Sevendust

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sevendust
Sevendust tampil pada 2010
Sevendust tampil pada 2010
Informasi latar belakang
Nama lain
  • Crawlspace
  • Rumblefish
AsalAtlanta, Georgia, Amerika Serikat
Genre
Tahun aktif1994–sekarang
Label
Artis terkait
Situs websevendust.com
Anggota
Mantan anggota

Sevendust adalah band rock Amerika dari Atlanta, Georgia, dibentuk pada tahun 1994 oleh bassis Vince Hornsby, drummer Morgan Rose, dan gitaris John Connolly. Setelah demo pertama mereka, vokalis Lajon Witherspoon dan gitaris Clint Lowery bergabung dengan grup. Setelah beberapa perubahan nama, para anggota menetapkan nama Sevendust dan merilis album debut self-titled mereka pada tanggal 15 April 1997, yang terjual hanya 310 eksemplar di minggu pertama[1] tetapi akhirnya mencapai sertifikasi emas melalui tur dan dukungan dari label mereka, TVT Records.

Sejak pembentukannya, Sevendust telah mencapai kesuksesan dengan tiga album bersertifikasi emas RIAA berturut-turut, sebuah nominasi Grammy, dan telah menjual jutaan rekaman di seluruh dunia. Grup ini telah merilis total tiga belas album studio, termasuk penerbitan ulang debut mereka sebagai Sevendust: Definitive Edition, yang berisi lima lagu baru dan sebuah DVD.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tahun-tahun awal dan Sevendust (1994–1998)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1994, bassis Vince Hornsby bergabung dengan drummer Morgan Rose di sebuah band bernama Snake Nation. John Connolly, seorang drummer pada saat itu, bergabung dengan grup sebagai gitaris. Mereka merekam demo pertama mereka, tetapi tidak senang dengan vokal utama dan menyewa Lajon Witherspoon setelah pencarian selama setahun. Clint Lowery bergabung dengan band, dan grup itu berganti nama menjadi Rumblefish.[1]

Rumblefish terpaksa mengganti nama mereka sendiri setelah menemukan band lain dengan nama yang sama. Mereka memilih Crawlspace, dan merilis "My Ruin" di album kompilasi tahun 1996 Mortal Kombat: More Kombat melalui TVT Records. Namun, band ini harus mengganti nama mereka lagi setelah grup lain bernama Crawlspace mengirimkan pemberitahuan bahwa mereka menginginkan $2.500 sebagai ganti hak penamaan.[butuh rujukan] Anggota band memilih untuk mengubah nama mereka menjadi Sevendust, terinspirasi oleh merek insektisida komersial "Sevin Dust".[1] Lagu "Rumble Fish" dimasukkan di album kedua band, Home.

Sevendust merilis debut self-titled mereka, dengan produksi parsial oleh mantan gitaris Twisted Sister Jay Jay French,[3] pada tanggal 15 April 1997, yang dikenal dengan riff yang berat, vokal yang marah dan permainan drum yang mirip thrash, seperti dalam lagu "Black" dan "Bitch ".[4] "Black" menjadi lagu pembuka untuk hampir setiap konser Sevendust hingga tahun 2004. Album debutnya juga berisi lagu "My Ruin", dari soundtrack Mortal Kombat.[5] Sevendust muncul di Billboard 200, bertahan di sana selama enam belas minggu dan mencapai 165 pada 4 April 1998.[6] Album ini menjadi emas pada 19 Mei 1999.[7]

Pada tahun 1998, Sevendust tampil di Dynamo Open Air (29–31 Mei) dan Ozzfest 1998 (Juli hingga Agustus). Pada tahun yang sama mereka merilis kompilasi berjudul Live and Loud yang menampilkan cuplikan langsung dari penampilan band pada 16 September 1998, di Metro Chicago.

Home dan Animosity (1999–2002)[sunting | sunting sumber]

Gitaris Clint Lowery pada tahun 1998. Lowery adalah salah satu penulis lagu utama Sevendust.

