Seni kinetik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


George Ricky Four Squares in Square Arrangement, 1969, terrace of the New National Gallery, Rickey dianggap sebagai pematung kinetik.
Naum Gabo,Kinetic Construction, disebut juga Standing Wave (1919–20)

Seni kinetik adalah seni dari media yang berisi gerakan yang dapat dipahami oleh pirsawan atau bergantung pada efek gerakan. Lukisan kanvas yang memperluas perspektif pirsawan tentang karya seni dan gabungan gerakan multidimensi adalah contoh paling awal dari seni kinetik.[1] Lebih tepatnya, seni kinetik adalah istilah yang saat ini paling sering mengacu pada patung dan gambar tiga dimensi seperti ponsel yang bergerak secara alami atau pengoperasian mesin (seperti contoh video di halaman ini pada karya George Rickey, Uli Aschenborn dan Sarnikoff). Bagian yang bergerak umumnya ditenagai oleh angin, motor atau pengamat.[2] Berbagai teknik dan gaya yang tumpang tindih tercakup didalam seni kinetik.

Bagian seni kinetik juga ada yang mencakup gerakan virtual atau lebih tepatnya gerakan yang dirasakan hanya dari sudut tertentu dari karya tersebut. Istilah yang digunakan banyak orang ini juga sering dikaitkan dengan istilah "gerakan semu" yang merujuk pada karya seni yang gerakannya diciptakan oleh motor, mesin, atau sistem bertenaga listrik. Gaya seni kinetik yang mencakup gerakan semu dan virtual baru-baru ini diperdebatkan sebagai gaya seni op.[3] Banyaknya tumpah tindih antara seni kinetik dan seni op tidak cukup signifikan bagi seniman dan sejarawan seni untuk mempertimbangkan penggabungan dua gaya di bawah satu payung istilah, tetapi ada perbedaan yang belum dibuat.

"Seni kinetik" dikembangkan dari sejumlah sumber sebagai moniker. Seni kinetik berawal dari seniman impresionis akhir abad ke-19 seperti Claude Monet, Edgar Degas, dan Édouard Manet yang awalnya bereksperimen dengan menonjolkan gerakan figur manusia di atas kanvas. Tiga serangkai pelukis impresionis ini semuanya berusaha menciptakan seni yang lebih hidup daripada orang-orang pada zamannya. "Realisme fotografis" yang diyakini oleh mereka dapat dicontohkan dari Potret penari dan kuda pacu Degas.[4] Selama akhir abad ke-19, seniman seperti Degas merasa perlu untuk menantang gerakan menuju fotografi dengan lanskap dan potret yang jelas dan berirama.

Pada awal tahun 1900-an, seniman tertentu semakin terbuka menganggap seni mereka sebagai gerakan dinamis. Naum Gabo merupakan salah satu dari dua seniman yang dikaitkan dengan penamaan gaya ini, sering menulis tentang karyanya sebagai contoh "ritme kinetik".[5] Dia merasa bahwa patungnya yang bergerak Kinetic Construction (disebut juga Standing Wave, 1919–20)[6] adalah yang jenis pertama di abad ke-20. Dari tahun 1920-an hingga 1960-an, sejumlah seniman membentuk kembali gaya seni kinetik dengan bereksperimen melalui ponsel dan bentuk patung baru.

Gerakan semu dan Seni op[sunting | sunting sumber]

Gerakan semu adalah istilah yang dianggap berasal dari seni kinetik yang berkembang hanya pada 1950-an. Sejarawan seni meyakini bahwa semua jenis seni kinetik yang bergerak secara independen dari pirsawan memiliki gerakan yang jelas. Gaya ini mencakup karya yang berkisar dari teknik tetesan Pollock hingga ponsel pertama Tatlin. Pada 1960-an, sejarawan seni lainnya mengembangkan frasa "op art" untuk merujuk pada ilusi optik dan semua seni stimulasi optik yang ada di kanvas atau stasioner. Frasa ini sering berbenturan dengan aspek-aspek tertentu dari seni kinetik yang mencakup ponsel yang umumnya tidak bergerak.[7][8]

Pada tahun 1955, untuk pameran Mouvements di galeri Denise René di Paris, Victor Vasarely dan Pontus Hulten mempromosikan "Yellow manifesto" mereka dengan beberapa ekspresi kinetik baru berdasarkan fenomena optik dan bercahaya serta lukisan ilusionisme. Ungkapan "seni kinetik" dalam bentuk modern ini pertama kali muncul di Museum für Gestaltung Zürich pada tahun 1960, dan menemukan perkembangan utamanya pada tahun 1960-an. Di sebagian besar negara Eropa, umumnya termasuk bentuk seni optik yang terutama menggunakan ilusi optik, seperti seni op, diwakili oleh Bridget Riley, serta seni berbasis gerakan yang diwakili oleh Yacov Agam, Carlos Cruz-Diez, Jesús Rafael Soto, Gregorio Vardanega, Martha Boto atau Nicolas Schöffer. Dari tahun 1961 hingga 1968, GRAV (Groupe de Recherche d'Art Visuel) yang didirikan oleh François Morellet, Julio Le Parc, Francisco Sobrino, Horacio Garcia Rossi, Yvaral, Joël Stein dan Vera Molnár adalah kelompok kolektif seniman opto-kinetik. Menurut manifestonya tahun 1963, GRAV mengimbau partisipasi langsung masyarakat dengan pengaruh pada perilakunya, terutama melalui penggunaan labirin interaktif.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Popper, Frank (1968). Origins and Development of Kinetic Art. New York Graphic Society. 
  2. ^ Lijn, Liliane (2018-06-11). "Accepting the Machine: A Response by Liliane Lijn to Three Questions from Arts". Arts. 7 (2): 21. doi:10.3390/arts7020021. 
  3. ^ Popper, Frank (2003), "Kinetic art", Oxford Art Online, Oxford University Press, doi:10.1093/gao/9781884446054.article.t046632 
  4. ^ Leaper, Laura E. (2010-02-24), "Kinetic art in America", Oxford Art Online, Oxford University Press, doi:10.1093/gao/9781884446054.article.t2085921 
  5. ^ Popper, Frank (1968). Kinetics. 
  6. ^ Brett, Guy (1968). Kinetic art. London, New York: Studio-Vista. ISBN 978-0-289-36969-2. OCLC 439251. 
  7. ^ "Op art". Encyclopedia Britannica. 
  8. ^ "Art cinétique". Site Internet du Centre Pompidou (dalam bahasa Prancis). 

Link Eksternal[sunting | sunting sumber]