Shakti (seri televisi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Shakti (serial TV))

Shakti
GenreDrama
PembuatRashmi Sharma
Ditulis oleh
  • Rashmi Sharma
  • Shanti Bhushan
  • Sharad Chandra Tripathi
SutradaraPankaj Kumar
Pengarah kreatifSoniaa Mehta
Pemeran
Penggubah lagu temaAnand Raaj Anand[1]
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
Jmlh. musim1
Jmlh. episode1360[2]
Produksi
ProduserRashmi Sharma
Pawan Kumar Marut
SinematografiDanny
Pengaturan kameraMulti-camera
Durasikira-kira 21 menit
Rumah produksiRashmi Sharma Telefilms
DistributorViacom 18
Rilis asli
JaringanColors TV
Format gambar
Rilis30 Mei 2016 (2016-05-30) –
1 Oktober 2021

Shakti — Astitva Ke Ehsaas Ki (Bahasa Indonesia: Kekuatan Perasaan Keberadaan) adalah serial drama keluarga India, yang ditayangkan pada 30 Mei 2016 hingga 1 Oktober 2021 dan disiarkan di Colors TV. Serial ini ditayangkan pada Senin-Jumat jam 8 malam.[3][4] Vivian Dsena, Rubina Dilaik, Jigyasa Singh, Simba Nagpal dan Cezanne Khan memainkan peran utama dalam seri ini.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Ceritanya tentang dua saudara perempuan bernama Soumya dan Surbhi. Soumya tidak disukai oleh ayahnya Maninder (Ayub Khan) dan neneknya Nalini (Mamta Luthra), tetapi dipuja oleh ibunya Nimmi (Reena Kapoor). Surbhi mendapat semua perhatian dari Maninder. Soumya adalah gadis yang tenang dan pendiam, tetapi Surbhi adalah gadis yang menyenangkan dan pemalas.

10 tahun Kemudian[sunting | sunting sumber]

Soumya (Rubina Dilaik) dan Surbhi (Roshni Sahota) sudah dewasa. Harman (Vivian Dsena), pembuat onar, menerobos masuk ke rumah Soumya sambil melarikan diri dari beberapa preman yang dikirim oleh Surbhi, karena Harman mengganggunya. Sementara di sana, Harman mengembangkan perasaan untuk Soumya. Harman mengetahui bahwa Surbhi memanggil preman. Harman memutuskan untuk membalas dendam pada Surbhi dengan menculiknya di hari ulang tahunnya, tetapi sebaliknya menculik Soumya. Harman melepaskan Soumya pada hari berikutnya.

Untuk menghindari penghinaan bagi kedua keluarga, ayah Harman, Harak Singh (Sudesh Berry), memerintahkan Harman untuk menikahi Soumya. Nimmi kaget melihat Soumya menikah dengan Harman dan khawatir Harman akan meninggalkan Soumya setelah mengetahui kebenarannya. Terlepas dari protes ibu Harman, Preeto (Kamya Panjabi), Maninder dan Nalini, Soumya dan Harman menikah. Segera, Harman jatuh cinta pada Soumya.

Soumya mengetahui bahwa dia adalah interseks dan menyembunyikannya dari Harman atas desakan Nimmi. Kemudian, Soumya mengungkapkan kepada Harman bahwa dia interseks dan juga mengungkapkan bahwa cintanya benar bagi Harman. Harman menjadi marah dan Nimmi memohon Harman untuk tidak mengungkapkan rahasia Soumya. Harman dan Soumya akhirnya menjadi teman. Namun, Preeto mengetahui rahasia Soumya dan mengasingkan Soumya ke masyarakat transgender. Preeto ingin Harman menikahi seorang gadis, Mahi (Shiwani Chakraborty), tetapi Harman menolak.

