Seri GP2 musim 2010

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Seri GP2 2010
Juara pembalap: Pastor Maldonado
Juara tim: Rapax
Sebelum: 2009 Sesudah: 2011
Seri utama:
Formula Satu
Seri pendukung:
Seri GP3

Musim Seri GP2 2010 adalah musim yang keempat puluh empat dari kejuaraan pengumpan Formula Satu lapis kedua dan juga musim yang keenam di bawah moniker Seri GP2. Musim ini dimulai pada tanggal 8 Mei di Circuit de Catalunya di Montmeló, Spanyol, dan berakhir pada tanggal 14 November di Sirkuit Yas Marina di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, setelah 20 balapan diadakan dalam sepuluh pertemuan.

Ini adalah musim GP2 yang pertama yang diadakan dengan seri pengumpannya sendiri, yaitu Seri GP3. Seri 2010 adalah sebagian besar putaran Formula Satu Eropa dengan GP2. Putaran GP2 Jerman kembali lagi ke Hockenheim, karena bergantian dengan Nürburgring sebagai tuan rumah Grand Prix Jerman. Abu Dhabi menjadi bagian dari seri utama, setelah dua balapan di Seri GP2 Asia musim 2009–10. Musim 2010 adalah musim yang terakhir dengan menggunakan mobil Dallara GP2/08 generasi kedua, yang diperkenalkan pada tahun 2008. Itu juga merupakan musim terakhir Bridgestone menjadi satu-satunya pemasok ban untuk seri tersebut, karena digantikan oleh Pirelli untuk musim berikutnya. Mobil baru – Dallara GP2/11 – akan digunakan di seri utama dan Seri GP2 Asia mulai dari tahun 2011 dan seterusnya.[1]

Pastor Maldonado berhasil merebut gelar juara dengan dua balapan tersisa, meskipun tersingkir dari balapan sprint di Monza; musim kedua berturut-turut di mana kejuaraan pembalap diamankan sebelum babak final. Maldonado, dengan membalap untuk tim Rapax, menjadi pembalap yang paling sukses di seri ini dengan enam kemenangan selama musim ini, diperoleh dalam balapan fitur berturut-turut untuk membawanya ke total sepuluh kemenangan.[2] Maldonado berhasil memenangkan gelar kejuaraan dengan keunggulan enam belas poin dari Sergio Pérez dari Barwa Addax, yang meraih lima kemenangan selama musim ini, meraih sepasang kemenangan balapan fitur dan tiga kemenangan sprint. Jules Bianchi finis sebagai rookie seri utama teratas di urutan ketiga untuk ART Grand Prix, setelah memimpin pertarungan empat pembalap untuk memperebutkan posisi tersebut. Dani Clos finis satu poin di belakang Bianchi untuk tim Racing Engineering, memenangkan balapan sprint di Istanbul, dengan duo Inggris, yaitu Sam Bird – pemenang balapan di Monza – dan Oliver Turvey, menempati posisi kelima dan keenam. Tujuh pembalap lainnya meraih kemenangan, terutama datang di balapan reverse-grid; hanya Charles Pic – kesepuluh secara keseluruhan – yang berhasil meraih kemenangan balapan fitur di Montmeló. Kemenangan sprint berhasil diraih oleh Fabio Leimer di Montmeló, Jérôme d'Ambrosio di Monako, Marcus Ericsson di Valencia, Giacomo Ricci di Mogyoród, Christian Vietoris di Monza, dan Davide Valsecchi di Abu Dhabi.

Dalam kejuaraan tim, tim Rapax-lah yang menang dalam pertarungan tiga tim di Abu Dhabi. Menuju balapan terakhir, tim Barwa Addax memegang keunggulan satu poin atas tim Rapax, dengan tim ART sembilan poin di belakang tim Addax di urutan ketiga. Di balapan terakhir, hanya tim Rapax yang berhasil meraih poin dengan menempati posisi kedua dengan putaran tercepat untuk Luiz Razia, yang memberi tim Rapax kemenangan lima poin – 115 poin berbanding 110 – kemenangan kejuaraan atas tim Barwa Addax. Tim ART finis di urutan ketiga dengan 100 poin, di atas tim Racing Engineering dengan 80 poin dan tim iSport International dengan 78 poin di posisi kelima.

Tim dan pembalap[sunting | sunting sumber]

Musim ini diperkirakan akan menampilkan 26 mobil, namun masalah keuangan yang sedang berlangsung membuat Durango terhenti tanpa batas waktu. Karena ada proses seleksi masuk tim baru yang dijadwalkan pada tahun 2011, penyelenggara seri memutuskan bahwa tidak ada gunanya bergabung dengan tim baru untuk satu musim, karena tidak ada jaminan mereka akan berada di grid pada tahun 2011.[3]

