Shapefile

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Shapefile adalah format data untuk menyimpan data spasial nontopologis berbasis vektor. Shapefile digunakan untuk menyimpan data peta digital pada sistem informasi geografis. Format data ini dikembangkan oleh ESRI.

Format data ini mampu menyimpan data spasial seperti bidang (untuk menyimpan data pulau, wilayah provinsi) , garis (untuk menyimpan data jalan , sungai), titik (untuk menyimpan lokasi kota, bangunan, bangunan) dan informasi mengenai ketiga data spasial tersebut (untuk menyimpan nama suatu kota, jenis suatu jalan, dll)

Format data ini berbasis vektor. Jadi, data spasial seperti titik, garis dan bidang disimpan dalam bentuk kumpulan titik. Untuk data garis, disimpan titik-titik sudutnya. Sedangkan untuk bidang, juga disimpan titik-titik sudutnya.

Format data ini menyimpan data spasial yang sifatnya nontopologis. Setiap data spasial hanya disimpan sebagai individu. Hubungan antar data spasial tidak disimpan.

Komponen Shapefile[sunting | sunting sumber]

Sebuah shapefile terdiri dari 3 buah file yang memiliki nama yang sama , namun memiliki ekstensi file yang berbeda, yaitu :

  1. File Utama (.shp)
  2. File Indeks (.shx)
  3. Tabel dBASE (.dbf)

File Utama (.shp)[sunting | sunting sumber]

File utama berfungsi untuk menyimpan data spasial. Jenis data spasial yang dapat disimpan oleh shapefile antara lain :

  1. Point (Titik)
  2. Multipoint (Kumpulan Titik)
  3. Polyline (Satu atau Kumpulan Garis)
  4. Polygon (Satu atau Kumpulan Bidang)

Setiap data spasial akan memiliki nomor record masing-masing sebagai identitas.

File Indeks (.shx)[sunting | sunting sumber]

File indeks berfungsi untuk mempercepat akses untuk mendapatkan suatu data spasial tertentu. Cara kerja file indeks sama seperti cara kerja daftar isi dalam sebuah buku untuk mempercepat pengaksesan suatu bagian di dalam buku.

Daftar isi memberikan nomor halaman ke bagian buku tertentu untuk mempercepat akseske bagian tersebut, sedangkan file indeks memberikan nomor urutan byte dalam file utama yang menyimpan data spasial tertentu.

Tabel dBASE (.dbf)[sunting | sunting sumber]

Tabel dBASE berisi informasi tambahan mengenai suatu data spasial. Data spasial yang disimpan dalam file utama hanya menyimpan titik-titik yang merepresentasikan objek spasial tertentu (titik,garis, atau bidang). Data lainnya yang menjelaskan mengenai suatu data spasial tertentu disimpan pada tabel dBASE. File ini menggunakan file format dBASE.

Struktur Data[sunting | sunting sumber]

Integer[sunting | sunting sumber]

Bilangan bulat, 32 bit signed, berukuran 4 byte

Double[sunting | sunting sumber]

Bilangan real presisi ganda (double precision floating point), 64 bit signed, menggunakan standar IEEE Double Precision Floating Number

Titik. Terdiri dari X (double) dan Y (double)

Multipoint[sunting | sunting sumber]

Kumpulan titik. Terdiri dari :

  1. Bounding Box (4 Buah tipe data double yang merepresentasikan titik sudut persegi yang membatasi wilayah suatu multipoint. Titik titik tersebut antara lain xmin,ymin,xmax,ymax)
  2. Number of Point (Integer, jumlah titik pada multi point)
  3. Points (Array dari tipe data Point)

Polyline[sunting | sunting sumber]

Polygon[sunting | sunting sumber]