Serikat Para Imam Santo Sulpice

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Serikat Para Imam Santo Sulpice
Lambang Serikat Santo Sulpice
Lambang Serikat Santo Sulpice
SingkatanP.S.S. (American Sulpicians, sampai saat ini, masih dalam bentuk aslinya, S.S.)
Tanggal pendirian1641
TipeSerikat Kehidupan Apostolik Katolik Roma
Kantor pusat6, Rue du Regard
Paris, Perabncis
Jumlah anggota
293 (2010)
Petinggi Umumm
Ronald D. Witherup
Situs webwww.sulpiciens.org

Serikat Para Imam Santo Sulpice ("Serikat Santo Sulpice", Prancis: Compagnie des Prêtres de Saint-Sulpice; Latin: Societas Presbyterorum a Santo Sulpitio) adalah sebuah Serikat Kehidupan Apostolik Katolik yang mengambil nama dari Gereja Santo Sulpice, Paris, yang mengambil nama dari Santo Sulpitius orang Pious, dimana mereka dibentuk. Biasanya, para imam yang menjadi anggota Serikat Para Imam Santo Sulpice baru ditahbiskan dan menjalani beberapa tahun karya pastoral. Uniknya, para anggotanya masih inkardinasi dalam keuskupan-keuskupan mereka sendiri bahkan setelah masuk serikat tersebut. Tujuan serikat tersebut biasanya adalah pendidikan para imam dan beberapa orang yang melakukan karya paroki. Sebagai peran utama mereka mendidik orang-orang yang bersiap untuk menjadi anggota presbiterat, para anggotanya menempatkan perhatian besar terhadap pembentukan akademik dan spiritual dari para anggota mereka sendiri, yang mencurahkan diri mereka sendiri untuk memberikan pengembangan seumur hidup di ranah tersebut. Serikat tersebut terbagi dalam tiga provinsi, yang beroperasi di berbagai negara, Provinsi Prancis, Kanada, dan Amerika Serikat.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Kauffman, Christopher J., The Sulpician Presence, The Catholic Historical Review, Vol. 75, No. 4 (Oct., 1989), pp. 677–695
  • Young, Brian. In Its Corporate Capacity: the Seminary of Montreal as a Business Institution, 1816-76 (Montreal, McGill-Queen's University Press, 1986)
  • Deslandres, Dominique, John A. Dickinson and Ollivier Hubert (eds.), Les Sulpiciens de Montréal: Une histoire de pouvoir et de discrétion, 1657-2007 (Montreal, Fides, 2007) (in French)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]