Shani (seri televisi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Shani
GenreMitologi
PembuatSiddharth Kumar Tewary
Ditulis olehUtkarsh Naithani
Siddharth Kumar Tewary Raj Routh
Vinod Sharma
SutradaraKamal Monga
Sumit Thakur
Gurpreet Rana
Aviraj D.
Pengarah kreatifAmol Surve
Nitin Gupta
Siddharth Tiwetiya
Pemeran
Penggubah lagu tema
  • Jitesh Panchal
  • Shyam Chetri
Lagu pembukaNilanjana Shamabhasam
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
Jmlh. musim1
Jmlh. episode346
Produksi
ProduserSiddharth Kumar Tewary
Gayatri Gill Tewary
Rahul Kumar Tewary
Pengaturan kameraMulti-camera
Durasi22 menit
Rumah produksiSwastik Productions
Rilis asli
JaringanColors TV
Format gambar576i
HDTV 1080i
Rilis8 Januari 2016 (2016-01-08) –
9 Maret 2018 (2018-3-9)[1]

Karmaphal Daata Shani (Bahasa Indonesia: Hakim Ilahi dari perbuatan Shani) adalah serial televisi drama India, yang ditayangkan perdana pada tanggal 7 November 2016 dan disiarkan di Colors TV. Serial ini diproduksi oleh Swastik Productions dari Siddharth Kumar Tewary. Serial ini mengudara setiap hari Senin sampai Jumat 9:00 pm.[2] Serial ini dialihsuarakan ke dalam bahasa Indonesia sebagai Shani yang ditayangkan di ANTV sejak tanggal 6 Maret 2018 hingga 29 Juli 2018.[3]

Penayangan di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Musim Jumlah episode Awalnya Disiarkan (Indonesia)
Pertama Ditayangkan Terakhir Ditayangkan
1 144 6 Maret 2018 (2018-03-06) 29 Juli 2018

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Kelahiran dan Masa Kecil[sunting | sunting sumber]

Ketika ada pertempuran antara para dewa dan setan, Mahadev muncul dan mengungkapkan bahwa segera tuhan karmaphal akan melahirkan.

Sementara itu, Sanghya, istri Surya tidak tahan dengan panas Surya. Dia mengunjungi ayahnya Vishwakarma dan dia mencuri ramuan yang membuat bayangannya (Chayya) hidup kembali. Chhaya melahirkan seorang anak laki-laki tapi Surya, sang Dewa Matahari, tidak menerima anak laki-laki itu sebagai anaknya karena kerutannya yang gelap. Dia mengatakan kepada Chayya bahwa anak laki-laki itu seharusnya tidak berada di bawah sinar matahari sehingga jangan sampai terbakar. Jadi Chayya membawa anak itu ke hutan di mana dia menamainya sebagai Shani dan kemudian, Mahadeva mengungkapkan bahwa Shani adalah Karmafal Daata.

Pertunjukan tersebut kemudian mencakup berbagai insiden kehidupan Lord Shani, membeberkan setiap bab dari yoga Shrapit kepada data Karmfal Shani dan Dandnayak Shani. Acara ini berfokus untuk menghilangkan kesalahpahaman tentang tuan Shani.

Setelah ibu Shani Chayya telah lenyap, Shani, yang menjadi sedih dan patah hati bertemu dengan Rahu yang mulai mengendalikan pikiran Shani. Shani dalam kemarahan kematian ibunya mulai berperang melawan para dewa. Mahadev mengirim Nandi untuk membawa Shani kepadanya tapi Shani mengalahkannya dalam sebuah perang, Shiv menjadi sangat marah dan mengirim Veerbhadra untuk membawa Shani mati atau hidup. Tapi Shani juga mengalahkannya. Setelah ini terjadi konfrontasi antara Shiva dan Shani. Siwa menghilangkan semua kenegatifan dari pikiran Shani dan efek Rahu dan mengatakan kepadanya bahwa dia dilahirkan sebagai Tuhan atas perbuatan dan memberinya Vakra Drishti (penglihatan keadilan).