Tim No. Nama pembalap Ronde
Prancis ART Grand Prix 1 Prancis Jules Bianchi[4] Semua
2 Britania Raya Sam Bird[5] Semua
Spanyol Barwa Addax Team 3 Belanda Giedo van der Garde[6] Semua
4 Meksiko Sergio Pérez[7] Semua
Britania Raya Super Nova Racing 5 Ceko Josef Král[8] 1–4, 10
Italia Luca Filippi[9] 5–9
6 Swedia Marcus Ericsson[8] Semua
Spanyol Racing Engineering 7 Spanyol Dani Clos[10] Semua
8 Jerman Christian Vietoris[10] 1–9
Tiongkok Ho-Pin Tung[11] 10
Britania Raya iSport International 9 Britania Raya Oliver Turvey[12] Semua
10 Italia Davide Valsecchi[13] Semua
Prancis DAMS 11 Belgia Jérôme d'Ambrosio[14] 1–5, 7–10
Prancis Romain Grosjean[15] 6
12 Tiongkok Ho-Pin Tung[14] 1–7
Prancis Romain Grosjean[16] 8–10
Italia Rapax[17] 14 Brasil Luiz Razia[18] Semua
15 Venezuela Pastor Maldonado[18] Semua
Britania Raya Arden International 16 Prancis Charles Pic[19] Semua
17 Venezuela Rodolfo González[20] Semua
Portugal Ocean Racing Technology 18 Britania Raya Max Chilton[21] Semua
19 Swiss Fabio Leimer[21] Semua
Italia Scuderia Coloni 20 Brasil Alberto Valerio[22] 1–7
Portugal Álvaro Parente[16] 8–9
Britania Raya James Jakes[23] 10
21 Bulgaria Vladimir Arabadzhiev[24] 1–8
Selandia Baru Brendon Hartley[25] 9–10
Italia Trident Racing 24 Venezuela Johnny Cecotto Jr.[26] 1–8
Italia Edoardo Piscopo[27] 9
Italia Federico Leo[28] 10
25 Afrika Selatan Adrian Zaugg[29] Semua
Britania Raya DPR 26 Rumania Michael Herck[20] Semua
27 Italia Giacomo Ricci[20] 1–7
Italia Fabrizio Crestani[16] 8–10

Perubahan pembalap[sunting | sunting sumber]

Berganti tim

Sejumlah pembalap berganti tim selama musim sepi antara akhir Seri utama 2009 dan musim 2010. Pembalap David Price Racing, yaitu Johnny Cecotto Jr., pindah ke tim Trident Racing, menggantikan posisi Rodolfo González, yang pindah ke tim Arden Internasional. Tim Barwa Addax memiliki dua pembalap baru untuk musim ini, dengan Giedo van der Garde pindah dari tim iSport International dan Sergio Pérez meninggalkan tim Arden International untuk bermitra bersama dengannya; Pembalap Addax pada tahun 2009, yaitu Romain Grosjean dan Davide Valsecchi, masing-masing bergabung bersama dengan tim DAMS dan iSport, di mana penandatanganan Grosjean dilakukan pada pertengahan musim, bukan pada awal musim. Pergerakan lainnya adalah Pastor Maldonado yang meninggalkan tim ART Grand Prix untuk bergabung bersama dengan tim Rapax dan bermitra bersama dengan Luiz Razia yang pernah menjadi pemenang perlombaan bersama dengan tim Scuderia Coloni pada tahun 2009. Alberto Valerio pindah ke tim Scuderia Coloni dan bergabung bersama dengan Razia, dengan Álvaro Parente yang bergabung bersama dengannya di pertengahan musim setelah terakhir kali membalap untuk tim Ocean Racing Technology dua belas bulan sebelumnya.

Masuk atau kembali lagi ke GP2

Banyak pembalap yang bergabung dalam seri ini dari serangkaian seri formula junior lainnya sebagai bagian dari kemajuan pembalap ke eselon yang lebih tinggi dalam balap mobil profesional. Ho-Pin Tung bergabung bersama dengan tim DAMS setelah satu musim di Superleague Formula berkompetisi dengan tim Turki, yaitu Galatasaray, sementara James Jakes mengikuti pertemuan terakhir di Abu Dhabi setelah satu musim berkompetisi untuk tim Manor Racing di Seri GP3 perdana. Charles Pic, Oliver Turvey, dan Adrian Zaugg, semuanya berpindah dari Formula Renault 3.5 Series melalui seri musim dingin GP2 Asia untuk bersaing di seri utama. Masing-masing pembalap tetap bersama tim yang mereka ikuti di Seri Asia; Pic bersama dengan tim Arden International, Turvey bersama dengan tim iSport International, dan Zaugg bersama dengan tim Trident Racing. Brendon Hartley dan Federico Leo juga bergabung dari seri ini, tetapi mereka hanya mengikuti balapan tertentu saja menjelang akhir kampanye. Fabrizio Crestani dan Edoardo Piscopo sama-sama berkompetisi untuk tim DAMS di Auto GP, tetapi juga terjun ke GP2 dengan tim DPR dan Trident; Crestani pindah ke serial ini untuk yang pertama kalinya.