Pada tanggal 24 Agustus 1999, mereka merilis album kedua mereka, Home. Album ini memuncak pada 19 di Billboard 200 dan menampilkan Skin dari Skunk Anansie dan Chino Moreno dari Deftones sebagai vokalis tamu. Dua single dari album, "Denial" dan "Waffle", memberi band ini kesuksesan chart moderat, dan yang terakhir dimainkan di acara Late Night with Conan O'Brien. Mereka muncul di Woodstock 1999 dan telah melakukan tur dengan banyak band seperti Korn, Staind, Nonpoint, Reveille, Godsmack, Mudvayne, Mushroomhead, Powerman 5000, Creed, Kid Rock, Machine Head, Limp Bizkit, Disturbed, dan Metallica. Pada tahun 1999, mereka mendapatkan eksposur Eropa dengan membuka Skunk Anansie di berbagai pertunjukan di Jerman. Skin dari Skunk Anansie mengisi vokal tamu di lagu "Licking Cream" dari Home. Mereka juga membuka dengan Kid Rock dan Ted Nugent untuk Metallica pada Malam Tahun Baru 1999 di Pontiac Silverdome dekat Detroit, Michigan. Mereka juga bergabung dengan Slipknot, Coal Chamber dan band lainnya di Tattoo the Earth Tour pada Juni 2000. Juga pada 2000, lagu "Fall" direkam oleh produser Sylvia Massy pada 1998 di Southern Tracks di Atlanta, Georgia. "Fall" muncul di soundtrack film Scream 3.

Pada November 2001, band ini merilis album ketiga mereka, Animosity. Album ini meraih emas dan meraih kesuksesan komersial band berkat kesuksesan single "Praise" dan "Angel's Son", yang masing-masing mencapai puncaknya pada 15 dan 11, di Mainstream Rock Tracks. Pada tahun 2002, mereka mengcover "Break the Walls Down", lagu tema untuk pegulat profesional Chris Jericho untuk album WWF Forceable Entry. [Rujukan?] Lagu ini tidak pernah digunakan sebagai tema entri resmi untuknya. "Angel's Son" merupakan penghargaan untuk Lynn Strait, penyanyi utama band Snot, yang berteman dengan para anggota Sevendust. Strait meninggal dalam kecelakaan mobil pada tahun 1998. Selain dimasukkan dalam Animosity, lagu tersebut juga dimasukkan dalam album kompilasi Strait Up. Band ini tampil di Late Show dengan David Letterman memainkan versi akustik "Angel's Son" yang menampilkan Paul Shaffer pada keyboard.

Pada tahun yang sama Sevendust terlihat dalam film Chris Rock Down to Earth saat sebagian klip "Waffle" dimainkan.

Teman band yang lain, Dave Williams, penyanyi utama dari Drowning Pool, meninggal pada tahun 2002. Tragedi akan terjadi lagi ketika adik laki-laki Lajon Witherspoon ditembak dan dibunuh akhir tahun itu. Karena kematiannya, Sevendust hiatus pada tahun 2002.

Seasons, Kepergian Clint Lowery dan Next (2003–2005)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2003, Sevendust kembali dengan album keempat mereka, Seasons. Album debut di No. 14 di AS, terjual sekitar 68.000 eksemplar dalam minggu pertama. Ini adalah salah satu album band yang paling diterima dan sampai saat ini menampilkan single charting tertinggi mereka (diikat dengan "Driven"), "Enemy", yang memuncak di No. 10 di Mainstream Rock Chart. "Enemy" dijadikan lagu tema resmi untuk WWE Unforgiven 2003. Single-single lain yang dirilis dari album, "Broken Down" dan "Face to Face", meraih sukses yang lebih moderat di tangga lagu 20 dan 22, masing-masing.

Pada tahun 2004, untuk pertama kalinya dalam karir band, mereka merilis album live dalam paket CD/DVD double disk berjudul Southside Double-Wide: Acoustic Live. Baik CD dan DVD menyertakan sampul "Hurt" oleh Nine Inch Nails yang didedikasikan untuk Johnny Cash. Konser ini menampilkan sisi yang lebih lembut dari band dengan penampilan akustik.

Pada tanggal 11 Desember 2004, setelah memainkan sebuah pertunjukan di Columbus, Ohio, diumumkan bahwa Clint Lowery telah meninggalkan band di tengah tur, karena dia ingin bermain dengan saudaranya Corey Lowery di band barunya Dark New Day, yang dilaporkan telah baru saja menandatangani kontrak dengan Warner Bros. Records. Seorang gitaris sementara ditemukan untuk sisa tanggal, dan Lowery akhirnya digantikan oleh Sonny Mayo (dari Snot dan Amin). Pada waktu yang hampir bersamaan, Sevendust dan TVT Records berpisah.

