Seven Worlds, One Planet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Seven Worlds, One Planet
Berkas:Seven Worlds, One Planet.jpg
GenreDokumenter alam
PresenterDavid Attenborough
Penggubah lagu temaHans Zimmer
Jacob Shea
Penata musikJacob Shea
Negara asalBritania Raya
Bahasa asliInggris
Jmlh. episode7 (daftar episode)
Produksi
Produser eksekutifScott Alexander
Durasi60 menit
Rumah produksi
Rilis asli
Jaringan
Format gambar
Format audio
Rilis27 Oktober (2019-10-27) –
8 Desember 2019 (2019-12-8)

Seven Worlds, One Planet adalah serial dokumenter dari Unit Sejarah Alam BBC. Serial tujuh bagian ini, yang dimana setiap episode berfokus pada satu benua, memulai debutnya pada 27 Oktober 2019 dan dinarasikan oleh naturalis David Attenborough.[1][2][3] Lebih dari 1.500 orang mengerjakan serial tersebut, yang difilmkan selama 1.794 hari, dengan 92 pengambilan gambar di 41 negara.[4]

Musik[sunting | sunting sumber]

Sia, Chris Braide, dan Hans Zimmer berkolaborasi dalam lagu "Out There" untuk serial ini.[5] Lagu tema berjudul "Seven Worlds One Planet Suite" dibuat oleh Zimmer dan Jacob Shea, sedangkan Shea menulis musik serial ini.[6]

Episodes[sunting | sunting sumber]

Data bersumber dari BARB.co.uk.[7]