Mahadev memberitahu Shani tujuan keberadaannya. Shani dikenal antara para dewa karena keadilannya yang imparsial dan ketat. Shani menjadi kepala sekolah dan memastikan semua orang mendapat buah perbuatan mereka. Keadilan pertama dilayani oleh Shani saat dia menghukum ayahnya, Surya Dev. Devi Sanghya menginginkan kematian Shani tapi tidak ada rencana pekerjaannya di depan kepala sekolah. Shani sekarang tidak ada hubungannya dengan siapapun setelah ini menjadi sangat tidak memihak sehingga bahkan Trinitas pun puas dengan ini. Kemudian serial tersebut menunjukkan kejadian keadilan yang berbeda seperti yang terjadi pada Harishchandra, Ganesha, Hanumaan, Chandra Dev, Devraj Indra, Rahu, Devi Sanghya, Dumbnaad, Maali Sumaali dan masih banyak lagi.

Atas perintah Vishnu, Shani mengorbankan persahabatannya dengan Hanuman sehingga dia bisa memilih jalannya sendiri. Hanuman dikutuk oleh Matang Rishi untuk kehilangan ingatannya, dan dia dan Shani berpisah.

Ini menunjukkan cerita terakhir tentang masa kecilnya tentang adiknya Bhadra. Bhadra menyadari bahwa dia merupakan ancaman bagi alam semesta. Dia akhirnya membunuh dirinya sedemikian rupa sehingga Chhaya percaya bahwa Shanilah yang membunuhnya. Shani membunuh Sangya karena kesalahannya tapi juga akhirnya menyakiti Suryadev. Tridev mengubah Suryadev menjadi bola energi. Chhaya mengambil posisi Karmphal Daata dari Shani dan mengusirnya dari Suryalok.

Shani menanggalkan segalanya dan memberitahu Tridev bahwa dia tidak peduli dengan dunia lagi. Di tempat lain, Chhaya mengirim Yam dan Yami bersama Devguru Brihaspati untuk menyelesaikan studi mereka yang lebih tinggi. Mahadev juga pergi ke Samadhi. Ceritanya kemudian mengambil lompatan 10 tahun.

10 Tahun Kemudian (Shani Kembali ke Suryalok)[sunting | sunting sumber]

Menumbuhkan Shani sedang dalam meditasi. Yam dan Yami kembali ke Suryalok dan Chhaya mengumumkan bahwa mereka dapat melakukan Yagya untuk kebangkitan Suryadev. Rencana Indradev dan Rahu melawan keluarga Surya. Shani terbangun dari meditasi.

Chhaya menolak untuk berbicara tentang Shani. Yami menolak untuk percaya rumor tentang Shani. Semua orang di Suryalok berkumpul untuk yagya Uttarayan. Indra menghasut semua orang melawan Shani melalui mayanya. Protes Kakol namun diserang oleh tentara.

Shani datang untuk menyelamatkan Kakol dan semua orang tertegun olehnya. Dia menjadi emosional saat Yami meminta identitasnya. Saat Shani bertarung dengan Yam, Chhaya menuntut untuk mengetahui jati dirinya. Shani mengungkapkan dirinya sendiri. Chhaya, meski berpura-pura membenci Shani, menunjukkan tanda-tanda bahwa ia merindukan sosok Shani yang telah lama hilang.

Grah Yuddh (Perang Planet)[sunting | sunting sumber]

Shani bertempur dengan semua planet untuk memenangkan tahta Suryadev agar bisa menyelamatkannya dari cengkeraman Indradev. Shani mengalahkan semua Grahas dan mengesankan Mahakaali dengan alasan logisnya. Mahakaali mengumumkan Shani sebagai 'Lagnesh' dan menawarkannya untuk mengembalikan masa kecilnya dengan semua kebahagiaan tapi Shani malah memilih untuk menghidupkan kembali Suryadev demi alam semesta.

Setelah kebangkitan Suryadev, tidak ada yang mengakui pengorbanan Shani. Kemudian ketika suryadev terbangun dari tidurnya, dia kemudian ingin menghukum shani mengingat penghancuran besar-besaran yang disebabkan oleh shani pada tahun-tahun sebelumnya dan mencoba untuk melepaskannya dari protes Suryalok tapi Dev Viswakarma dan mengatakan bahwa Shani telah mencapai Suryalok dengan menjadi Lagnesh, sekarang jika ingin menjadi raja Suryalok, tidak ada yang bisa menghentikannya. Shani berkata, aku tidak ingin menjadi raja Suryalok. Shani memutuskan untuk tinggal di Suryalok saat Narayan mengisyaratkan dia untuk tinggal.

Kisah Shani dan Dhamini[sunting | sunting sumber]

Gandharva Raj Chitrarath datang ke Suryalok bersama putrinya Dhamini dengan maksud agar dia menikah dengan Yam. Dhamini bertengkar dengan Shani setelah yang terakhir mengutuk ayahnya karena telah menghina Chhaya.

