Sheng, opera

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ahli strategi Zhuge Liang adalah salah satu contoh dari karakter laosheng yang sering dimainkan dalam pertunjukan opera Tiongkok.
Yang Wenguang adalah contoh karakter xiaosheng. Pada topinya terdapat dua bulu burung pegar sepanjang hampir 2 meter yang disebut lingzi, sebagai lambang profesi militernya.

Sheng adalah jenis peran dalam opera Tiongkok untuk karakter laki-laki yang digambarkan bermartabat dan terhormat seperti cendekiawan, bangsawan atau kepala rumah tangga Konfusius.[1] Peran ini dapat dimainkan baik oleh aktor maupun aktris.

Peran "sheng" memiliki beberapa tipe, dua yang utama adalah laosheng (Hanzi: 老生; Pinyin: lǎoshēng; harfiah: 'tuan tua') dan xiaosheng (Hanzi: 小生; Pinyin: xiǎoshēng; harfiah: 'tuan muda'), tipe penting lainnya adalah wusheng (Hanzi: 武生; Pinyin: wǔshēng; harfiah: 'sheng yang ahli bela diri').[1] Rombongan opera Peking selalu memiliki aktor laosheng. Aktor xiaosheng dapat ditambahkan untuk memainkan peran yang sesuai dengan usianya. Sebagai tambahan peran laosheng utama, rombongan sekelas opera Peking juga memiliki laosheng sekunder.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]