Di akhir seri Master Formula Internasional, terdapat tiga pembalap yang pindah ke GP2 dari seri tersebut; juara Fabio Leimer bergabung bersama dengan tim Ocean Racing Technology dari tim Jenzer Motorsport, sementara rekan setimnya di tim JD Motorsport, yaitu Vladimir Arabadzhiev dan Josef Král, masing-masing bergabung bersama dengan tim Scuderia Coloni dan Super Nova Racing. Ada pula sejumlah lulusan seri besar Formula Tiga yang diadakan di seluruh dunia. Juara Seri Euro Formula 3, yaitu Jules Bianchi, tetap bersama dengan tim Formula Tiga ART Grand Prix untuk kelulusannya ke GP2, dan bergabung bersama dengan mantan rivalnya, yaitu Sam Bird, sementara runner-up Christian Vietoris bergabung bersama dengan tim Racing Engineering. Pemenang Kejuaraan Formula Tiga Seluruh Jepang, yaitu Marcus Ericsson, bergabung bersama dengan tim Super Nova Racing setelah satu putaran dengan tim di GP2 Asia, sementara pembalap yang menjadi yang terdepan di Kejuaraan Formula 3 Inggris, yaitu Max Chilton, meninggalkan tim Carlin Motorsport untuk bermitra bersama dengan Leimer di tim Ocean Racing Technology.

Meninggalkan GP2

Lima pembalap meninggalkan kejuaraan ini – termasuk tiga pembalap teratas – setelah mengamankan perjalanan di Formula Satu. Juara musim sebelumnya, yaitu Nico Hülkenberg, didaftarkan oleh tim Williams F1 untuk bermitra bersama dengan Rubens Barrichello, runner-up Vitaly Petrov menukar Tim Barwa Addax dengan tim Renault dalam Formula Satu untuk menggantikan posisi Romain Grosjean, dan Kamui Kobayashi bergabung bersama dengan tim Sauber setelah beberapa balapan menggantikan posisi Timo Glock di tim Toyota Racing. Karun Chandhok dan Lucas di Grassi juga lulus, masing-masing bergabung bersama dengan tim baru Hispania Racing dan Virgin Racing.

Stefano Coletti menukar tim Durango untuk mendapatkan tempat di Seri Formula Renault 3.5 dengan Comtec Racing, di mana ia bergabung bersama dengan pembalap Durango yang lainnya, yaitu Nelson Panciatici, yang menandatangani kontrak dengan tim Junior Lotus Racing. Franck Perera dan Davide Rigon pindah kembali ke Superleague Formula, di mana mereka akan menghadapi nasib yang beragam, dengan Perera yang gagal memenangkan perlombaan dan Rigon menjadi juara musim. Edoardo Mortara meninggalkan tim Arden International untuk kembali ke Seri Euro Formula 3 dengan tim Signature yang mana dengannya, dia berhasil memenangkan Grand Prix Makau pada tahun 2009. Ricardo Teixeira pindah ke Kejuaraan Formula Dua FIA[30] sementara Andreas Zuber berkompetisi di FIA GT1 World Championship perdana bersama dengan tim Phoenix Racing / Carsport, serta penampilan sporadis di EuroBOSS Series. Diego Nunes kembali lagi ke Brasil untuk berkompetisi di seri Stock Car Brasil bersama dengan tim RC3 Bassani Racing, Javier Villa pindah ke seri spesifikasi mobil touring, berkompetisi di Kejuaraan Mini Spanyol, sementara Roldán Rodríguez memutuskan untuk mengambil cuti panjang dari balapan setelah kampanye GP2 Asia-nya.[31]

Perubahan pertengahan musim

Sejumlah pergantian pertengahan musim juga dilakukan sepanjang musim, untuk menggantikan posisi pembalap lain. Josef Král dari tim Super Nova Racing mengalami patah tulang stabil pada dua tulang belakangnya akibat mengalami kecelakaan dengan Rodolfo González di Valencia.[32] Luca Filippi mengambil tempatnya di tim Super Nova Racing sampai Král kembali lagi di Abu Dhabi.[9] Romain Grosjean kembali lagi ke seri tersebut, membuat penampilan satu kali di Hockenheim untuk tim DAMS.[15] Dia menggantikan posisi Jérôme d'Ambrosio pada pertemuan tersebut. Setelah cedera yang dialami oleh Ho-Pin Tung di Hungaroring, Grosjean menggantikan posisinya di Spa-Francorchamps dan Monza.[16] Álvaro Parente kembali lagi ke seri ini di Spa-Francorchamps menggantikan posisi Alberto Valerio di tim Scuderia Coloni.[16] Fabrizio Crestani melakukan debut seri utamanya di Spa-Francorchamps menggantikan posisi rekan senegaranya, yaitu Giacomo Ricci, di tim DPR.[16] Edoardo Piscopo melakukan debut seri utamanya di Monza, menggantikan posisi Johnny Cecotto Jr. di tim Trident Racing.[27] Brendon Hartley juga membuat penampilan GP2 pertamanya di Monza, menggantikan posisi Vladimir Arabadzhiev di tim Scuderia Coloni.[25] Ho-Pin Tung kembali lagi dari cedera di Abu Dhabi, menggantikan posisi Christian Vietoris setelah ia memerlukan operasi usus buntu.[11] James Jakes dan Federico Leo juga debut seri utama mereka di Abu Dhabi, masing-masing menggantikan posisi Álvaro Parente di tim Scuderia Coloni dan Edoardo Piscopo di tim Trident Racing.[23][28]

Kalender musim 2010[sunting | sunting sumber]