Chhaya meminta Dhamini untuk tinggal di Suryalok sampai saat pernikahan Yami dengan Mangala. Dhamini menerima dan Chitrarath juga mulai merencanakan untuk menikah dengan Yam. Namun, Dhamini terlihat dalam dilema dan Chhaya mencoba bersimpati dengannya.

Shani mengatakan kepada Dhamini bahwa kehadirannya tidak mempengaruhi dia dengan cara apapun dan dia tidak peduli apakah dia akan tinggal atau tidak. Dia stuns dia dengan mengatakan bahwa dia tahu alasan sebenarnya di belakang dia tinggal dan saran dia untuk memilih jalan yang benar bukan sebaliknya.

Akhirnya Dhamini mengungkapkan tentang hidupnya kepada Chhaya, menceritakan bagaimana ibunya dibunuh oleh Dhamin Rakshas dan karenanya dia diberi nama "Dhamini". Konsol Chhaya Dhamini dan menerima dia sebagai putri barunya.

Akhirnya Dhamini jatuh cinta pada Shani. Dia mencoba untuk mengusulkan Shani tapi setiap kali dulu ada beberapa atau kesulitan lain yang biasanya selalu menghentikannya untuk mengusulkannya.

Shani kemudian menyelenggarakan grand Swayamvar untuk Dhamini di Suryaloka. Segera setelah satu penyelamatan lagi, Dhamini mengusulkan kepadanya dan memintanya untuk menikah, atas dorongan Yami. Tapi, Shani dengan sopan menolak usulannya yang menyatakan bahwa, dia telah melepaskan semua hubungannya dan tidak tertarik untuk terlibat dalam hubungan. Dhamini yang tidak hati-hati, lalu dengan sukarela memilih Yamraj sebagai suaminya di Swayamwar yang diselenggarakan oleh Shani, untuk mewujudkan impian ayahnya Gandharvraj Chitrarath untuk menjadikan dirinya sebagai menantu keluarga Surya.

Semua orang menerima keputusannya dan dia akan bertunangan dengan Yamraj. Di sisi lain, Yami marah pada Shani karena menolak usulnya. Dewa Vishnu muncul dan mencerahkan Shani bahwa, Dhamini akan menjadi kekuatannya untuk memenuhi tugasnya dan akan membantunya tidak terpengaruh dari jalannya.

Indradev, berencana untuk menghina Dhamini sebelum pernikahannya dengan Yamraj, karena tidak menerima kebaikannya untuk mengubah dirinya sebagai Apsara dari Indralok. Shani yang telah berjanji kepada Chhaya bahwa, dia akan berusaha untuk menyelamatkan kehormatan Dhamini dengan biaya apapun, meledakkan semua rencana Indradev.

Di sisi lain, Vishwakarma memanggil Suryadev, Chhaya dan Chitrarath dan memberi tahu mereka bahwa, Dhamini harus mengalami banyak kesulitan sebelum pernikahannya dan pernikahannya dengan Yamraj tidak dapat terjadi, sehingga mengejutkan mereka semua.

Tapi, Dhamini sendiri merindukan Shani, tapi dia berpura-pura ke dunia luar bahwa dia bahagia dalam pernikahan dengan Yam. Indradev mencoba mempermalukan Dhamini untuk membuatnya menari di depan teman-temannya, namun Shani menentang hal yang sama. Dhamini menerima gagasan Indradev untuk menggoda Shani. Shani marah pada Dhamini dan mengatakan "Dia membenci orang-orang yang berpura-pura". Tridev menyatakan bahwa, "Semakin lama duo ini menjauh satu sama lain, semakin mereka semakin dekat satu sama lain".

Ketika Chaya tahu bahwa Indra, Mangal & Yam tidak menghormati Dhamini, dia mengatakan pada Yam bahwa dia tidak mengharapkan ini darinya. Dia mengatakan bahwa Yam tidak boleh menikahi Dhamini karena dia tidak bisa menghormatinya. Yam meminta maaf tapi mengatakan bahwa pernikahannya dengan Dhamini seharusnya tidak dibatalkan. Shani mengatakan bahwa Yam tidak berhak memutuskan pernikahan seharusnya terjadi atau dibatalkan. Dhamini berteriak kesakitan dan mengatakan bahwa dia tidak ingin menikah dengan siapa pun sekarang. Shani mengatakan bahwa Dhamini bukanlah wanita biasa saat dia membela semua masalah sampai saat itu. Dia harus menikah di Suryalok dan Shani mengusulkan Dhamini agar dia akan menikahinya. Dhamini menerima usulan Shani setelah banyak berdiskusi dengannya.