Pada 11 Oktober 2005, Sevendust bergabung dengan teman baik Produser/Insinyur Shawn Grove dan merilis album studio kelima mereka, Next, pada label WineDark Records, didistribusikan oleh Universal Music. Dalam prosesnya, Sevendust juga membuat label rekaman mereka sendiri, 7Bros Records. Album ini sebenarnya direkam di sebuah rumah pribadi yang diubah menjadi studio milik pasangan di luar kota kelahiran band di Atlanta, Georgia, di mana Creed merekam rekaman Weathered. Single radio pertama dari "Next" adalah lagu "Ugly", dirilis ke radio 9 Agustus 2005, diikuti oleh video musik. Lagu "Pieces" muncul di soundtrack untuk film Saw II. Berikutnya debut di No. 20 di AS, terjual sekitar 37.000 eksemplar di minggu pertama. Tidak lama setelah rilis Next, mantan label Sevendust, TVT Records merilis paket hits terbesar untuk Sevendust, berjudul Best of (Bab Satu 1997–2004), rilisan terakhir Sevendust dari label tersebut.

Namun, beberapa bulan setelah tanggal rilis Next pada Oktober 2005, menjadi jelas bahwa WineDark tidak akan memenuhi ekspektasi band. "Saya meminta orang-orang mendatangi saya dan berkata, 'Kapan rekamannya keluar?' Dan itu sudah keluar selama lima bulan", gerutu Rose. "Pada dasarnya, orang utama yang bertanggung jawab atas semuanya jatuh dari muka bumi. Tidak ada lagi cek yang masuk, dan uangnya belum dibayar lunas."

Alpha, Chapter VII: Hope & Sorrow dan kembalinya Clint Lowery (2006–2008)[sunting | sunting sumber]

Di awal tahun 2006, band ini sendiri sempat dianggap bangkrut. WineDark Records telah meledak, meninggalkan mereka tanpa distribusi, dukungan tur, atau pembayaran uang muka yang dijanjikan. Band ini berutang uang kepada anggota kru dan staf lainnya dan memiliki hutang kartu kredit yang menggunung. Pada bulan April, mereka mengharapkan pengembalian pajak dari pemerintah AS akan membantu meringankan beban. Kemudian, mereka menemukan akuntan mereka belum membayar pajak dan mereka berutang $120.000 kepada pemerintah. "Kami sangat bangkrut", kata drummer dan penulis lirik Morgan Rose. "Kami memiliki beban utang hampir satu juta dolar, dan kami berada dalam posisi di mana, tidak peduli berapa banyak uang yang kami pikir kami hasilkan, kami masih harus membayar dan membayar."

Sevendust (dengan Shawn Grove lagi menjabat sebagai produser dan insinyur), merilis album studio penuh keenam mereka, berjudul Alpha, pada tanggal 6 Maret 2007. Album debut di No. 14 di AS, posisi grafik tertinggi band ini, menjual lebih dari 42.000 eksemplar album dalam minggu pertama penjualannya. Disk berisi lagu internet sebelumnya dari album "Deathstar", hit top 10 Hot Mainstream Rock "Driven" dan hit top 40 radio Active Rock lebih lanjut dalam bentuk "Beg to Differ". Alpha adalah album kedua band yang menampilkan Sonny Mayo pada gitar ritem dan yang pertama dengannya sebagai bagian dari proses penulisan. Alpha juga merupakan album pertama band yang dirilis di bawah Asylum Records yang berafiliasi dengan Warner, menjadikan Sevendust band rock pertama di label itu. Band ini juga memimpin tur 57 tanggal dari 8 Februari 2007 hingga 28 April 2007. Band heavy metal Boston Diecast, supergrup Invitro, dan rock modern Red menemani Sevendust dalam tur.

Retrospektif 2, kombo CD/DVD termasuk dua lagu studio yang belum pernah dirilis sebelumnya, cuplikan konser langsung yang belum pernah dilihat sebelumnya, serta video musik baru untuk lagu "Beg To Differ", "Ugly", "Pieces", dan "Driven" , dirilis pada 11 Desember 2007. Lagu "The Rim" dirilis dalam CD Alpha tetapi hanya dijual di toko ritel Target sebagai lagu ke-13 eksklusif di CD Alpha. "Feed" dan "Driven" digunakan dalam soundtrack WWE SmackDown vs. Raw 2008.

