Sepuluh Pelukis Amerika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Ten di 1908

Sepuluh Pelukis Amerika (juga dikenal sebagai The Ten) adalah kelompok seniman yang dibentuk pada tahun 1898 untuk memamerkan karya mereka sebagai satu kelompok. John Henry Twachtman, J. Alden Weir, dan Childe Hassam adalah kekuatan pendorong di belakang organisasi. Tidak puas dengan konservatisme pendirian seni Amerika, tiga seniman merekrut tujuh orang lainnya dari Boston, New York City, dan tempat lain di Pantai Timur, dengan tujuan menciptakan masyarakat pameran yang menghargai pandangan mereka tentang orisinalitas, imajinasi, dan kualitas pameran. . Sepuluh mencapai kesuksesan populer dan kritis,[1] dan berlangsung dua dekade sebelum larut.

Yayasan[sunting | sunting sumber]

Di Amerika, gaya lukisan populer biasanya berasal dari pantai timur di kota-kota seperti New York dan Boston. The Ten melanjutkan tradisi seniman membentuk kelompok baru sebagai reaksi atas kurangnya dukungan dari kelompok seniman yang ada. Dengan demikian, National Academy of Design (didirikan pada tahun 1825 oleh siswa yang tidak puas dengan konservatisme American Academy of the Fine Arts yang lebih tua) akhirnya menjadi terlalu konservatif untuk disesuaikan dengan para seniman yang pada tahun 1877 memprakarsai Society of American Artists agar mereka bisa bertemu dan memamerkan karya mereka secara kolektif. Sepuluh Pelukis Amerika lahir dari kelompok ini pada tahun 1898, ketika Twachtman, Weir, dan Hassam menemukan Society memusuhi gaya Impresionis yang mereka adopsi. Meninggalkan grup dianggap sebagai langkah berani oleh masyarakat umum, tetapi Society of American Artists merasa bahwa lebih mudah membiarkan anggota yang keluar pergi daripada menenangkan mereka.

Impresionisme[sunting | sunting sumber]

Impresionisme adalah gerakan seni Prancis yang muncul pada tahun 1870-an, dan diangkat oleh pelukis Amerika menjelang akhir abad ke-19. Pelukis seperti Edgar Degas, Claude Monet dan Auguste Renoir umumnya dianggap sebagai master gerakan impresionis. Lukisan impresionis akan sering menggunakan sedikit warna untuk membuat lukisan itu dapat dibedakan dari jauh, tetapi tidak dapat dibedakan dari dekat.[2]

Anggota[sunting | sunting sumber]

Anggota pendiri The Ten adalah Frank W. Benson, Joseph Rodefer DeCamp, Thomas Wilmer Dewing, Childe Hassam, Willard Leroy Metcalf , Robert Reid, Edward Simmons, Edmund C. Tarbell, John Henry Twachtman, dan J. Bendung Alden. Semuanya adalah mantan anggota Society of American Artists. Winslow Homer menolak undangan untuk bergabung dengan grup; Abbott Handerson Thayer menerima keanggotaan tetapi mengundurkan diri sebelum pameran pertama kelompok tersebut. Setelah J. H. Twachtman meninggal pada tahun 1902, William Merritt Chase bergabung menggantikannya. Persetujuan bulat diperlukan untuk menerima anggota baru ke dalam masyarakat.[3] Juga diputuskan bahwa tidak akan pernah ada kurang dari sepuluh anggota yang aktif agar grup tetap menjadi satu.

Selama dua puluh tahun The Ten dipamerkan di New York, Boston, Philadelphia, dan kota-kota Amerika lainnya. Setelah ini dibubarkan karena kematian di jajarannya dan kurangnya minat publik.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ “Ten American Painters: The First Exhibition, Catalogue of the Pictures, from the Thomas Wilmer Dewing and Dewing Family Papers - Image and Media Gallery | Archives of American Art, Smithsonian Institution.” Accessed September 16, 2015. http://www.aaa.si.edu/collections/items/detail/ten-american-painters-first-exhibition-catalogue-pictures-14281.
  2. ^ “Impressionism.” Accessed September 21, 2015. http://www.artmovements.co.uk/impressionism.htm.
  3. ^ a b Brockett, Erik. "The Ten American Painters". Antiques & Fine Art Magazine. Diakses tanggal 10 September 2015.