No.JudulDiproduksi olehTanggal tayang asliPenonton Britania Raya
(juta)
1"Antartika"Fredi Devas27 Oktober 2019 (2019-10-27)8.98
Antartika - benua terdingin, paling berangin, dan paling ekstrim. Hanya yang paling tangguh yang bisa bertahan di sini. Dari Laut wedelll yang bergejolak, hingga bintang laut berwarna-warni yang menutupi dasar laut di bawah es. Koloni besar penguin raja memenuhi tanah bebas es, dan anjing laut gajah seberat empat ton memperebutkan wilayah di pantai. Makhluk hidup datang ke sini karena lautan yang mengelilingi benua ini sangat kaya akan nutrisi. Namun, lautan di sini memanas dan dengan itu datanglah masa depan yang tidak pasti. Anak Albatros abu-abu berjuang untuk bertahan hidup dalam badai yang keras di Pulau Georgia Selatan, sementara paus sikat selatan perlahan-lahan pulih dari kepunahan di tangan industri perburuan paus, dan Penguin gentoo menghadapi perjalanan berbahaya melintasi es yang tidak rata di mana lanjing laut tutul tinggal. Masih ada harapan untuk benua yang dikelilingi es ini; ribuan penguin, anjing laut, albatros, dan lebih dari seratus paus yang sedang memakan kril. Sementara di bawah es di dasar laut, seluruh anemon laut, bintang laut, nudibranchia es, ubur-ubur dan cacing nematoda raksasa menjalani hidupnya di kedalaman es.
2"Asia"Emma Napper03 November 2019 (2019-11-03)8.86
Asia - benua paling bervariasi dan ekstrim - membentang dari Lingkaran Arktik sampai ekuator. Walrus berkumpul dalam jumlah besar di kawasan utara yang beku, hanya untuk mengambil risiko jatuh ke kematian mereka setelah memanjat tebing laut untuk melarikan diri beruang kutub. Beruang coklat berkeliaran di daerah terpencil Rusia dan orangutan memanjat ke pepohonan di hutan hujan Indonesia untuk mencari buah mangga. Ini adalah dunia yang jarang terlihat, mulai dari monyet berhidung pesek emas di hutan pegunungan China, predator aneh di gurun Lut di Iran, ular berbisa ekor laba-laba yang menyamarkan diri di bebatuan untuk menipu burung yang bermigrasi agar mengejar ekor anehnya. Di Utara India dua kadal Sarada jantan bersaing untuk mendapatkan hak atas wilayah dan betina di dalamnya, mengangkat kerah berwarna cerah di leher mereka. Asia adalah yang terbesar dari semua benua, tetapi tampaknya tidak ada cukup ruang untuk satwa liar. Karena manusia menghancurkan Indonesia untuk membuat perkebunan kelapa sawit yang luas. Hutan yang menyediakan perlindungan bagi beberapa Badak Sumatera terakhir, yang termasuk di antara spesies yang paling terancam oleh aktivitas ini. Namun, kebaikan manusia juga ada, karena para nelayan secara teratur membantu kelompok hiu paus dengan menyediakan sebagian hasil tangkapan mereka, meskipun daging ikan raksasa itu bernilai tinggi.
3"Amerika Selatan"Chadden Hunter10 November 2019 (2019-11-10)8.44
Amerika Selatan - benua dengan jumlah spesies terbanyak di dunia. Dari gunung berapi di Andes hingga hutan hujan terbesar di dunia, Amazon, hewan di sini harus berspesialisasi untuk bertahan hidup. Di Patagonia, seorang ibu puma memanfaatkan pengalaman seumur hidupnya untuk menangkap mangsa tiga kali beratnya. Di hutan pegunungan, Beruang Andes yang jarang terlihat memanjat tiga puluh meter ke kanopi untuk mencari buah. Katak beracun menggunakan metode cerdik untuk menjaga keamanan berudu, sementara anakonda menguntit monyet capuchin. Di Iguazu, burung layang-layang melakukan penerbangan yang menantang maut melalui salah satu air terjun terbesar di Bumi.
4"Australia"Emma Napper17 November 2019 (2019-11-17)8.28
Australia, daratan yang terapung-apung pada masa dinosaurus. Terisolasi selama jutaan tahun, hewan-hewan aneh dan menakjubkan yang terdampar di sini tidak seperti tempat lain di Bumi. Di dalam hutan, seekor kasuari - salah satu burung paling berbahaya di dunia - memiliki tinggi enam kaki. Di pedalaman, kanguru dan wombat badai salju yang berani dan hutan eukaliptus dipenuhi dengan predator yang belum pernah terlihat sebelumnya. Di jantung gurun pasirnya yang merah, reptil minum melalui kulitnya dan kawanan besar burung kesturi liar berputar-putar untuk mencari air. Di pulau rahasia setan tasmania berkeliaran. Di lepas pantai, ribuan hiu berkumpul untuk berpesta.
5"Eropa"Giles Badger24 November 2019 (2019-11-24)8.53
Eropa - benua yang ramai ini menyembunyikan hewan paling mengejutkan di dalam hutan belantara. Di atas Gibraltar, monyet barbary menjalani kehidupan penculikan dan drama tingkat tinggi, sementara di Wina tempat tinggal di halaman gereja Hamster Eropa bertempur satu sama lain untuk berpesta bunga dan lilin tersisa di kuburan. Saat malam tiba, desa pegunungan di Italia Pegunungan Apennine adalah tempat berburu serigala yang jarang terlihat, sementara lynx Iberia mengintai di hutan Spanyol. Di permukaan Sungai Danube, burung pelikan putih besar merampok hasil tangkapan burung kormoran besar. Jauh di bawah tanah di gua-gua Slovenia, Olm - spesies salamander yang pernah dianggap bayi naga - hidup hingga seratus tahun, sementara setiap musim panas, Sungai Tisza di Hungaria adalah tempat pertunjukan ajaib dari siklus hidup lalat capung. Di permukaan, Eropa telah berkembang tanpa bisa dikenali, namun intervensi manusia berarti lynx Iberia mungkin belum pulih; Setelah berada di ambang kepunahan, kombinasi dari cagar alam dan program penangkaran berarti bahwa 2019 adalah tahun yang sangat sukses bagi spesies tersebut, yang jumlahnya lebih dari 700 individu, dibandingkan dengan kurang dari 200 pada tahun 2005.
6"Amerika Utara"Chadden Hunter01 Desember 2019 (2019-12-01)7.95
Tidak ada benua yang mengalami perubahan musim yang ekstrim seperti Amerika Utara. Dari tornado yang mengaum di padang rumput, hingga udara Arktik yang menyapu rawa-rawa selatan yang lembab. Di musim dingin, Lynx kanada berkeliaran di Yukon untuk mencari terwelu sepatu salju, sementara Lembu laut dan Aligator Amerika mencari mata air panas untuk menghangatkan tubuh. Di musim semi, anjing padang rumput dan burung hantu penggali menghabiskan waktu mereka untuk menjaga anak-anak mereka sambil tetap waspada terhadap luak amerika. Di anak sungai Tennessee, ikan membangun piramida bawah air yang spektakuler untuk mencari pasangan. Tarpon Atlantik dan hiu sirip hitam tidak takut dengan manusia saat berburu senangin di sepanjang pantai Florida. Kunang-kunang menerangi hutan selama musim panas dan beruang kutub di tepi Teluk Hudson telah mempelajari Metode baru yang cerdik, di mana mereka melompat dari batu untuk berburu paus beluga.
7"Afrika"Giles Badger08 Desember 2019 (2019-12-08)7.68
Afrika - rumah bagi satwa liar terbesar di Bumi, tetapi bahkan di negeri yang berlimpah ini, satwa liar menghadapi tantangan besar. Di hutan, simpanse muda belajar menggunakan alat untuk mencari makanan. Di sabana, sekelompok citah bekerja sama untuk berburu mangsa yang ukurannya dua kali lipat. Dan, di danau air tawar yang jernih, induk ikan yang merawat cichlid tertipu oleh lele kukuk. Di Gurun Namib, hyena melakukan perjalanan panjang untuk mencari makanan di pantai. Sementara di Gurun Kalahari, aardvark yang aneh menggali lubang untuk mencari makan. Tetapi bagi sebagian besar satwa liar Afrika, ancaman terbesar datang dari manusia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]