Senna (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Senna
Senna.jpg
Poster rilis teatrikal
SutradaraAsif Kapadia
ProduserTim Bevan
Eric Fellner
James Gay-Rees
PenulisManish Pandey
PemeranAyrton Senna
Alain Prost
Frank Williams
Ron Dennis
MusikAntonio Pinto
SinematografiJake Polonsky
PenyuntingChris King
Gregers Sall
Perusahaan
produksi
DistributorUniversal Pictures
Tanggal rilis
  • 07 Oktober 2010 (2010-10-07) (Suzuka, Mie)
  • 25 Mei 2011 (2011-05-25) (Prancis)
  • 03 Juni 2011 (2011-06-03) (Inggris: terbatas)
Durasi
106 menit[1]
NegaraInggris
Prancis
BahasaInggris
Portugis
Prancis
Jepang
Pendapatan kotor$10,9 juta[2]

Senna adalah film dokumenter Inggris tahun 2010 yang menggambarkan kehidupan dan kematian juara balap mobil Brasil Ayrton Senna, yang disutradarai oleh Asif Kapadia. Film ini diproduksi oleh StudioCanal, Working Title Films, dan Midfield Films, dan didistribusikan oleh perusahaan induk dari dua perusahaan produksi terakhir, Universal Pictures.

Narasi film ini berfokus pada karier balap Senna di Formula Satu, dari debutnya di Grand Prix Brasil 1984 sampai kematiannya dalam sebuah kecelakaan di Grand Prix San Marino 1994, dengan penekanan khusus pada persaingannya dengan sesama pembalap Alain Prost. Ini terutama bergantung pada arus puncak arena pacu dan klip video rumah yang disediakan oleh keluarga Senna, bukan wawancara video retrospektif, dan tidak memiliki komentar formal.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini dimulai dengan kedatangan Senna menjadi pembalap Formula Satu pada musim 1984, secara singkat membahas waktunya di Toleman dan Lotus sebelum berkonsentrasi pada waktunya bersama Tim Inggris McLaren - asosiasi yang membawa kenaikannya ke Fali Global - dan menjadi juara dunia. Drama periode ini dari karirnya berpusat pada persaingannya dengan rekan setimnya Alain Prost, dan perjuangan politiknya dengan kepala FISA Jean-Marie Balestre, klimaks selama musim 1989 dan 1990, ketika Senna dan Prost terlibat dalam bentrokan kontroversial yang memutuskan gelar Juara Dunia Pembalap, pada tahun 1989 untuk Prost dan pada tahun 1990 untuk Senna.

Film ini menggambarkan dinamika yang semakin kompleks dan keributan yang menandai tahun-tahun Senna sebagai juara dunia, perjuangannya untuk meningkatkan keselamatan olahraga, dan reaksinya ketika menyaksikan kecelakaan dan akhirnya kematian sesama pembalap Austria Roland Ratzenberger sehari sebelum masa hidupnya. Kami melihat dan mendengar melalui sudut pandang Senna bahwa komputerisasi yang inovatif pada tahun-tahun ini mengarah pada dominasi teknologi mobil Williams, dengan Prost bergabung dengan Williams dan, dalam perselisihan dengan Senna, menolak untuk bergabung dengan Senna lagi. Film dokumenter ini mencapai puncaknya ketika Prost pensiun dan Senna mengambil posisi sebagai pembalap juara bersama Williams, tim yang berbasis di Grove pada tahun 1994, tepat ketika Formula Satu mengatur perubahan, melarang komputerisasi, dan mobil-mobil Williams mengalami konfigurasi ulang yang cepat yang terbukti berakibat fatal. Pada akhir pekan puncak hidupnya, di Grand Prix San Marino tahun itu, rekaman menunjukkan Senna di bawah tekanan yang ekstrem, bermasalah karena kondisi keselamatan mengungkapkan kelemahan mereka dalam satu kecelakaan trek setelah lainnya selama tiga hari berturut-turut. Rubens Barrichello cedera dalam kecelakaan saat kualifikasi Jumat, Ratzenberger tewas dalam kecelakaan saat kualifikasi terakhir pada 30 April, dan pada awal lomba JJ Lehto tidak bisa start dan dihantam dengan kecepatan tinggi oleh Pedro Lamy. Mobil keselamatan dibawa keluar, dan ketika balapan dilanjutkan, Senna mengalami kecelakaan fatal di putaran ke-7. Film ini diakhiri dengan keluarga Senna dan teman-teman dekatnya dari Formula Satu yang berkabung atas kehilangannya di pemakamannya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Sebuah pemutaran khusus Senna diadakan pada 7 Oktober 2010 di Grand Prix Jepang 2010, di Sirkuit Suzuka di Suzuka, Prefektur Mie, Jepang.[3] Premiere dunia resmi diadakan di Cinemark Theatre di Sao Paulo, Brasil pada 3 November 2010.[4] Film ini dirilis di Brasil pada 12 November 2010 dan Inggris pada 3 Juni 2011.

Media rumah[sunting | sunting sumber]

Di Jepang dan Brasil, film ini dirilis pada DVD dan Blu-ray Disc masing-masing pada tanggal 21 dan 24 Maret 2011. Pada 11 Oktober dirilis ke media rumah di Inggris dan dirilis pada 6 Maret 2012 di Amerika Serikat.

Dua versi film ini dirilis, satu di bioskop, DVD, Netflix, iTunes, dan Blu-ray Disc. Yang lain hanya tersedia di Inggris dalam cakram Blu-ray berlapis ganda, memperpanjang panjang film dengan lebih banyak wawancara dan informasi orang dalam.

Film ini memiliki edisi kotak set terbatas khusus, yang menyediakan DVD film, Blu-Ray Disc berlapis ganda dan model salah satu mobil balap Senna.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "SENNA (12A)". British Board of Film Classification. 22 Februari 2011. Diakses tanggal 8 Desember 2014. 
  2. ^ "Senna (2010)". The Numbers. Diakses tanggal 1 Februari 2013. 
  3. ^ "Senna screened at Japanese Grand Prix". Working Title Films. 14 Oktober 2010. Diakses tanggal 7 Januari 2012. 
  4. ^ "Senna Premiere São Paulo Brazil". Working Title Films. 4 November 2010. Diakses tanggal 7 Januari 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]