Sevendust bergabung lagi dengan Shawn Grove, dan kembali ke studio pada akhir November 2007 untuk menyelesaikan album studio ke-7 mereka, berjudul Chapter VII: Hope & Sorrow. Rekaman ini awalnya dijadwalkan untuk rilis pada 4 Maret 2008, tetapi kemudian diundur ke 1 April. Album ini memulai debutnya di No. 19 di Billboard 200 dan memiliki penampilan dari vokalis Daughtry Chris Daughtry, anggota Alter Bridge Myles Kennedy dan Mark Tremonti. Single pertama dari Chapter VII adalah "Prodigal Son", yang mencapai No. 19 di chart rock mainstream. Single kedua adalah "The Past" dan yang ketiga "Inside". Pada tanggal 26 Maret 2008, Sevendust mengumumkan bahwa Lowery telah berhenti dari tugasnya sebagai gitaris untuk Dark New Day dan akan kembali ke barisan Sevendust menggantikan Mayo. Sekembalinya Lowery, Rose menyatakan, "Ini sangat sulit mengingat Sonny adalah saudara kami dan sangat luar biasa untuk diajak bekerja sama. [Sonny] tidak melakukan kesalahan sama sekali; kami hanya berhutang pada diri kami sendiri dan semua orang yang tumbuh bersama kami untuk menyatukan kembali band asli kami."

Cold Day Memory (2009–2011)[sunting | sunting sumber]

Pertunjukan Sevendust di Lapangan Udara Bagram, Afghanistan

Pada bulan Desember 2008 Sevendust melakukan tur dengan Black Stone Cherry untuk sementara waktu dan kemudian pada bulan Januari 2009, Sevendust bersiap untuk memulai tur dengan Disturbed, serta beberapa pertunjukan untuk pasukan AS di Irak dan Afghanistan pada musim semi. Sevendust merilis box set edisi sangat terbatas pada bulan November 2008 berjudul Packaged Goods. Setiap set lima disk secara pribadi ditandatangani oleh seluruh band. Set kotak termasuk Next rilis Sevendust 2005, Alpha 2007, Retrospective 2 2007 (CD + DVD), dan Chapter VII: Hope and Sorrow 2008. Sebelum menuju ke studio untuk merekam album studio ke-8 mereka, band ini memimpin End of Summer Scorcher yang diadakan & disponsori oleh 98KUPD di Phoenix, Arizona pada 26 September 2009. Seiring dengan Sevendust, band terkenal lainnya seperti Corey Taylor, Five Finger Death Punch, Shadows Fall & Otep tampil juga.

Oktober 2009, Sevendust mulai merekam Cold Day Memory di Chicago dengan produser Johnny K, yang telah menghasilkan band rock sukses lainnya seperti Disturbed, Staind, Finger Eleven, dan 3 Doors Down. Band ini meluncurkan situs web yang baru dirancang, mempromosikan album baru. Selama proses perekaman band ini memposting video harian di situs resmi mereka dan saluran YouTube mereka; dengan pembaruan di album baru, sesi rekaman di studio dan sesi rekaman dari rumah baru mereka. Melangkah keluar dari kotak dari sesi rekaman reguler, mereka menunjukkan kepada para penggemar bagaimana proses album dilakukan, dan setiap langkah dalam proses yang rumit. Pada tanggal 6 Februari 2010, band ini membocorkan lagu "Forever Dead" di situs web mereka. Juga "Unraveling" dirilis melalui iTunes pada 2 Maret. Pada 17 Maret, band ini mengalirkan "Last Breath" di radio. Hari berikutnya, "Pengakuan (Tanpa Iman)" mendapat waktu putar di radio, begitu pula "The End is Coming." Band ini merilis album kedelapan, Cold Day Memory, pada 20 April 2010; disk 12 lagu menandai rekaman studio pertama Sevendust dengan formasi asli band sejak Seasons 2003. Single resmi pertama, "Unraveling", mencapai No. 29 di chart The Rock Songs sementara CD meroket ke No. 12 di The Billboard 200. Album ini mencakup dua single lagi, "Forever" dan "Last Breath", keduanya disambut oleh radio Active Rock.