Pada hari "Haldi Sankskar", Shani mengekspos Mangal sebelum semua orang dengan bantuan berkat Mahakali. Suryadev menjadi sangat marah karena mengetahui maksud Mangal. Suryadev mematahkan perkawinan Mangal dengan Yami. Managed dilempar keluar dari Suryalok.

Pernikahan Shani dan Kutukan Dhamini[sunting | sunting sumber]

Sebelum pernikahan Shani dan Dhamini terjadi, Mangal membalas dendam dengan melemparkan Mangal Dosha di Dhamini, sehingga mempengaruhi Shani secara langsung. Bahkan setelah sebuah peringatan oleh Tridev untuk menghentikan pernikahannya dengan segera, Shani menikahi Dhamini, yang tidak sadar akan dosanya. Banyak kejadian mengerikan yang terjadi pada pernikahan mereka. Tapi Shani mengelola segalanya.

Pada malam pernikahan, Dhamini mengutuk shani yang mempengaruhi Mangal Dosha "Visi Shani akan hancur, siapa yang akan langsung dilihat oleh Shani, akan hancur". Dhamini kehilangan kesadarannya dan melupakan cusre. Setelah mengetahui kebenaran kutukan Mangal Dosha dan Shani, Dhamini mendapat kejutan. Devraj Indra juga membuat beberapa persekongkolan dan kemudian mendapat hukuman dari Tridev. Mangal kembali mengambil kendali pikiran Dhamini dengan membuat havan di Talatal. Namun, Shani mengatasinya. Kemudian, Shani mengalahkan Indra dan Mangal di Indralok. Shani memaksa Mangal untuk mencabut Mangal Dosha dari Dhamini. Mangal melakukannya, namun kutukan Dhamini belum berakhir.

Shani dan Ravan Saga[sunting | sunting sumber]

Ravan ingin mendapatkan Mahadev di rumahnya selamanya. Tapi, dia gagal sepanjang waktu karena Shani. Untuk ini, ia menjadi salah satu musuh terbesar Shani. Dhamini, istri Shani, membawa kebenaran kematian Bhadra sebelum Keluarga Surya dengan bantuan roh Bhadra. Chhaya menjadi menangis dan memanggil Shani sebagai anaknya. Chhaya dan Shani kembali lagi.

Di sisi lain, saat Dhamin berdoa pada Dewa Siwa, Ravan menculik Dhamini untuk membalas dendamnya dari Shani. Ketika shani mencapai Lanka untuk Dhamini, Shani diperintahkan untuk membawa Navagraha ke dalam Lanka saat Ravan ingin menempatkan Navagraha di Kamar 12 Kundli sampai anaknya lahir. Pada saat yang sama, Ravan membawa Hanuman melawan Shani dengan bantuan Indra. Hanuman telah melupakan semua tentang Shani karena sumpah Mathanga. Bentrokan terjadi antara Shani dan Hanuman. Tapi bentrokan tersebut dihentikan saat Hanuman merasa bahwa dia melawan pikirannya sendiri.

Ketika Devraj Indra mengetahui rencana sebenarnya dari Ravan, dia membebaskan Navagraha dari penawanan Shani tapi Shani mendapatkan mereka lagi. Shani membawa Navagraha ke Lanka. Kemudian Shani membebaskan Dhamini dan Navagraha dengan bantuan Hanuman, Indra dan Yam. Mereka membuat bola energi dan menangkap Ravan dalam waktu singkat. Pada waktu itu, mereka semua meninggalkan Lanka. Shani menjadi sangat terluka karena beberapa serangan Ravan dan menjadi tidak masuk akal di Suryalok. Hanuman membangunkan Shani dengan meminyaki.

