Shams dan Badriah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Shams Dan Badriah)
Shams & Badriah : Novel Yang Tak Mungkin Dibaca!
PengarangYongki Kastanya
Perancang sampulYongki Kastanya
NegaraIndonesia
BahasaIndonesia
Genreromansa, satire, psikologi, thriller
PenerbitDiandracreative
Tanggal terbit
2015
Halaman416
ISBNISBN 978-602-336-009-3

Shams & Badriah: Novel Yang Tak Mungkin Dibaca! adalah novel romansa satire karya Yongki Kastanya. Novel ini berkisah tentang cinta terlarang antara Shams dan Badriah.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Shams yang dijuluki “Katak Yang Tak Bisa Meloncat” dan selalu didiskriminasi oleh ayahnya, memutuskan minggat dari rumah. Enam bulan setelah itu, Shams mengalami kecelakaan yang membuatnya kehilangan sebagian ingatannya (retrograde amnesia). Shams lupa semua kejadian yang dialaminya selama enam bulan terakhir. Di saat yang bersamaan, ia dituduh membunuh sahabatnya sendiri dan terancam hukuman seumur hidup. Shams tak mampu membela diri dan menciptakan alibi, karena ia tak mampu mengingat apa saja yang terjadi dalam hidupnya selama enam bulan terakhir. Hanya satu orang yang bisa menolongnya keluar dari tragedi ini --- Seorang saksi kunci yang nama dan cintanya dilupakan oleh Shams. Siapakah orang itu?

Badriah, seorang waria yang dijuluki “Bunga Bangkai” oleh ayahnya karena dianggap aib dan pembawa sial dalam keluarganya. Badriah pergi meninggalkan rumahnya di Banda Aceh sesaat setelah tsunami menghancurkan kota itu pada tahun 2004. Meski keluarganya mengira dia sudah mati, namun Badriah selalu takut untuk pulang karena sebuah alasan yang masih menjadi misteri. Bertahun-tahun Badriah hidup sendirian melawan kerasnya diskriminasi dan kejamnya ibu kota, sampai akhirnya takdir mempertemukannya dengan seseorang dari masa lalunya. Siapa seseorang itu?

Novel ini mengangkat kisah dua anak manusia yang termarjinalkan dan dianggap gagal, dalam berjuang hidup menerobos sesaknya diskriminasi sosial dan keluarga, demi bisa memerdekakan hati, pilihan hidup, dan juga cinta. Bukan cerita cinta biasa.