Kalender musim 2010 secara resmi diumumkan pada tanggal 18 Desember 2009. Seri ini diharapkan terdiri dari sebelas putaran, naik satu putaran dari tahun 2009. Hal ini karena untuk mendukung semua balapan Formula Satu di benua Eropa, balapan di acara yang berdiri sendiri di Portimão untuk tahun kedua secara berturut-turut, dan final musim akan diadakan di Abu Dhabi.[33] Pada tanggal 8 Mei 2010, diumumkan bahwa putaran Portimão akan dibatalkan dan tidak diganti.[34]

Ronde Lokasi Sirkuit Tanggal Waktu[35] Ban[a] Mendukung
Lokal UTC
1 F Spanyol Montmeló, Spanyol Circuit de Catalunya 8 Mei 15:40 13:40 Hard Grand Prix Spanyol
S 9 Mei 10:35 08:35
2 F Monako Monte Carlo, Monako Circuit de Monaco 14 Mei 11:15 09:15 Super Soft Grand Prix Monako
S 15 Mei 16:10 14:10
3 F Turki Istanbul, Turki Istanbul Park 29 Mei 15:40 12:40 Medium Grand Prix Turki
S 30 Mei 11:35 08:35
4 F Spanyol Valencia, Spanyol Sirkuit Jalan Raya Valencia 26 Juni 15:40 13:40 Soft Grand Prix Eropa
S 27 Juni 10:35 08:35
5 F Britania Raya Silverstone, Inggris Sirkuit Silverstone 10 Juli 14:40 13:40 Medium Grand Prix Inggris
S 11 Juli 09:35 08:35
6 F Jerman Hockenheim, Jerman Hockenheimring 24 Juli 15:40 13:40 Medium Grand Prix Jerman
S 25 Juli 10:35 08:35
7 F Hungaria Mogyoród, Hungaria Hungaroring 31 Juli 15:40 13:40 Soft Grand Prix Hungaria
S 1 Agustus 10:35 08:35
8 F Belgia Stavelot, Belgia Circuit de Spa-Francorchamps 28 Agustus 15:40 13:40 Medium Grand Prix Belgia
S 29 Agustus 10:35 08:35
9 F Italia Monza, Italia Autodromo Nazionale Monza 11 September 15:40 13:40 Hard Grand Prix Italia
S 12 September 10:35 08:35
10 F Uni Emirat Arab Pulau Yas, Abu Dhabi Sirkuit Yas Marina 13 November 11:00 07:00 Medium Grand Prix Abu Dhabi
S 14 November 13:30 09:30

Hasil[sunting | sunting sumber]

Ronde Sirkuit Posisi Pole Putaran Tercepat[37] Pembalap Pemenang Tim Pemenang Laporan
1 F Spanyol Circuit de Catalunya Prancis Jules Bianchi Britania Raya Sam Bird Prancis Charles Pic Britania Raya Arden International Laporan
S Swiss Fabio Leimer Swiss Fabio Leimer Portugal Ocean Racing Technology
2 F Monako Circuit de Monaco Spanyol Dani Clos Meksiko Sergio Pérez[b] Meksiko Sergio Pérez Spanyol Barwa Addax Team Laporan
S Britania Raya Sam Bird Belgia Jérôme d'Ambrosio Prancis DAMS
3 F Turki Istanbul Park Italia Davide Valsecchi Venezuela Pastor Maldonado[c] Venezuela Pastor Maldonado Italia Rapax Laporan
S Britania Raya Oliver Turvey[d] Spanyol Dani Clos Spanyol Racing Engineering
4 F Spanyol Sirkuit Jalan Raya Valencia Meksiko Sergio Pérez Venezuela Pastor Maldonado Venezuela Pastor Maldonado Italia Rapax Laporan
S Meksiko Sergio Pérez[e] Swedia Marcus Ericsson Britania Raya Super Nova Racing
5 F Britania Raya Sirkuit Silverstone Prancis Jules Bianchi Venezuela Pastor Maldonado Venezuela Pastor Maldonado Italia Rapax Laporan
S Meksiko Sergio Pérez Meksiko Sergio Pérez Spanyol Barwa Addax Team
6 F Jerman Hockenheimring Prancis Charles Pic Prancis Jules Bianchi Venezuela Pastor Maldonado Italia Rapax Laporan
S Meksiko Sergio Pérez Meksiko Sergio Pérez Spanyol Barwa Addax Team
7 F Hungaria Hungaroring Britania Raya Sam Bird[f] Venezuela Pastor Maldonado Venezuela Pastor Maldonado Italia Rapax Laporan
S Rumania Michael Herck[g] Italia Giacomo Ricci Britania Raya DPR
8 F Belgia Circuit de Spa-Francorchamps Belgia Jérôme d'Ambrosio[h] Italia Davide Valsecchi[i] Venezuela Pastor Maldonado Italia Rapax Laporan
S Meksiko Sergio Pérez Meksiko Sergio Pérez Spanyol Barwa Addax Team
9 F Italia Autodromo Nazionale Monza Prancis Jules Bianchi Britania Raya Sam Bird Britania Raya Sam Bird Prancis ART Grand Prix Laporan
S Britania Raya Sam Bird Jerman Christian Vietoris Spanyol Racing Engineering
10 F Uni Emirat Arab Sirkuit Yas Marina Britania Raya Oliver Turvey Meksiko Sergio Pérez Meksiko Sergio Pérez Spanyol Barwa Addax Team Laporan
S Belanda Giedo van der Garde[j] Italia Davide Valsecchi Britania Raya iSport International

Klasemen Kejuaraan[sunting | sunting sumber]

Sistem poin

Poin diberikan kepada 8 pembalap yang finis di 8 peringkat teratas dalam perlombaan Fitur, dan kepada 6 pembalap yang finis di 6 peringkat teratas dalam perlombaan Sprint. Pembalap terdepan dalam balapan fitur juga akan menerima dua poin, dan satu poin diberikan kepada pembalap yang mencatatkan lap tercepat dalam sepuluh besar baik dalam balapan fitur maupun sprint. Tidak ada poin tambahan yang diberikan kepada peraih posisi terdepan dalam lomba sprint.

