyarakat feodal menjadi masyarakat yang lebih kontemporer. Meski pada masa itu perempuan sudah diberi kesetaraan di bawah hukum, pada kenyataannya kehidupan mereka tidak berubah secara signifikan.

Setelah lulus dari sekolah eksklusif pada tahun 1914, Kato menikah dengan Baron Keikichi Ishimoto yang berprofesi sebagai seorang insinyur pertambangan. Dia terkejut melihat kota pertambangan kecil tempat mereka pindah di mana terlihat bahwa kemiskinan dan kondisi tidak sehat telah dialami orang-orang. Dia dan suaminya pun bekerja untuk reformasi sosial dan untuk meningkatkan kehidupan para pekerja yang menghabiskan dua belas jam sehari di pertambangan, khususnya para wanita, yang kemudian harus merawat keluarga besar mereka.

Pada tahun 1919, Kato datang ke Amerika Serikat dan mendaftar di sekolah sekretaris untuk memperoleh keterampilan yang akan membuatnya mandiri. Saat di sini, dia bertemu Margaret Sanger, pendiri gerakan keluarga berencana negara ini. Pertemuan pertama ini menginspirasi Kato untuk membawa alat kontrasepsi ke Jepang. Namun sekembalinya ke Jepang, dia menimbulkan kehebohan besar karena dirinya merupakan wanita dari kelas samurai yang terlibat dalam kegiatan sosial. Saat itu idenya membawa alat kontrasepsi dengan tujuan pengendalian kelahiran dinilai tidak populer, karena negara menginginkan tingkat kelahiran yang lebih tinggi untuk menghasilkan anak laki-laki. Ketika itu, anak laki-laki dibutuhkan untuk perang.

Selain sebagai aktivis, Kato juga memiliki toko wol serta mengadakan kelas merajut. Hal ini belum pernah terdengar sebab sangat jarang seorang wanita sekelasnya terlibat dalam perdagangan dagang. Namun, gerakannya di dalam komunitas memberinya kesempatan untuk mempromosikan ide pengendalian kelahiran kepada para wanita Jepang. Pada tahun 1922, Kato menjadi tuan rumah kunjungan Sanger ke negaranya, hal ini dimungkinkan oleh liputan pers yang mengesampingkan kebijakan pemerintah. Beberapa waktu kemudian terbit dalam bahasa Jepang tentang Hasil dari Kelompok Studi Pengendalian Kelahiran Jepang tentang Batasan Keluarga, pamflet kontroversial Sanger tentang kontrasepsi.

Pada tahun 1923, Gempa bumi menghancurkan toko Kato, tetapi malah membuat gerakannya berkembang pesat, dan dia mendirikan Institut Penelitian Wanita, yang mempelajari masalah wanita. Sampai saat itu, dia tidak dapat menawarkan metode kontrasepsi, jadi dia menghabiskan waktu di Amerika Serikat dan belajar di bawah bimbingan Sanger. Pada tahun 1932, ia mendirikan Pusat Konsultasi Pengendalian Kelahiran, yang dikelola oleh para dokter dan perawat. Di sana dia menyediakan krim dan jeli kontrasepsi, yang pembuatan dan distribusinya diatur sendiri.

Sekarang, dia menjadi seorang tokoh internasional yang dijuluki "Margaret Sanger dari Jepang," Kato diminta oleh penerbit Amerika untuk menulis otobiografi pertamanya, yang diterbitkan pada tahun 1935. Itu menjadi buku terlaris sehingga setelah Perang Dunia II, itu digunakan oleh pasukan pendudukan Amerika sebagai buku teks tentang budaya Jepang. Pemerintah Jepang sayap kanan menangkap Kato pada tahun 1937 karena mempromosikan "pikiran berbahaya" yang menyebabkannya menghabiskan dua minggu di penjara. Catatan Pusat Konsultasi Pengendalian Kelahiran disita dan klinik ditutup, menghentikan sementara gerakan pengendalian kelahiran di Jepang hingga setelah Perang Dunia II.

Tahun-tahun berikutnya, Kato menceraikan suaminya dan kehilangan seorang putra dan menikah lagi. Dalam upaya untuk mengambil peran kepemimpinan yang aktif, dia mencalonkan diri dan terpilih menjadi majelis rendah Diet Jepang atau Parlemen, pada tahun 1946. Suaminya, Kanju Kato juga terpilih, meskipun mereka mewakili sayap Partai Sosialis yang berbeda. Pada tahun 1947, pada usia empat puluh delapan tahun, Kato melahirkan anak ketiganya dan putri pertamanya. Kato terpilih menjadi anggota majelis tinggi, atau senat, pada tahun 1950, di mana dia menjabat sampai pensiun pada tahun 1974.

Pada tahun 1950 Jepang melegalkan pembuatan, penjualan obat kontrasepsi, dan keluarga berencana didorong oleh Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan. Sanger mengunjungi Jepang pada 1952. Pada 1954, Kato mendirikan Federasi Keluarga Berencana Jepang, yang berafiliasi dengan International Planned Parenthood Federation. Tokyo menjadi tuan rumah Konferensi Internasional tentang Planned Parenthood pada tahun 1955, yang mendukung gerakan di Jepang dan gagasan tentang keluarga yang lebih kecil.

