Senandung (seri televisi 2016)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Senandung (sinetron))

Senandung
Poster resmi
Genre
PembuatMD Entertainment
Ditulis olehDono Indarto
SkenarioDono Indarto
SutradaraAnto Agam
Pemeran
Penggubah lagu temaSiti Badriah
Lagu pembuka"Senandung Cinta" — Siti Badriah
Lagu penutup"Senandung Cinta" — Siti Badriah
Penata musik
  • Nikanor RS Hariprawiro
  • Rico Hutajulu
  • Ridwan Tandy
  • Ofel Obaja
Negara asalIndonesia
Bahasa asliBahasa Indonesia
Jmlh. musim2
Jmlh. episode192
Produksi
Produser eksekutifFerry Yusuf Harahap
Produser
Pengaturan kameraTurpin Sihombing
Durasi60 menit
Rumah produksiMD Entertainment
DistributorMedia Nusantara Citra
Rilis asli
JaringanMNCTV
RilisSenin, 23 Mei –
Jum'at, 16 Desember 2016
Acara terkait
Surga Yang Ke 2
Mermaid In Love

Senandung adalah serial televisi Indonesia produksi MD Entertainment yang ditayangkan perdana 23 Mei 2016 pukul 20.15 WIB di MNCTV. Serial ini disutradarai oleh Anto Agam dan dibintangi oleh Siti Badriah, Hengky Kurniawan, dan Dicky Wahyudi.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Berkisah tentang Senandung (Siti Badriah), seorang gadis desa yang memiliki suara merdu. Ayah Senandung (Dicky Wahyudi) adalah orang terkaya di desanya. Ibu kandung Senandung sudah meninggal. Ayah Senandung kemudian menikah kembali dengan seorang wanita bernama Diana (Helsi Herlinda). Diana ini janda yang sudah punya 2 anak. Anaknya bernama Puput (Ucie Sucita) dan Pipit (Vizza Dara).

Ayah Senandung membawa Diana dan kedua anaknya Puput dan Pipit ke rumahnya. Malang bagi Senandung ternyata ibu tirinya,Diana dan kedua saudara tirinya tidak bersikap baik kepadanya. Mereka hanya berpura-pura baik saja ketika ada ayah Senandung tetapi ketika ayah Senandung berangkat kerja mereka mencoba menganiaya Senandung. Tapi bukan Senandung namanya kalau dia tidak bisa membalas mereka dan akhirnya malah membuat Diana dan kedua anaknya kelabakan.

Pada suatu waktu Ayah Senandung meninggal dunia. Setelah meninggal ayah Senandung, Diana menguasai harta kekayaan ayah Senandung. Diana yang mengontrol rumah Senandung. Semua pembantu dipecat oleh Diana, tetapi Mak Imah (Firda Razak) pembantu sekaligus pengasuh Senandung sejak kecil, dan Dadang (Kris Anjar), anak Mak Imah yang juga menaruh hati sama Senandung, memohon untuk dibiarkan tinggal karena mereka ingin menemani Senandung meskipun tidak dibayar.

Senandung sedih dan menyanyi. Dia meratapi kematian ayahnya. Kebetulan di desa itu sedang ada off road, Gibran (Hengky Kurniawan) dan Jojo (Ray Rendy) adalah salah satu pesertanya. Di tengah hujan, Gibran mendengar suara Senandung menyanyi. Gibran penasaran siapa pemilik suara merdu itu. Gibran nggak sengaja nyaris menabrak Mak Imah dan akhirnya berdebat dengan Senandung.

Pada suatu waktu di TV, ada reality show pemilihan penyanyi dangdut, Diana berencana memanfaatkan Senandung. Diana pergi ke Jakarta membawa Senandung serta kedua anaknya untuk ikut acara itu. Ternyata Diana mendaftarkan Puput ke acara tersebut dan membuat Senandung bernyanyi lipsync untuk Puput. Diana mengancam akan menjual rumah dan tanah keluarga Senandung kalau Senandung menolak. Yang lebih mengejutkan lagi, ternyata stasiun TV yang mengadakan acara tersebut adalah milik Gibran.

Puput dan Pipit anak Diana tidak bisa nyanyi. Senandung yang bisa nyanyi dan suaranya sangat merdu. Produser pemilik rekaman berusaha mencari siapa pemilik suara merdu itu tetapi Diana dan anak-anaknya menyembunyikan Senandung supaya tidak ditemukan produser itu padahal Senandung yang merupakan pemlik suara merdu itu.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran
Siti Badriah Senandung
Hengky Kurniawan Gibran
Dicky Wahyudi Ayah Senandung
Helsi Herlinda Diana
Ucie Sucita Puput
Vizza Dara Pipit
Firda Razak Mak Imah
Nima Ata Inez
Lavanya Bhardwaj Evan
Tengku Resi Revado Lestari
Kris Anjar Dadang
Ray Rendy Jojo
Mozza Kirana Mentari
Cathy Fakandi Alya
Irene Librawati Ibu Gibran / Sukma
Dwi Yan Ayah Gibran
Mastur Mastur
Felix William Smith Prasetya
Nadira Sungkar Devi
Aida Demimor Bi Sumi
Andrew Andika Ivan
Reea J. C. Donnelly Anita

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Penerima Hasil Ref.
2016 Panasonic Gobel Awards 2016 Drama Seri Terfavorit Senandung Nominasi

Pranala luar[sunting | sunting sumber]