Poin balapan fitur
Posisi  1st   2nd   3rd   4th   5th   6th   7th   8th   Pole   PT 
Poin 10 8 6 5 4 3 2 1 2 1
Poin Balapan Sprint

Poin diberikan kepada 6 pembalap yang finis di 6 peringkat teratas.

Posisi  1st   2nd   3rd   4th   5th   6th   PT 
Poin 6 5 4 3 2 1 1

Kejuaraan Pembalap[sunting | sunting sumber]

Pos Pembalap CAT
Spanyol
MON
Monako
IST
Turki
VAL
Spanyol
SIL
Britania Raya
HOC
Jerman
HUN
Hungaria
SPA
Belgia
MNZ
Italia
YMC
Uni Emirat Arab
Poin
1 Venezuela Pastor Maldonado 6 3 2 11 1 6 1 4 1 4 1 20† 1 DSQ 1 Ret Ret Ret 17 9 87
2 Meksiko Sergio Pérez 4 Ret 1 6 DSQ 7 11 16 5 1 2 1 3 Ret 7 1 Ret 13 1 Ret 71
3 Prancis Jules Bianchi Ret 12 4 3 Ret 13 2 Ret 2 5 5 4 Ret DNS 14 Ret 2 4 18 7 52
4 Spanyol Dani Clos 3 6 3 Ret 8 1 5 7 3 3 4 6 16 7 Ret DNS Ret 12 4 4 51
5 Britania Raya Sam Bird 9 4 18 10 3 10 3 10 4 DNS 14 5 13 Ret Ret 12 1 3 3 Ret 48
6 Britania Raya Oliver Turvey 5 5 15 15 14 18 Ret 12 8 2 8 2 4 5 6 5 3 6 2 17 47
7 Belanda Giedo van der Garde 20 9 6 2 4 3 4 2 9 7 12 9 5 4 9 2 Ret Ret Ret 19 39
8 Italia Davide Valsecchi 10 11 Ret 16 2 4 10 6 7 6 17 18 9 3 18 8 9 16 5 1 31
9 Jerman Christian Vietoris Ret 18 14 DNS 7 Ret 12 Ret 6 10 Ret 10 2 2 11 Ret 4 1 29
10 Prancis Charles Pic 1 7 11 7 Ret DNS 6 5 10 8 3 17 11 9 4 Ret 11 8 20 11 28
11 Brasil Luiz Razia 7 2 7 5 5 2 Ret Ret Ret 15 Ret 13 10 Ret 16 10 Ret 10 7 2 28
12 Belgia Jérôme d'Ambrosio Ret 13 8 1 10 8 Ret 8 11 11 6 Ret Ret Ret 5 2 14 8 21
13 Italia Giacomo Ricci 2 8 17 Ret Ret 17 Ret Ret 13 12 16† 11 8 1 16
14 Prancis Romain Grosjean 20 19† 3 6 13 17† 6 3 14
15 Portugal Álvaro Parente 2 3 12 9 13
16 Rumania Michael Herck 17 21 16 Ret 6 5 8 3 22 14 9 8 7 Ret Ret 13 Ret Ret 16 10 12
17 Swedia Marcus Ericsson 11 Ret 12 9 Ret Ret 7 1 12 18 6 Ret 12 10 13 7 Ret 11 11 Ret 11
18 Afrika Selatan Adrian Zaugg 16 15 Ret 12 Ret Ret 14 15 15 21 7 3 15 8 15 9 6 7 Ret DNS 9
19 Swiss Fabio Leimer 8 1 Ret 17 13 15 Ret Ret 17 13 21† Ret Ret 11 12 Ret Ret DNS Ret 15 8
20 Italia Luca Filippi 20 9 10 7 14 6 5 Ret Ret 14 5
21 Venezuela Rodolfo González 15 14 10 Ret 16 16 Ret Ret 16 20 18 Ret Ret 15 8 4 Ret Ret 10 16 4
22 Brasil Alberto Valerio 14 Ret 5 Ret 17† 19 9 Ret 14 22 11 12 Ret 12 4
23 Venezuela Johnny Cecotto Jr. Ret 17 9 4 12 12 Ret 14 18 23 13 Ret Ret 13 10 Ret 3
24 Ceko Josef Král 12 19 13 8 15 14 Ret Ret 8 5 3
25 Britania Raya Max Chilton 18 16 Ret 14 9 11 Ret 11 19 19 19 16 17 16 17 11 8 5 12 12 3
26 Italia Edoardo Piscopo 7 Ret 2
27 Selandia Baru Brendon Hartley Ret Ret 9 6 1
28 Tiongkok Ho-Pin Tung 13 10 Ret Ret 11 9 Ret 13 Ret 15 Ret 14 Ret DNS Ret 13 0
29 Bulgaria Vladimir Arabadzhiev 19 20 Ret 13 Ret Ret 13† 9 21 17 15 15 18 14 19 Ret 0
30 Italia Fabrizio Crestani Ret 14 10 15 13 14 0
31 Britania Raya James Jakes 15 18 0
32 Italia Federico Leo 19 Ret 0
Pos Pembalap CAT
Spanyol
MON
Monako
IST
Turki
VAL
Spanyol
SIL
Britania Raya
HOC
Jerman
HUN
Hungaria
SPA
Belgia
MNZ
Italia
YMC
Uni Emirat Arab
Poin