Ravan sampai di Suryalok. Shani dan Hanuman siap berperang melawan Ravan dan tentaranya. Surya Dev dan Yam juga menemani Shani. Bali, raja 'Banar' datang ke Suryalok dengan pasukannya yang besar untuk membantu Shani. Indra Dev datang dengan tentaranya untuk membantu Shani karena Ravan mungkin berbahaya baginya pada masa depan. Pada saat bersamaan, Dev Vishwakarmamulai meng-upgrade senjata Shani atas perintah Mahadev karena energi Shani telah menjadi berlipat ganda. Kekuatan Shani mulai meningkat saat Vishwakarma membuat senjata. Ravan membuat badai dan melemparkannya ke arah Devi Chaya. Dev Vishwakarma menyelesaikan pembuatan senjata tersebut. Shani muda muncul sebelum Shani dan mengatakan kepada Shani bahwa Anda adalah karmafal Daata saat lahir. Shani menerima posisi Daun karmafal dan menerima senjatanya. Shani menyingkirkan kutukan Dhamini. Shani melemparkan Vakra Drishty-nya di Ravan. Bali memegang Ravan di lehernya dan menolak membebaskan Ravan selama 6 bulan ke depan. Shani mengatakan pada Ravan bahwa ini adalah efek dari Drithti Vakra-nya.

Sekilas Masa Depan (Akhir)[sunting | sunting sumber]

Mahadev memberkati Shani dengan Kaal-Darshan Drishti (visi untuk melihat masa lalu dan masa depan). Suryadev menawarkan dia untuk menjadi penguasa Suryalok tapi Shani objek. Mahadev mengatakan kepada Suryadev bahwa Shani layak mendapat tempat sendiri bernama Shani Loka sebagai tempat tinggal pribadinya. Shani mengatakan dia memiliki satu keinginan lagi sebelum pergi. Akhirnya dia menerima Suryadev saat ayahnya dan Suryadev memeluknya. Semua orang tersentuh untuk melihat persatuan mereka.

Shani menyeka air mata ibunya dan memberi isyarat padanya untuk tersenyum. Dia memeluk Yami, Yam dan Dev Vishwakarma . Dia akhirnya menghadapi Indra Dev dan mengatakan kepadanya bahwa dia dapat meramalkan masa depannya.

Shani aceepts Kakol sebagai gerbongnya. Lalu dia memeluk temannya Hanuman selamat tinggal. Dia berlutut di depan Tridev. Mereka memberkati dia. Dhamini bertanya kepada Shani apakah mereka akan pergi ke rumah mereka sekarang. Shani menatap istrinya dan tersenyum. Dia memintanya untuk memberinya satu kesempatan lagi sebagai suaminya. Dia mengangguk. Semua orang bersorak untuk Karamfaldata Shani saat ia meninggalkan Shanilok bersama istrinya.

Di Shanilok, Shani akhirnya mendapat kesempatan untuk melihat kembali hidupnya. Dia menyadari itu bukan bab terakhir dari hidupnya tapi masih banyak lagi bab yang akan datang. Dia menutup matanya dan mendapat sekilas insiden masa depan - kelahiran Rama, Lanka di atas api, kematian Ravan ini, Krishna lahir, kehidupan Krishna, Mahabharata dan kemudian Kali Yuga, Raja Vikramaditya, demokrasi!

Dia membuka matanya dan melihat dirinya yang lebih muda. Dia menyadari bahwa setiap orang akan melihat, cerita Shani sementara Shani akan melihat cerita mereka. Seseorang mungkin melupakan Karamfaldata saat melakukan karmas mereka tapi mereka akan mengingat Shani saat mereka mendapatkan karamfalnya. Yuga akan berubah tapi jalan dan hasilnya tidak akan berubah. Setiap karamfal karama pasti akan diberikan. Dan Shani akan selalu membawa semua orang ke jalan yang benar.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

Pendukung[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan Nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Nominasi Hasil
2017 Gold Awards Aktor Anak Terbaik Kartikey Malviya Menang
Golden Petal Awards Best Special Effects Swatik Pictures
Best Music Fiction Divya
Aktor Anak Terbaik Kartikey Malviya
Indian Television Academy Awards Sutradara Terbaik - Drama Siddharth Kumar Tewary
Serial Historis/Mitologis Terbaik Shani
Artis Cilik Terbaik Kartikey Malviya
Best TV Show Shani Nominasi
Skenario TV Terbaik Utkarsh Naithani
Best Actor - Male Kartikey Malviya
Salil Ankola
Best Actor - Female Juhi Parmar
Gold Awards Best Actor in Negative Role (Female) Juhi Parmar
Best Supporting Actor (Male) Salil Ankola
Best Supporting Actor (Female) Juhi Parmar
Golden Petal Awards Aktor Anak Terbaik Devish Ahuja
Drisha Kalyani
Praneet Sharma

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]