Sepah padang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sepah padang
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
P. divaricatus
Nama binomial
Pericrocotus divaricatus
(Raffles, 1822)

Sepah padang (Pericrocotus divaricatus) adalah spesies burung dalam famili Campephagidae.

Penyebaran dan subspesies[sunting | sunting sumber]

Burung ini berasal dari Asia timur-laut dan China timur. Pada musim dingin, bermigrasi ke selatan sampai Asia tenggara, Filipina, dan Sunda Besar. Terdiri dari dua subspesies, dengan daerah persebaran:[2]

  1. P. d. divaricatus (Raffles, 1822), berbiak di Siberia tenggara (dari Amurland ke selatan), China timur-laut (terutama di Nei Mongol, Heilongjiang dan Jilin), Korea dan Japan, juga di Taiwan; bermigrasi ke Asia tenggara, Sunda Besar dan Filipina, juga ke India.
  2. P. d. tegimae (Stejneger, 1887), Kepulauan Ryukyu; dan juga tercatat berbiak di Jepang selatan (Kyushu).

Tempat hidup dan kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Pengunjung tidak tetap di dataran rendah pesisir, jarang ditemukan pada ketinggian lebih dari 900 m dpl di Sumatra dan Kalimantan bagian utara. Memburu serangga pada tajuk pohon. Sewaktu terbang, kurang terlihat mencolok dibandingkan dengan burung sepah yang berwarna terang. Membentuk kelompok hingga 15 ekor.[2]

Morfologi[sunting | sunting sumber]

Pericrocotus divaricatus berukuran sekitar 18,5-20 cm. Sepah padang jantan ditandai dengan kepala berwarna hitam. Mahkota depan dan bagian bawahnya berwarna keputihan. Bulu ekor bagian atas berwarna abu-abu. Betinanya dibedakan dengan warna abu-abu pucat di bagian atas dan adanya garis kehitaman di dahi [3].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2013). "Pericrocotus divaricatus". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2013.2. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 26 November 2013. 
  2. ^ a b "Sepah Padang". Kutilang Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-03-31. Diakses tanggal 31 Maret 2014. 
  3. ^ Robson, Craig (2007). NEW HOLLAND FIELD GUIDE TO THE BIRDS OF SOUTH-EAST ASIA : THAILAND, PENINSULAR MALAYSIA, SINGAPORE, VIETNAM, CAMBODIA, LAOS, MYANMAR. London: New Holland. hlm. 176.