Templat:F1 feeder series driver results legend

Catatan:

  • † — Pembalap tidak menyelesaikan balapan, tetapi diklasifikasikan karena mereka menyelesaikan lebih dari 90% jarak balapan.

Kejuaraan Tim[sunting | sunting sumber]

Pos Tim Mobil
No.
CAT
Spanyol
MON
Monako
IST
Turki
VAL
Spanyol
SIL
Britania Raya
HOC
Jerman
HUN
Hungaria
SPA
Belgia
MNZ
Italia
YMC
Uni Emirat Arab
Poin
1 Italia Rapax 14 7 2 7 5 5 2 Ret Ret Ret 15 Ret 13 10 Ret 16 10 Ret 10 7 2 115
15 6 3 2 11 1 6 1 4 1 4 1 20† 1 DSQ 1 Ret Ret Ret 17 9
2 Spanyol Barwa Addax Team 3 20 9 6 2 4 3 4 2 9 7 12 9 5 4 9 2 Ret Ret Ret 19 110
4 4 Ret 1 6 DSQ 7 11 16 5 1 2 1 3 Ret 7 1 Ret 13 1 Ret
3 Prancis ART Grand Prix 1 Ret 12 4 3 Ret 13 2 Ret 2 5 5 4 Ret DNS 14 Ret 2 4 18 7 100
2 9 4 18 10 3 10 3 10 4 DNS 14 5 13 Ret Ret 12 1 3 3 Ret
4 Spanyol Racing Engineering 7 3 6 3 Ret 8 1 5 7 3 3 4 6 16 7 Ret DNS Ret 12 4 4 80
8 Ret 18 14 DNS 7 Ret 12 Ret 6 10 Ret 10 2 2 11 Ret 4 1 Ret 13
5 Britania Raya iSport International 9 5 5 15 15 14 18 Ret 12 8 2 8 2 4 5 6 5 3 6 2 17 78
10 10 11 Ret 16 2 4 10 6 7 6 17 18 9 3 18 8 9 16 5 1
6 Prancis DAMS 11 Ret 13 8 1 10 8 Ret 8 11 11 20 19† 6 Ret Ret Ret 5 2 14 8 35
12 13 10 Ret Ret 11 9 Ret 13 Ret 15 Ret 14 Ret DNS 3 6 13 17† 6 3
7 Britania Raya Arden International 16 1 7 11 7 Ret DNS 6 5 10 8 3 17 11 9 4 Ret 11 8 20 11 32
17 15 14 10 Ret 16 16 Ret Ret 16 20 18 Ret Ret 15 8 4 Ret Ret 10 16
8 Britania Raya DPR 26 17 21 16 Ret 6 5 8 3 22 14 9 8 7 Ret Ret 13 Ret Ret 16 10 28
27 2 8 17 Ret Ret 17 Ret Ret 13 12 16† 11 8 1 Ret 14 10 15 13 14
9 Britania Raya Super Nova Racing 5 12 19 13 8 15 14 Ret Ret 20 9 10 7 14 6 5 Ret Ret 14 8 5 19
6 11 Ret 12 9 Ret Ret 7 1 12 18 6 Ret 12 10 13 7 Ret 11 11 Ret
10 Italia Scuderia Coloni 20 14 Ret 5 Ret 17† 19 9 Ret 14 22 11 12 Ret 12 2 3 12 9 15 18 18
21 19 20 Ret 13 Ret Ret 13† 9 21 17 15 15 18 14 19 Ret Ret Ret 9 6
11 Italia Trident Racing 24 Ret 17 9 4 12 12 Ret 14 18 23 13 Ret Ret 13 10 Ret 7 Ret 19 Ret 14
25 16 15 Ret 12 Ret Ret 14 15 15 21 7 3 15 8 15 9 6 7 Ret DNS
12 Portugal Ocean Racing Technology 18 18 16 Ret 14 9 11 Ret 11 19 19 19 16 17 16 17 11 8 5 12 12 11
19 8 1 Ret 17 13 15 Ret Ret 17 13 21† Ret Ret 11 12 Ret Ret DNS Ret 15
Pos Tim Mobil
No.
CAT
Spanyol
MON
Monako
IST
Turki
VAL
Spanyol
SIL
Britania Raya
HOC
Jerman
HUN
Hungaria
SPA
Belgia
MNZ
Italia
YMC
Uni Emirat Arab
Poin

