Selupu Rejang, Rejang Lebong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Selupu Rejang
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Bengkulu
Kabupaten Rejang Lebong
Pemerintahan
 • Camat Mizan Syakroni, SP, M.Si
Luas 172,95 km2 atau 17295 Ha;
Jumlah penduduk 28683 jiwa (tahun 2014)
Kepadatan 166 jiwa/km²
Desa/kelurahan Air Duku

Selupu Rejang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, Indonesia. Yang ibu kota nya Air duku. Camat Selupu Rejang adalah Mizan Syakroni, SP, M.Si. Yang baru dilantik tanggal 16 September 2014. Kecamatan Selupu Rejang terdiri dari 16 Desa dan Kelurahan. Yaitu 3 Kelurahan dan 13 Desa.

1. Kelurahan Simpang Nangka

2. Kelurahan Cawang Baru

3. Kelurahan Air Duku

4. Desa Cawang Lama

5. Desa Kayu Manis

6. Desa Kampung Baru

7. Desa Air Putih Kali Bandung

8. Desa Kali Padang

9. Desa Sambirejo

10. Desa Air Meles Atas

11. Desa Sumber Bening

12. Desa Suban Ayam

13. Desa Sumber Urip

14. Desa Karang Jaya

15. Desa Mojorejo

16. Desa Talang Lahat

GEOGRAFI DAN IKLIM

Luas wilayah Kecamatan Selupu Rejang 17295 Ha. Kecamatan ini terletak pada astronomi antara 03o, 4558 Lintang Selatan dan antara 102o, 6131 Bujur Timur.Topografi Kecamatan Selupu Rejang bergelombang hingga berbukit. Rata – rata ketinggian tempat dari permukaan air laut 968,31 m dpl, memiliki udara yang sejuk dengan suhu udara rata-rata berkisar 23,24oC. Kecamatan ini di sebelah utara berbatasan dengan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Sindang Kelingi, Kecamatan Padang Ulak Tanding dan Kecamatan Binduriang, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Kepahiang dan wilayah Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Curup Utara dan Kecamatan Curup Timur.

SOSIAL

1. Pendidikan

Di Kecamatan Selupu Rejang terdapat sekolah negeri dan sekolah swasta. Untuk sekolah negeri, Pada tahun 2014 di Kecamatan Selupu Rejang terdapat 1 TK negeri di Kelurahan Air Duku, 16 Sekolah Dasar (SD), 5 Sekolah Menengah Pertama (SMP), 1 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 1 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).Sedangkan sekolah swasta terdapat 3 TK/RA, 2 Madrasah Ibtidaiyah (MI), 3 Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 2 Madrasah Aliyah (MA), sedangkan SMK swasta belum tersedia. Sekolah Dasar (SD) negeri terdapat di semua desa/kelurahan di Kecamatan Selupu Rejang. Sedangkan untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) berada di Desa Kayu Manis, Suban Ayam, Sambirejo, Sumber Urip, Kelurahan Simpang Nangka; selanjutnya Sekolah Menengah Atas (SMA) berada di Desa Air Meles Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berada di Desa Sumber Bening.

2. Kesehatan

Di Kecamatan Selupu Rejang pada tahun 2014 masih terdapat 3 puskesmas induk yaitu puskesmas Simpang Nangka, puskesmas Sambirejo dan puskesmas Sumber Urip, 7 Puskesmas Pembantu, dan 1 Puskesmas Keliling.

3. Agama

Penganut agama di Kecamatan Selupu Rejang sebagian besar menganut agama Islam berjumlah 28519 orang dan sebagian lainnya adalah penganut agama Katholik 16 orang, Kristen lain 144 orang dan Budha 4 orang. Agama Islam tersebar merata di setiap Desa / Kelurahan. Ditinjau dari fasilitas peribadatan yang dimiliki oleh setiap Desa / Kelurahan di Kecamatan Selupu Rejang bahwa pada tahun 2014 tercatat jumlah masjid sebanyak 23 unit yang merata ada di setiap Desa / Kelurahan ; surau/langgar sebanyak 5 unit; mushola sebanyak 32 unit; gereja sebanyak 1 unit yang terletak di Desa Karang Jaya.