Senjata multikru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
US Navy 090421-N-5538K-041 Sailors prepare a 25mm crew-served weapon before a live-fire exercise aboard the amphibious assault ship USS Essex (LHD 2).jpg

Senjata multikru (bahasa Inggris: Crew-served weapon)[1] adalah sistem senjata yang memerlukan kru dari lebih dari satu individu, kebalikan dari senjata individu senjata biasa yang cukup dioperasikan sendirian. Senjata-senjata jenis ini memang lebih efisien dioperasikan bersama karena kompleksitas operasionalnya, contohnya satu orang bertugas mengisi amunisi sementara yang lain bertugas menambak. Berat dan jumlah dari senjatanya, terkadang dibutuhkan beberapa personil untuk melakukan transportasi.

Senjata multikru yang dioperasikan oleh infanteri contohnya adalah senapan berpresisi tinggi/beraplikasi khusus, senapan anti-materiel, senapan mesin medium, senapan mesin berat, peluncur granat otomatis, mortir dengan kaliber kurang dari 120 mm (4.72 inci), senjata anti-tank, senjata anti-pesawat, senapan tak berekoil, senjata rudal portabel, dan anti-tank statis dan rudal anti-pesawat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]