Sevendust melakukan tur dengan Chevelle, Shinedown, Puddle of Mudd, dan 10 Years on the Carnival of Madness selama musim panas 2010. Band ini juga merilis ulang album debut self-title mereka yang disebut Sevendust: Definitive Edition. Rilisan ulang berisi lima lagu baru. Pada November 2010, diumumkan bahwa Sevendust akan bermain bersama Disturbed, Korn dan In This Moment dalam tur "Music As A Weapon 5". Pada bulan Februari dan Maret 2011, Sevendust melakukan tur di Australia dengan Iron Maiden, Slayer, Ill Niño dan Stone Sour untuk Soundwave Festival Pada 16 Oktober 2011, band ini tampil di panggung kedua pada hari kedua Festival 48 Jam perdana di Las Vegas , Nevada.

Black Out the Sun dan Time Travelers & Bonfires (2012–2014)[sunting | sunting sumber]

Pada 27 Juni 2012, Sevendust mengumumkan bahwa mereka akan memasuki studio untuk album berikutnya pada 5 September 2012. Mereka memasuki studio Architekt Music di Butler, New Jersey dengan insinyur Mike Ferretti. Sevendust telah menyelesaikan rekaman album kesembilannya untuk rilis awal 2013. Dalam wawancara Oktober 2012, Lowery menggambarkan album ini sebagai "...a basic Sevendust record", dengan menyatakan "Tidak ada yang terlalu berbeda dari apa pun yang telah kami lakukan sebelumnya. Ada getaran yang lebih gelap di dalamnya. Kami punya sejumlah besar elemen pemrograman di sana. Banyak hal yang kami lakukan. Ini berat dan ada elemen melodi di dalamnya". Selain itu, ia membahas kemungkinan tur pada awal 2013 dengan Lacuna Coil. Lowery kemudian mengkonfirmasi judul album menjadi Black Out the Sun juga. Sevendust mengumumkan bahwa mereka akan merilis album di 7Bros mereka sendiri. Label rekaman (melalui Grup Label Independen Warner Music Group) pada 26 Maret 2013. Single debut album, "Decay" dirilis ke radio dan gerai ritel pada 22 Januari 2013. Sevendust and Coal Chamber telah mengumumkan tur co-headlining di sekitar Amerika Serikat yang dimulai pada 28 Maret dan berlangsung hingga 28 April 2013.

Black Out The Sun adalah album pertama Sevendust yang mencetak No. 1 di tangga lagu Billboard, menduduki nomor satu di "Top Hard Music Albums" pada minggu pertama perilisannya dan merupakan album terlaris band ini dalam minggu pertama perilisannya sejak Alfa 2007. Sevendust kemudian merilis single lain, "Picture Perfect", ke stasiun radio rock.

Band ini merekam album akustik di awal tahun 2014 dan akan mendukung album tersebut dengan tur akustik. Album ini direkam di Architekt Music di Butler, NJ, studio yang sama tempat album band tahun 2013 Black Out the Sun direkam. Rekaman itu, yang disebut Time Travelers & Bonfires, dirilis pada 15 April, di 7Bros. Catatan, dalam hubungannya dengan ADA Label Services. Pada tanggal 1 April, band ini memulai tur utama mereka di AS tahun ini, berjudul "An Evening With Sevendust." Single pertama album ini adalah versi akustik Black (akustik) yang ditambahkan di stasiun radio pada 25 Maret 2014. Album ini terjual sekitar 15.000 eksemplar di Amerika Serikat pada minggu pertama rilis untuk debut di posisi No. 19 di The Billboard 200 grafik.

Dalam percakapan 13 April dengan Metalholic.com, gitaris Clint Lowery mengatakan band berharap untuk merekam album akustik lain dalam waktu sekitar dua tahun dan ingin menjadikannya bagian dari siklus Sevendust. Dia juga berbagi bahwa band ini berencana untuk merilis DVD live dengan konser standar dan akustik serta retrospektif sejarah band untuk rilis awal tahun 2015. Gitaris John Connolly mengkonfirmasi di halaman Facebook-nya bahwa rekaman DVD live sedang hiatus karena keputusan bisnis dan kemungkinan akan menjadi sesuatu yang masih akan dikejar band.