Templat:F1 feeder series driver results legend

Catatan:

  • † — Pembalap tidak menyelesaikan balapan, tetapi diklasifikasikan karena mereka menyelesaikan lebih dari 90% jarak balapan.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bridgestone hanya memasok satu kompon kering ke tim untuk digunakan sepanjang balapan akhir pekan.[36]
  2. ^ Pérez dan Pastor Maldonado mencatat waktu putaran tercepat yang sama (1:21.823), namun Pérez melakukannya lebih awal dari Maldonado, sehingga ia berhak untuk mencetak poin untuk putaran tercepat.
  3. ^ Maldonado dan Davide Valsecchi mencatatkan putaran tercepat yang sama (1:37.010), namun Maldonado melakukannya lebih awal dari Valsecchi, sehingga ia berhak untuk mencetak poin untuk putaran tercepat.
  4. ^ Oliver Turvey menetapkan lap tercepat, tetapi tidak finis di 10 besar, sehingga tidak memenuhi syarat untuk menjadi pencetak poin lap tercepat. Dani Clos adalah pencetak poin sebagai pengganti lap tercepat dari mereka yang finis di 10 besar.
  5. ^ Sergio Pérez menetapkan lap tercepat, tetapi tidak finis di 10 besar, sehingga tidak memenuhi syarat untuk menjadi pencetak poin lap tercepat. Pastor Maldonado adalah pencetak poin sebagai pengganti lap tercepat dari mereka yang finis di 10 besar.
  6. ^ Sam Bird mencatatkan waktu tercepat di sesi kualifikasi, namun memulai balapan dari pit-lane setelah terhenti di putaran formasi kedua. Posisi terdepan dibiarkan kosong di grid. Karena pembalap di peringkat kedua, yaitu Davide Valsecchi juga terhenti, maka Oliver Turvey, di slot ketiga, menjadi pembalap pertama di grid. Bird dianggap masih memegang posisi terdepan.
  7. ^ Michael Herck menetapkan lap tercepat, tetapi tidak finis di 10 besar, sehingga tidak memenuhi syarat untuk menjadi pencetak poin lap tercepat. Giacomo Ricci adalah pencetak poin sebagai pengganti lap tercepat dari mereka yang finis di 10 besar.
  8. ^ Michael Herck mencatatkan waktu tercepat di sesi kualifikasi, tetapi dia dan tujuh pembalap lainnya menerima penalti turun tiga grid karena mengabaikan bendera kuning. Jérôme d'Ambrosio diakui sebagai peraih posisi terdepan dalam balapan tersebut.[38]
  9. ^ Davide Valsecchi menetapkan lap tercepat, tetapi tidak finis di 10 besar, sehingga tidak memenuhi syarat untuk menjadi pencetak poin lap tercepat. Álvaro Parente adalah pencetak poin sebagai pengganti lap tercepat dari mereka yang finis di 10 besar.
  10. ^ Giedo van der Garde menetapkan lap tercepat, tetapi tidak finis di 10 besar, sehingga tidak memenuhi syarat untuk menjadi pencetak poin lap tercepat. Luiz Razia adalah pencetak poin sebagai pengganti lap tercepat dari mereka yang finis di 10 besar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Glendenning, Mark (2010-07-05). "Exclusive: First shot of new GP2 car". autosport.com. Haymarket Publications. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 July 2010. Diakses tanggal 2010-07-05. 
  2. ^ "Maldonado makes his point with GP2 crown". Castrol Driver Rankings. Autosport; Castrol. 16 September 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-14. Diakses tanggal 7 April 2011. 
  3. ^ Freeman, Glenn, ed. (2009-12-10). "Pit & Paddock: Durango to miss 2010". Autosport. 198 (11): 23. 
  4. ^ English, Steven (2009-10-12). "Bianchi to step up to GP2 with ART". autosport.com. Haymarket Publications. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-10-15. Diakses tanggal 2009-10-12. 
  5. ^ English, Steven (2009-11-30). "ART signs Bird for GP2 season". autosport.com. Haymarket Publications. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 December 2009. Diakses tanggal 2009-11-30. 
  6. ^ O'Leary, Jamie (2009-11-18). "Van der Garde joins Addax for 2010". autosport.com. Haymarket Publications. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 November 2009. Diakses tanggal 2009-11-18. 
  7. ^ Beer, Matt (2009-12-09). "Perez rejoins Addax for 2010". autosport.com. Haymarket Publications. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 January 2010. Diakses tanggal 2009-12-09. 
  8. ^ a b Van de Burgt, Andrew, ed. (2010-01-14). "Pit & Paddock: Super Nova opts for rookies in GP2". Autosport. 199 (2): 22. 
  9. ^ a b "Filippi to replace recovering Kral at Silverstone". GPUpdate.net. GPUpdate. 2010-07-05. Diakses tanggal 2011-01-30. 
  10. ^ a b Elizalde, Pablo (2010-03-02). "Racing Engineering completes line-up". autosport.com. Haymarket Publications. Diakses tanggal 2010-03-02. 
  11. ^ a b "Tung to replace Vietoris". racing-engineering.com. Racing Engineering. 2010-11-12. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-07-22. Diakses tanggal 2010-11-12. 
  12. ^ Anderson, Ben (2009-10-14). "Turvey gets iSport GP2 seat". autosport.com. Haymarket Publications. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 October 2009. Diakses tanggal 2009-10-14. 