Setelah menghadapi banyak kesulitan, Harman dan Soumya dipersatukan kembali tetapi sementara itu, Nimmi meninggal. Maninder memperingatkan Soumya untuk tidak memasuki rumah dan Harman membawa Soumya bersamanya. Ketika Harman kembali ke rumah, semua orang mengharapkan Harman untuk menikahi Mahi tetapi mereka terkejut melihat Soumya bersamanya; dia memegang tangannya. Mahi memutuskan hubungan dan pergi. Kemudian, Soumya menghadapi Preeto, Harak dan Waria Transgender. Dia mengadopsi seorang anak, memberinya nama Aditya dan merawat bayinya. Soumya kehilangan Aditya setelah beberapa waktu dan menghadapi banyak masalah dalam hidupnya.

Akhirnya, Preeto menerima Soumya sebagai menantu perempuannya. Kareena (Kajol Saroj), seorang transgender lain, yang menganggap Soumya sebagai alasan kematian ibunya, merencanakan rencana jahat lain untuk menghancurkan Soumya. Soumya menjadi terperangkap dalam rencana jahat sehingga menciptakan kesalahpahaman dalam hubungannya dengan Harman. Harman kemudian bertemu dengan kecelakaan parah. Dia selamat dari kecelakaan itu tetapi dia kehilangan ingatannya.

Kemudian, teman masa kecil Harman, Jasleen (Amrita Prakash), tiba di rumah tangga Singh. Harman membuat Jasleen percaya bahwa pernikahannya sempurna tetapi Jasleen mengetahui kebenaran Soumya dan berdiri di sisi Harman. Harak ingin menjadikan Jasleen dan Harman menikah, menganggap Jasleen sebagai pasangan yang cocok untuk Harman, tetapi Preeto ingin menyelamatkan hubungan Harman dan Soumya. Harman dan Jasleen bersiap untuk menikah. Soumya memutuskan untuk mengorbankan cintanya demi kebahagiaan Harman.

Ayah Jasleen, Motilal (Hemant Choudhary), seorang NRI Kanada, tiba untuk pernikahan. Tiba-tiba Soumya menghilang tepat sebelum upacara pernikahan meninggalkan surat yang dibacakan dengan lantang oleh Preeto. Dalam surat itu, Soumya mengucapkan selamat menikah kepada Harman dan Jasleen dan mengucapkan selamat tinggal kepada keluarga. Sementara itu, Harman, yang sepenuh hati mencintai Soumya, tidak sanggup menanggung rasa sakit perpisahan tetapi melanjutkan pernikahan hanya untuk memenuhi janjinya kepada Jasleen. Belakangan, Jasleen meminta Harman untuk mengakhiri pernikahan dengan menyadari Harman dan Soumya menjadi satu. Harman kehilangan Soumya yang naik bus dan pindah dari Gurdaspur.

Harman yang patah hati melamun tentang Soumya dan mencarinya di mana-mana tetapi dia tidak ditemukan. Dia bergegas ke Rumah Transgender dan kemudian ke rumah Maninder tetapi sia-sia. Soumya telah pindah ke Ludhiana dan mencari pekerjaan. Di Ludhiana, Soumya bertemu dengan seorang pengusaha bernama Sameer (Sahil Mehta) yang adalah anak lelaki yang suka bersenang-senang dan memiliki toko mainan. Dia memberinya pekerjaan di toko mainannya dan jatuh cinta dengan Soumya. Sementara itu, ibu Sameer, Neena (Alka Mogha), cepat memahami nilai Soumya dalam kehidupan putranya Sameer dan berharap mereka akan menikah.

Di sisi lain, saudara perempuan Harman, Raavi (Pooja Singh), yang menikah dengan bahagia dengan seorang pria bernama Ballu (Rishikesh Ingley), jatuh cinta dengan saudara laki-laki Jasleen, Jeet (Sonal Handa). Raavi menceraikan Balwinder. Jeet bertanya bahwa dia akan menikahi Raavi ketika Harman akan menikahi Jasleen. Jasleen meminta Jeet untuk tidak mengambil keputusan ini. Jadi karena kebahagiaan Raavi, Harman dan Jasleen berpura-pura menikah di kuil. Segera, Jeet belajar kebenaran. Tapi terima kasih Harman untuk Soumya dan menikahi Raavi nanti.

