Set list

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Setlist dari konser Dixie Chicks tahun 2003. Pada setlist ini, lagu-lagu disertai dengan kunci nada. Garis horizontal memisahkan dua lagu terakhir yang disiapkan sebagai encore.

Set list atau setlist adalah daftar lagu-lagu yang akan dibawakan oleh seorang penyanyi atau sebuah grup musik dalam satu konser tertentu.[1] Sebagian besar artis mempertunjukkan lagu-lagu dari satu set list yang sama pada setiap pertunjukan dalam sebuah tur konser.

Lagu pertama dalam konser umumnya dimulai dengan lagu yang menarik perhatian penonton (lagu yang tidak terlalu bertempo lambat).[2] Dua lagu bertempo lambat, dua lagu dengan nada dasar yang sama, atau dua lagu yang serupa dalam irama/tempo biasanya tidak dibawakan secara berturut-turut. Lagu terakhir dalam konser adalah lagu yang bersemangat sekaligus mudah diingat, supaya terus terngiang-ngiang di telinga penonton setelah mereka meninggalkan arena konser.[2]

The Grateful Dead terkenal sebagai band yang mampu berimprovisasi dalam konser. Set list yang telah disiapkan sebelumnya tidak pernah dipatuhi.[3] Band ini tidak hanya mengganti lagu-lagu yang dimainkan dalam konser, melainkan juga melakukan variasi dalam susunan dan gaya memainkan lagu. Meskipun berganti-ganti setlist dari pertunjukan ke pertunjukan, mereka sering memainkan lagu dalam kombinasi tertentu. Penggemar segera tahu bila band ini memainkan "China Cat Sunflower", lagu berikutnya kemungkinan adalah "I Know You Rider".[3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "set list". Oxford dictionaries. Diakses 2012-07-20. 
  2. ^ a b Dryden, Jon (2001). The Pro Keyboardist's Handbook. Alfred Music Publishing. hlm. 37. ISBN 0-7390-1128-6. 
  3. ^ a b Weiner, Robert G. (1999). Perspectives on the Grateful Dead: Critical Writings. Greenwood. hlm. 101. ISBN 0-3133-0569-2. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]