  13. ^ "Valsecchi, iSport confirm 2010 deal". crash.net. Crash Media Group. 2009-12-23. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-08-29. Diakses tanggal 2009-12-23. 
  14. ^ a b Cooper, Adam (2010-01-31). "Tung, D'Ambrosio Land Renault Test Roles". speedtv.com. Speed. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 February 2010. Diakses tanggal 2010-01-31. This year D’Ambrosio and Tung will be teammates at DAMS, running in Renault colors. 
  15. ^ a b "Romain Grosjean joins Dams in Hockenheim". GP2 Series. GP2 Motorsport Limited. 2010-07-20. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 July 2010. Diakses tanggal 2010-07-20. 
  16. ^ a b c d e f "Round 8 preview – Spa Francorchamps". GP2 Series. GP2 Motorsport Limited. 2010-08-26. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 August 2010. Diakses tanggal 2010-08-26. 
  17. ^ O'Leary, Jamie (2009-11-20). "Piquet GP changes name". autosport.com. Haymarket Publications. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 November 2009. Diakses tanggal 2009-11-20. 
  18. ^ a b "Luiz Razia and Pastor Maldonado set to join Rapax in 2010 GP2 Series". GP2 Series. GP2 Motorsport Limited. 2010-03-23. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 March 2010. Diakses tanggal 2010-03-23. 
  19. ^ Beer, Matt (2010-01-15). "Pic to contest full season with Arden". autosport.com. Haymarket Publications. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 January 2010. Diakses tanggal 2010-01-15. 
  20. ^ a b c "GP2 Series: Llista d'inscrits / Entry list" (PDF). circuitcat.com. Circuit de Catalunya. 2010-05-04. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2011-07-23. Diakses tanggal 2010-05-05. 
  21. ^ a b "Ocean Racing Technology teams up with Leimer and Chilton". GP2 Series. GP2 Motorsport Limited. 2010-01-15. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-04-07. Diakses tanggal 2010-10-15. 
  22. ^ Beer, Matt (2010-01-20). "Valerio moves to Coloni for 2010". autosport.com. Haymarket Publications. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 January 2010. Diakses tanggal 2010-01-20. 
  23. ^ a b "Jakes with Coloni in Abu Dhabi". ItaliaRacing.net. Inpagina. 2010-11-11. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-10-08. Diakses tanggal 2010-11-11. 
  24. ^ "Vladimir Arabadzhiev and Scuderia Coloni together in GP2 Series". Flagworld. Flagworld Communications Inc. 2010-03-22. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-27. Diakses tanggal 2010-03-22. 
  25. ^ a b Beer, Matt (2010-09-08). "Hartley joins GP2 with Coloni". autosport.com. Haymarket Publications. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 September 2010. Diakses tanggal 2010-09-08. 
  26. ^ "Johnny Cecotto joins Trident Racing". GP2 Series. GP2 Motorsport Limited. 2010-03-23. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 March 2010. Diakses tanggal 2010-03-23. 
  27. ^ a b "Edoardo Piscopo joins Trident Racing". GP2 Series. GP2 Motorsport Limited. 2010-09-06. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 September 2010. Diakses tanggal 2010-09-08. 
  28. ^ a b "Leo debutta ad Abu Dhabi con Trident". ItaliaRacing.net (dalam bahasa Italia). Inpagina. 8 November 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 December 2010. Diakses tanggal 8 November 2010. 
  29. ^ "Trident Racing with Adrian Zaugg in 2010 GP2 Series". GP2 Series. GP2 Motorsport Limited. 2010-05-04. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-07-03. Diakses tanggal 2010-05-05. 
  30. ^ "Ricardo Teixeira chega hoje ao país". Jornal dos Desportos (dalam bahasa Portugis). Vocento. 2010-02-07. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-08-19. Diakses tanggal 2010-02-15. 
  31. ^ "Roldán Rodríguez anuncia que no competirá la próxima temporada". El Norte de Castilla (dalam bahasa Spanyol). Vocento. 2010-01-12. Diakses tanggal 2010-01-12. 
  32. ^ "Josef Kral on the mend". GP2 Series. GP2 Motorsport Limited. 2010-07-02. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 July 2010. Diakses tanggal 2010-07-05. 
  33. ^ English, Steven (2009-12-18). "Abu Dhabi to host GP2 finale". autosport.com. Haymarket Publications. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 December 2009. Diakses tanggal 2009-12-18. 
  34. ^ "Portimao round cancelled". GP2 Series. GP2 Motorsport Limited. 2010-05-08. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 May 2010. Diakses tanggal 2010-05-08. 
  35. ^ "GP2 Calendar". Motorsportstats.com. Diakses tanggal 22 December 2021. 
  36. ^ "Tyres". F2fanatic.wordpress.com. Diakses tanggal 22 December 2021. 
  37. ^ "GP2 Fastest laps". results.motorsportstats.com. Motorsport Stats. Diakses tanggal 25 July 2020. 
  38. ^ "Herck penalty gives d'Ambrosio pole". Autosport.com. Diakses tanggal 22 December 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]