Sameer bertemu Harman dan mengetahui bahwa dia adalah suami Soumya dan bahwa mereka berdua masih saling mencintai. Karena cintanya pada Soumya, ia membuang Harman dari jalan untuk menemukan Soumya. Ketika Sameer dan Neena mengetahui tentang Soumya menjadi kinnar, Sameer mengusirnya dari rumahnya. Neena menculik Soumya, sementara Sameer berubah pikiran, melihat cinta Harman untuk Soumya. Sameer mencoba membantu Harman dalam perjalanannya, bahkan melawan Neena-nya. Setelah Harman dan Sameer menyelamatkan Soumya dari Neena, Sameer memutuskan untuk meninggalkan Harman dan Soumya ke kehidupan pernikahan mereka yang bahagia.

Harman membawa Soumya kembali ke rumah tangga Singh. Sementara Preeto sangat gembira mendapatkan menantu perempuannya kembali, Harak Singh merasa jijik dengan memiliki seorang transgender di rumahnya. Harman meminta bagian Harak dari properti rumah. Harak menandatangani bagian Harman dan menggambar garis di tengah rumah — satu sisi untuk Harman dan Soumya dan satu sisi untuk anggota keluarga lainnya.

Setelah ini, nenek ibu Harman (yaitu ibu Preeto) yang oleh Harman disebut Nani (Krutika Desai Khan), tiba di rumah. Nani ingin Harman dan Soumya memiliki anak. Tapi dia tidak tahu Soumya adalah transgender. Sementara itu, bibi Harman, Shanno (Aarya Rawal), yang membenci Soumya karena menjadi transgender, mencoba memberi tahu Nani tentang kebenaran Soumya.