Kepemimpinan Kato tidak terbatas pada keluarga berencana. "Pada pertengahan 1950-an," kata penulis obituari Kato di London Times, "Jepang masih belum melanjutkan hubungan normal dengan negara-negara yang didudukinya selama perang. Pada konferensi di Filipina tahun 1957, Kato dan Niro Hoshijima, ketua Masyarakat Jepang-Korea, memenangkan kepercayaan dari delegasi Korea dengan meminta maaf atas perlakuan kasar Jepang terhadap negara mereka selama lebih dari tiga puluh tahun pendudukan. Sekembalinya ke Tokyo, mereka membujuk Nobusuke Kishi, perdana menteri, untuk mencabut klaim Jepang atas Korea, membuka jalan untuk negosiasi baru menuju perjanjian damai antara kedua negara. " Sebagai anggota Komite Urusan Luar Negeri Senat, Kato menawarkan dukungan oposisi kepada Kishi jika dia akan meminta maaf atas nama rakyat Jepang saat dia melakukan perjalanan ke negara lain untuk mempromosikan perdagangan. Kato sendiri meminta maaf kepada Inggris dan Belanda saat mengunjungi London pada tahun 1971.

Setelah suaminya meninggal pada tahun 1978, Kato keluar dari Partai Sosialis agar dia dapat berbicara lebih mandiri, dan masih aktif dalam kehidupan publik sampai dia berusia 100 tahun. Dia menerbitkan Kato Shidzue Hyakusai, otobiografi lain, di tahun keseratusnya. Seorang penulis untuk Asahi Shimbun mencatat bahwa Kato lahir di Era Meiji dan merupakan seorang wanita muda dan istri selama Era Taisho, di mana tanda-tanda demokrasi terlihat jelas. Periode paling aktifnya adalah selama Era Showa yang bergejolak, dan kehidupan selanjutnya yang lebih mapan adalah selama Era Heisei saat ini. Penulis berkata bahwa "dia menyerang saya sebagai seseorang yang menikmati bagian terbaik dari setiap era yang dia lalui, bahkan di saat-saat terburuk." Penulis mencatat bahwa dalam buku terakhir ini Kato menulis tentang kehilangan putra keduanya karena TBC ketika ia masih muda. Kato mengatakan bahwa setelah pulih dari kematiannya, nasihatnya sendiri kepada dirinya sendiri adalah, "Di saat yang menyedihkan, biarkan dirimu sangat sedih. Di saat yang menggembirakan, biarkan dirimu meledak dalam perayaan."

Kato meninggal pada 2001 pada usia 104. Hidupnya sendiri merupakan perayaan kekuatan untuk membuat perubahan. Dalam obituari di situs web International Planned Parenthood Federation, penulis mencatat bahwa upayanya "terus membuahkan hasil bagi masyarakat Jepang, menurunkan jumlah aborsi, kematian bayi, dan angka kematian ibu, sementara meningkatkan penggunaan kontrasepsi ke 80 persen. Model keluarga berencana Jepang sangat sukses sehingga menarik perhatian dari negara lain sebagai model yang berhasil. "

Dalam pesan belasungkawa, Alexander Sanger berkata, "Nyonya Kato kini telah bergabung dengan teman baiknya dan nenek saya, Margaret Sanger, dalam keabadian; bersama ... mereka bekerja untuk perbaikan status wanita di Jepang, Amerika, dan sekitarnya. Dunia."[2]

Perjalanan karier[sunting | sunting sumber]

Shidzue Kato merupakan seorang lulusan dari Joshi Gakushuin Chutoka (Sekolah Menengah Pertama Gadis Gakushuin) pada tahun 1914. Pada tahun yang sama, dia menikah dengan danshaku (baron) Keikichi Ishimoto dan pergi ke AS pada tahun 1920. Suatu ketika, dia sangat tersentuh oleh Margaret Sanger yang menganjurkan pengendalian kelahiran dan mendirikan Liga Kontrol Kelahiran pada tahun 1931. Selanjutnya, dia membentuk klub Fujin Minshu pada tahun 1946 dan terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan dari Nihon Shakai-to (Partai Sosialis Jepang)yang mana untuk pertama kalinya partai tersebut memilih seorang wanita. Pada tahun 1950, ia terpilih sebagai anggota Dewan-Dewan. Kesempatannya tersebut dipergunakan untuk mempromosikan difusi keluarga berencana dan membentuk Nihon Kazoku Keikaku Renmei pada tahun 1954. Ia pensiun dari politik pada tahun 1974.[1]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Beberapa penghargaan yang diterima oleh Shidzue Kato semasa kariernya, yaitu:

  1. Penghargaan Populasi Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1988
  2. Avon Grand Award pada tahun 1990
  3. Penghargaan Shidzue Kato yang dibuat oleh Organisasi Jepang untuk menghormatinya dalam Kerjasama Internasional dalam Keluarga Berencana pada tahun 1996, ditujukan untuk mengakui pencapaian perempuan di bidang kependudukan dan kesehatan reproduksi.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Kato, Shizue | Portraits of Modern Japanese Historical Figures". www.ndl.go.jp (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-04. 
  2. ^ a b "Kato, Shidzue 1897-2001 | Encyclopedia.com". www.encyclopedia.com. Diakses tanggal 2021-03-22.