Kill the Flaw (2015–2017)[sunting | sunting sumber]

Pada Februari 2015, Sevendust memasuki studio untuk mulai merekam album baru mereka. Dilaporkan bahwa band ini telah selesai merekam album baru mereka pada akhir Maret 2015. Sevendust memberi judul rekaman baru Kill the Flaw yang diproduksi sendiri dan direkam di studio Architekt Music di Butler, New Jersey dan dirilis pada 2 Oktober 2015, melalui 7Bros. Rekaman dengan distribusi ADA/Warner Brothers. Album debut di No. 13 di Billboard 200 Chart, terjual lebih dari 21.000 unit di minggu pertama rilis. Pada 24 Juli band ini merilis single baru mereka "Thank You" ke berbagai stasiun radio rock di seluruh AS, dengan rilis resminya pada 27 Juli. Sevendust juga mengumumkan sebagai dukungan langsung pada tur Godsmack yang akan datang, yang dimulai pada 23 September 2015. Band ini merilis video lirik untuk lagu "Not Today" dari album pada 28 Agustus. Sevendust melakukan perjalanan ke Australia dan Selandia Baru pada Maret 2016. Tur tersebut menandai perjalanan pertama band ini ke bawah dalam enam tahun setelah penampilan Soundwave Festival 2014 mereka yang dijadwalkan kontroversial dibatalkan. Band ini mendapat reaksi yang cukup besar dari fans Australia yang menyalahkan band untuk pembatalan menit terakhir. Lagu "Thank You" dinominasikan untuk Best Metal Performance untuk Grammy Awards 2016. Pada 27 Januari 2016, band ini mengumumkan tur headliner AS dengan Trivium dan Like a Storm sebagai dukungan langsung. Sevendust juga akan memulai tur utama lainnya di Amerika Utara termasuk tanggal Kanada pada bulan Agustus.

Sevendust merilis set akustik Live in Denver dalam bentuk DVD pada 14 Desember 2016.

All I See Is War (2017–2019)[sunting | sunting sumber]

Pada 1 Maret 2017, Sevendust mengumumkan bahwa mereka sedang menulis dan mendemokan album baru.

Pada 6 Juli 2017, gitaris John Connolly memposting video langsung di halaman Facebook Sevendust yang menyatakan bahwa band akan masuk ke studio pada November 2017 dengan produser Michael Baskette, dengan rilis tentatif pada musim semi 2018. Selain itu, ia mengumumkan bahwa band telah menandatangani kesepakatan dengan Rise Records.

Di podcast, drummer Morgan Rose mengungkapkan nama rilisan 2018 mereka sebagai All I See Is War. Album ini dirilis pada 11 Mei 2018.

Sevendust mengumumkan bahwa single pertama, "Dirty", ditayangkan perdana di Sirius XM Octane, 14 Maret 2018.

Pada 20 April 2018, band ini memulai tur utama untuk mendukung album tersebut.

Blood & Stone (2020–sekarang)[sunting | sunting sumber]

Blood & Stone dirilis pada 23 Oktober 2020, melalui Rise Records. Lagu pertama yang dirilis dari album, "The Day I Tried to Live", adalah penghargaan untuk band Soundgarden dari mendiang penyanyi Chris Cornell. Itu dirilis pada 26 Juni 2020.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Wiederhorn, Jon (April 2007). "Sevendust". Revolver. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 3, 2010. Diakses tanggal April 24, 2010. 
  2. ^ "Sevendust's Self-Titled Debut Reissued As 'Definitive Edition' With Bonus Tracks". Roadrunner Records. Blabbermouth. June 24, 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 8, 2012. Diakses tanggal June 24, 2010. 
  3. ^ Connif (2006). "Starting a rebellion: Jay jay french performs double duty as twisted sister's guitarist and manager". Billboard: The International Newsweekly of Music, Video and Home Entertainment. 118: 52. 
  4. ^ Henderson, Alex. "Sevendust" review. Allmusic
  5. ^ Dombek, Kirk. "Sevendust | Biography & History". AllMusic. Diakses tanggal September 29, 2018. 
  6. ^ Sevendust (Chart History), Billboard, diakses tanggal April 25, 2010 
  7. ^ Gold & Platinum, Recording Industry Association of America, diarsipkan dari versi asli tanggal September 24, 2015, diakses tanggal April 25, 2010