Akhirnya, saudara laki-laki Harak, Veeran (Bhuvan Chopra), dengan bantuan keponakan Harak, Varun (Lakshya Handa), Shanno, Ballu, dan ayah Ballu, Kishan Lal, membuat rencana untuk membuat Soumya mengungkapkan identitas kinnarnya. Ini terjadi, dan Nani mencoba membakar Soumya hidup-hidup. Harman datang di antara dan dia dan Soumya meninggalkan rumah. Nani juga pergi keesokan harinya. Harman dan Soumya mulai hidup terpisah. Tapi Veeran, Varun, Kishan Lal, Balwinder memukuli mereka berdua dan melemparkan mereka ke sungai. Mereka berdua dibawa ke rumah sakit kota tetapi keduanya kehilangan ingatan. Tanpa kenangan sebelumnya satu sama lain, hubungan mereka pada titik ini dimulai sebagai salah satu kebencian tetapi akhirnya mereka menjadi teman. Kemudian datang Lavneet Kaushal (Tiya Gandwani), putri Debina dan Rakesh Kaushal, dua dokter di rumah sakit. Lavneet mencoba merayu Harman untuk berhubungan seks dengannya. Soumya (dinamai oleh Debina sebagai Khushi) menyelamatkan Harman (dinamai oleh Rakesh sebagai Jolly) dari Lavneet dan keduanya lari dari Mumbai. Masyarakat transgender lain mengikuti mereka yang dipimpin oleh ratu mereka Agni. Mereka dikejar sampai mereka berpisah di Mumbai, hanya untuk dipersatukan kembali dengan bantuan aktor Salman Khan. Kembali ke rumah, Harak mencari Harman. Preeto sudah gila, orang-orang jahat bersukacita, dan Ballu melecehkan Raavi untuk berhubungan seks. Jeet dipenjara karena perangkap yang direncanakan oleh Ballu di mana ia jatuh. Veeran dan Shanno mencoba mengadakan pemakaman untuk Harman tetapi Harak membawanya kembali; Preeto menolak untuk mengenalinya. Sementara itu, Lavneet, dengan bantuan Harak, masuk ke rumah dan mengaku sebagai istri Harman, Gulabo (sebagaimana Harman memanggil Soumya dengan penuh kasih) dan menciptakan kesalahpahaman antara Harman dan Soumya. Di sisi lain, Soumya dibawa pulang oleh Sameer yang telah memasuki kembali kehidupannya dan mencoba menikahinya dengan alasan palsu, dan Neena berusaha menghentikan pernikahan karena dia tidak ingin seorang transgender menjadi istri Sameer. Soumya tidak memiliki perasaan apa pun terhadap Sameer dan selalu berpikir tentang temannya Jolly (Harman) yang mengganggunya. Untuk motif egois, Neena berusaha membuat Soumya mengingat masa lalu sedangkan Sameer mengancamnya bahwa dia akan bunuh diri jika dia mengatakan sesuatu kepada Soumya. Harman datang ke Soumya dan mereka kawin lari, tetapi dia meninggalkannya di mandap pernikahan ketika Lavneet memberitahunya tentang identitas asli Soumya. Dia mulai membenci Soumya, tetapi kemudian setelah kecelakaan, ingatannya kembali. Lavneet keluar sekarang dan Harman berusaha memenangkan Soumya kembali dan membuatnya mengingat masa lalu. Setelah banyak upaya, ia berhasil dan Soumya kembali kepadanya. Surbhi telah kembali dari Delhi dan dia hamil. Varun, yang menikah dengan Surbhi, berhasil melukainya, dan Surbhi meninggal setelah melahirkan bayi laki-laki. Dia meminta Soumya untuk selalu mencintai anak ini yang dia beri nama Sohan dan peduli padanya, yang dijanjikan Soumya. Meskipun hancur, Soumya peduli tentang Soham sebagai seorang ibu. Varun mencoba mengambil Soham dari Soumya. Segera, Varun memberi tahu masyarakat kebenaran tentang identitas Soumya. Keluarga Harak melindungi Soumya dari orang-orang Gurdaspur yang ingin memukulnya dengan batu. Setelah banyak upaya, mereka menang atas Varun dan niat jahatnya dan menjadi bahagia setelah mendapatkan tahanan dari Soham.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

  • Rubina Dilaik sebagai Soumya Singh/Gulaabo: Istri Harman, putri Mahinder dan Nimmi, saudara perempuan Surbhi, ibu angkat Soham, Rohan dan Heer (2016-2020)/(2021)[5]
  • Vivian Dsena/Cezanne Khan sebagai Harman Singh: Mantan suami Soumya dan Surbhi, suami Mahi, putra Preeto dan Harak, saudara Raavi, ayah Heer; Ayah angkat Soham (2016–2019)/(2021)[6]
  • Jigyasa Singh sebagai Heer Singh: Istri Virat, anak angkat Soumya, putri Mahi dan Harman, cucu Preeto dan Harak, pengasuh Kuhu (2020-2021) (Mati Dibunuh oleh Parmeet)
  • Simba Nagpal sebagai Virat Singh: Suami Heer, putra Parmeet dan Sant, saudara laki-laki Daljeet dan Simran (2020–2021)

Pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Kamya Panjabi sebagai Preeto Kaur Singh: Istri Harak, ibu Harman dan Raavi (2016–2021)
  • Sudesh Berry sebagai Harak Singh: Suami Preeto, ayah Harman dan Raavi (2016–2021)
  • Garima Jain/Pooja Singh sebagai Raavi Singh: putri Preeto dan Harak, saudara perempuan Harman, istri Balwinder, ibu Chintu (2016–2021)
  • Bhuvan Chopra sebagai Veeran Singh: saudara laki-laki Harak; suami Shanno; Ayah Sindhu (2016–2021)
  • Mahira Khurana sebagai Soumya Singh Muda (2016)
  • Tasheen Shah sebagai Surbhi Singh Muda (2016)
  • Reena Kapoor sebagai Nimmi Kaur Singh: putri Anjana; istri Mahinder; Ibu Soumya dan Surbhi (2016)
  • Emir Shah sebagai Monty: Teman Harman (2016)
  • Shiwani Chakraborty sebagai Mahima: Mantan tunangan Harman (2016)
  • Mahi Sharma sebagai Kalsi: sahabat Soumya dan Surbhi (2016–2017)
  • Mahek Thaakur sebagai Sindhu Singh Muda (2016–2017)
  • Kishori Shahane sebagai Sharmani: Transgender (2016–2017)
  • Roshni Sahota/Iti Kaurav sebagai Surbhi Singh: Putri Nimmi dan Maninder, saudara perempuan Soumya, mantan istri Harman dan Varun, ibu Soham (2016–2019)
  • Tidak dikenal sebagai Anjana Singh: ibu Nimmi; Nenek Soumya dan Surbhi (2016–2019)
  • Ayub Khan sebagai Maninder Singh: putra Nalini; suami Nimmi; Ayah Soumya dan Surbhi (2016–2020)
  • Mamta Luthra sebagai Nalini Singh: ibu Maninder; Nenek Soumya dan Surbhi (2016–2020)
  • Lakshya Handa sebagai Varun Singh: keponakan Harak dan Veeran; Mantan suami Surbhi, ayah Soham (2016–2020)
  • Aarya Rawal sebagai Shanno Singh: istri Veeran; Ibu Sindhu (2016–2021)
  • Ekta Singh sebagai Saaya/Mallika Khanna: Transgender; Adik Milkha (2016–2021)
  • Kajol Saroj sebagai Kareena: Transgender; Musuh Soumya dan Heer (2016–2021)
  • Tidak Diketahui/Tidak Dikenal sebagai Chintu Singh Muda: putra Raavi dan Balwinder (2017–2018)
  • Sara Khan sebagai Mohini: mantan kekasih Harak (2017–2018)
  • Anand Goradia sebagai Maharani: Transgender (2017–2019)
  • Tidak Diketahui/Rishikesh Ingley/Kush Sharma sebagai Balwinder "Ballu" Sodhi: Suami Raavi; putra Kishan; Ayah Chintu (2017–2021)
  • Tidak Diketahui/Tidak Dikenal sebagai Kishan Lal Sodhi: Ayah Ballu (2017–2021)
  • Chhavi Awasthi sebagai Chameli: Transgender (2017–2021)
  • Krutika Desai Khan sebagai Payal Singh: ibu Preeto dan Sukha (2018)
  • Sonal Handa sebagai Jeet Singh: putra Motilal; saudara laki-laki jasleen; Mantan suami Raavi (2018)
  • Amrita Prakash sebagai Jasleen Kaur Singh: putri Motilal; saudara perempuan Jeet; Teman masa kecil Harman (2018)
  • Hemant Choudhary sebagai Motilal Singh: ayah Jasleen dan Jeet; Teman Harak (2018)
  • Dheeraj Gumbar sebagai Sumit Kapoor (2018)
  • Sahil Mehta sebagai Sameer Singh (2018)
  • Tiya Gandwani sebagai Dr. Lavneet Kaushal (2018)
  • Alka Mogha sebagai Gopika Singh: ibu Sameer (2018)
  • Tidak dikenal sebagai Dr. Samay Kaushal: ayah Lavneet; Suami Tanvi (2018)
  • Tidak dikenal sebagai Dr. Tanvi Kaushal: ibu Lavneet; Istri Samay (2018)
  • Prakash Ramchandani sebagai Nihaal Singh: Harak dan saudara Veeran; Mantan suami Preeto (2019)
  • Abigail Jain sebagai Riya (2019)
  • Rohit Roy sebagai Nishant Bhalla (2019); suami Sunaina; Ayah Garry (2019)
  • Mouli Ganguly sebagai Shruti Bhalla (2019)
  • Jaswant Menaria sebagai Sukhwinder "Sukha" Singh: putra Payal; saudara Preeto; suami Sunaina; Ayah Garry (2019)
  • Shivani Gosain sebagai Sunaina Singh: istri Sukha; Ibu Garry (2019)
  • Rohit Chandel sebagai Gurmeet "Garry" Singh: putra Sunaina dan Sukha (2019)
  • Nikita Sharma sebagai Archana Kapoor (2019)
  • Rushad Rana sebagai Pengacara Navjot Chaddha (2019)
  • Ronit Roy sebagai Advokat Rajat Singh (2019)
  • Preetika Chauhan sebagai Sneha (2019)
  • Roopal Tyagi sebagai Manasvi Mehat (2019)
  • Tanvi Kishore sebagai Sweety Singh: Istri Varun (2019)
  • Tidak dikenal sebagai Vidhaan Singh: Suami Rekha; Ayah Rohan (2019)
  • Shweta Sinha sebagai Rekha Bansal: putri Sunil; Saudara perempuan Vedant; istri Vidhaan; Ibu Rohan (2019)
  • Rajesh Puri sebagai Sunil Bansal: Saingan bisnis Harak dan Harman; Ayah Vedant dan Rekha (2019)
  • Ayaz Ahmed sebagai Arjun: Teman Vedant (2019)
  • Hitanshu Jinsi sebagai Ankush Singh: Suami Sindhu (2019)
  • Sahil Uppal sebagai Vedant Bansal: putra Sunil; Saudara laki-laki Rekha (2019)
  • Preeti Puri sebagai Dr. Gayatri Mathur (2019)
  • Avisha Shahu sebagai Reet Mathur: putri Gayatri; Heer, teman Rohan dan Soham (2019)
  • Sumaiya Khan sebagai Heer Singh Muda (2019–2020)
  • Tidak diketahui/Temui Mukhi sebagai Rohan Singh Muda (2019–2020)
  • Vivaan Sharma sebagai Soham Singh Muda (2019–2020)
  • Nidhi Bhavsar/Vaani Sharma sebagai Sindhu Singh: putri Veeran dan Shanno; Istri Ankush (2019–2021)
  • Sareeka Dhillon sebagai Mahi Singh: Mantan istri Harman, ibu Heer (2019–2021)
  • Kanwarjit Paintal sebagai Baksh Singh: ayah Sant dan Tejinder; Virat, Daljeet dan kakek Simran (2020)
  • Shiva Gupta sebagai Esha: Teman Heer (2020)
  • Prerna Panwar sebagai Nutan: Transgender (2020)
  • Sonya Ayodhya sebagai Jharna Narula: putri Uttam; Mantan tunangan Virat (2020)
  • Naveen Saini sebagai DIG Uttam Narula: Ayah Jharna (2020)
  • Avinash Mukherjee sebagai Soham Singh: putra Surbhi dan Varun; Putra angkat Harman dan Soumya (2020)
  • Sikandar Kharbanda sebagai Shergil: Pria yang membeli Heer (2020)
  • Nimisha Vakharia sebagai Tejinder Singh: saudara perempuan Sant; Virat, Daljeet dan bibi dari pihak ayah Simran (2020)
  • Meherzan Mazda sebagai Rohan Singh: Keponakan angkat Soumya; Suami Simran (2020–2021)
  • Ekroop Bedi sebagai Gurwinder Singh: Istri Daljeet (2020–2021)
  • Aakash Talwar sebagai Daljeet Singh: putra Parmeet dan Sant; Saudara laki-laki Virat dan Simran; Suami Gurwinder (2020–2021)
  • Parag Tyagi sebagai DSP Sant Baksh Singh: Suami Parmeet; Ayah Virat, Daljeet dan Simran (2020–2021)
  • Gauri Tonk/Jasveer Kaur sebagai Parmeet Singh: Istri Sant, Virat, Daljeet dan ibu Simran (2020–2021)
  • Sonam Arora sebagai Malaikat: Transgender; Musuh Heer (2020–2021)
  • Rachana Mistry/Visha Vira sebagai Simran Singh: putri Parmeet dan Sant; Saudara perempuan Virat dan Daljeet; Istri Rohan (2020–2021)
  • Aniruddh Dave sebagai Shyam: Transgender; Mitra malaikat (2021)
  • Pankaj Bhatia sebagai Jagjit Singh: putra Beeji; saudara Akshay; Suami Archana (2021)
  • Bhawna Hada/Kaveri Priyam sebagai Dr. Isha: Teman Virat (2021)
  • Anahita Jahabaksh sebagai Beeji: ibu Jagjit dan Akshay (2021)
  • Neha Narang sebagai Archana: Istri Jagjit (2021)
  • Kapil Nirmal sebagai Jeet: Seorang penembak yang disewa oleh Angel untuk membunuh Soumya (2021)
  • Sanjeev Siddharth sebagai kakek Jeet (2021)
  • Puneett Chouksey sebagai Akshay: saudara laki-laki Jagjit; ayah Kuhu; bos Heer (2021)
  • Salman Shaikh sebagai Arjun: putra Kamini; saudara Nayantara; Ayah anak Simran. (2021)
  • Tidak dikenal sebagai Kamini: ibu Arjun dan Nayantara (2021)
  • Dharti Bhatt sebagai Nayantara: putri Kamini; Saudara laki-laki Arjun (2021)
  • Paras Zutshi sebagai Guru: Seorang anak laki-laki di perguruan tinggi; Teman Heer dan Virat (2021)
  • Tushar Kawale sebagai Chintu Singh: putra Balwinder dan Raavi (2021)

Penampilan khusus[sunting | sunting sumber]

Episode spesial[sunting | sunting sumber]

  • Sasural Simar Ka pada tanggal 28 April 2017 - Piyush yang dikuasai Kaal membawa Aditya bersamanya. Harman mengikutinya tapi dia terbukti tidak bersalah. Aditya ditemukan tapi diambil oleh Mr.Chadda. Simar memberi mereka uang tapi mereka menolak karena mereka telah mengaturnya Sebelumnya.
  • Savitri Devi College & Hospital pada tanggal 16 Juni 2017 - Hanya Soumya yang masuk dalam serial ini. Bukannya crossover yang tepat. Soumya pergi ke Savitri Devi untuk merawat seorang transgender yang sedang sakit. Dia bertanya kepada Soumya bahwa dia bisa menjadi wanita.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Richa Sharma and Anand Raaj Anand to sing title track of Shakti … Astitva Ke Ehsaas Kii". Times of India. 17 June 2016. 
  2. ^ "Shakti — Astitva Ke Ehsaas Ki episodes". Shakti — Astitva Ke Ehsaas Ki. 20 May 2014. Diakses tanggal 20 May 2015. 
  3. ^ "Reena Kapoor bonds with her onscreen daughters on 'Shakti'". The Times of India. 13 May 2016. Diakses tanggal 19 May 2016. 
  4. ^ "Roshni Sahota to star in new show 'Shakti-Astitva ke Ehsaas Kii'". The Indian Express. 5 April 2016. Diakses tanggal 19 May 2016. 
  5. ^ "Shakti Astitva Ke Ehsaas Ki actress Rubina Dilaik says goodbye to the show, shares pics with co-stars". India Today (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-19. 
  6. ^ "Kamya Punjabi pens emotional note as Vivian Dsena bids adieu to Shakti". India Today (dalam bahasa Inggris). Ist. Diakses tanggal 2019-08-28.