Selena (novel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Selena
PengarangTere Liye
Negara Indonesia
BahasaIndonesia
Genre
Penerbit
Tanggal terbit
16 Maret 2020
Halaman368 halaman
ISBNISBN 978-602-063-951-2
Didahului olehKomet Minor 
Diikuti olehNebula 

Selena adalah sebuah novel karya Tere Liye, novel ini adalah buku kedelapan dari seri Bumi/serial Dunia Paralel. Diterbitkan pertama kali oleh Gramedia Pustaka Utama tahun 2020. [1]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Buku Selena berlatar di Klan Bulan, menceritakan sosok Selena guru matematika Raib, Seli, dan Ali di Klan Bumi. Kisahnya dimulai saat Selena berusia 15 tahun, menjadi anak yatim piatu karena Ayahnya meninggal, dan kemudian menyusul ibunya, hidup miskin dan tinggal di Distrik Sabit Enam.

Setelah kewafatan Ibunya, Selena diberikan surat wasiat oleh Togra, ketua Distrik Sabit Enam yang sebelumnya dititipkan ibunya untuk Selena. Sesuai wasiat ibunya, ia pindah ke kota Tishri, tinggal bersama dengan pamannya bernama Paman Raf. Karena miskin dan tidak punya uang, tetangganya berbaik hati mengumpulkan uang untuk biaya ke Ibu Kota. Maka berangkatlah Selena, menuju Statiun Sentral Kota Tishri berbekal alamat yang tercantum di dalam surat wasiat. Setelah bertemu dengan pamannya, dia diizinkan tinggal, namun dia tidak tinggal gratis, sebagai kontribusi karena sudah tinggal dengan keluarga Ibunya, maka pamannya menyuruh dia bekerja dan gabung dengan tim pekerja yang sudah dipekerjakan pamannya, menggarap konstruksi lorong kereta bawah tanah. Sebenarnya, Bibinya sangat tidak setuju Selena bekerja berat seperti itu, sementara Pamannya yang cerewet mana mau berkompromi yang ada Bibi dan Pamannya berantem terus. Selena meyakinkan Bibinya bahwa dia akan baik-baik saja, serta belajar banyak hal baru di lokasi konstruksi.

Suatu hari hal menakjubkan terjadi di area kerja Selena. Ketika para Insinyur dan ketua proyek kesulitan mencari jalan keluar (mengenai penyebab empat kali mata bor patah tidak mampu menembus dinding), Selena memberi masukan yang sangat mengejutkan. Ia memiliki kemampuan merekam apapun yang pertama kali dilihat dengan sangat akurat. Selena bisa mencocokkan dinding di depannya dengan tampilan peta digital, seperti ada proyeksi empat dimensi di kepalanya.Selena yang datang dari desa dan bukan anak sekolahan mampu menjawab permasalahan proyek dengan sedetail ini

Aq, mandor di proyeknya memutuskan mendidik menjadi pekerja konstruksi berbaik. Selena cepat belajar, dia diajari oleh Aq tentang hitungan, tapi Selena belum bisa karena tidak pernah sekolah, terus dikursuskan dasar pelajaran berhitung, dan sangat menyukainya. Aku menyukai pelajaran ini pada detik pertama belajar, jatuh cinta pada pandangan pertama—selain menyukai teknik berdentum, menghilang, dan tameng transparan. Di masa nanti, aku bahkan tidak menyangka akan menjadi guru di Klan Bumi, klan makhluk rendah. Di sana mereka menyebut pelajaran berhitung dengan istilah Matematika. Murid-muridku akan memanggilku Miss Selena. Satu dua memanggilku dengan panggilan spesial: “Miss Keriting.” Aku tidak keberatan. Dan tiga diantara mereka adalah murid terbaik yang beruntung sekali pernah dimiliki seorang guru di seluruh dunia paralel. Mereka bertiga adalah Raib, Seli, dan si genius Ali (halaman 51).

Kemudian sambil mempersiapkan diri untuk kuliah, setelah tinggal 3 tahun, dia diterima di ABTT, kampus impiannya. Ia berkali-kali lolos, kecuali pada tes terakhir dia selalu gagal yaitu tes kekuatan Klan Bulan karena ia tidak terlalu menguasai hal itu sejak kecil walau sering dilatih.Hingga akhirnya ada seseorang bernama Tamus yang menolong Selena dengan membuka kunci segel kekuatan teknik bertarung Selena tapi Selena harus menuruti kemauannya , agar bisa masuk dan lolos di ABTT.

Setelah itu, dari Stasiun Sentral, berangkatlah Selena naik kereta menuju Distrik Lembah Gajah, tempat Akademi Bayangan Tingkat Tinggi berada. Naik kereta terbang, dengan warna perak berkelir keemasan ini melewati kota-kota lain, desa-desa, ladang pertanian subur, melewati berbagai distrik dan menembus perbukitan.Sesuai namanya, Distrik Lembah Gajah terletak di lembah dengan hutan lebat. Tidak ada kota di sana. Hanya ada beberapa pedesaan dengan penduduk bekerja sebagai petani, peternak, dan pemburu, sisanya hamparan hutan yang masih terjaga. Tapi distrik itu penting dan terkenal, karena persis di tengah lembah itu, di sebuah kawasan seluas puluhan hektar, berdiri gagah Akademi Bayangan Tingkat Tinggi. Kampus dengan fasilitas lengkap dan dosen-dosen terbaik. Ada belasan bangunan modern di sana, ruang kelas, laboratorium, ruang latihan, kantin, ruang guru, juga bangunan asrama mahasiswa. Gerbang ABTT berbentuk tongkat khas milik Klan Bulan di kiri dan kanan, yang menjulang sepuluh meter. Bangunan ABTT terlihat, megah, modern, dan futuristik. Dan lokasi ABTT ini mengingatkan saya dengan Kastil Hogwarts, bedanya Hogwarts itu terkesan klasik, sementara ABTT sepertinya fururistik. Semua mahasiswanya mengenakan jubah hitam dengan garis abu-abu.

Karena dulu gagal di ujian demonstrasi kekuatan, ia gagal. Ia tidak lulus seleksi mahasiswa baru ABTT. Selena nekat menerobos masuk di acara inaugurasi penerimaan mahasiswa baru. Meminta satu kesempatan lagi.Ia berhasil melewati penjagaan mahasiswa tingkat atas yang bertugas menjaga keamanan. Pertarungan di aula meledak.Mendadak kemampuan bertarung Selena menjadi dahsyat. Kemampuan teleportasinya semakin sempurna. Pukulan berdentumnya membuat salju berguguran di sekitar.

Berkat keberanian (baca:kenekatan) Selena, ia bertemu dengan Tazk dan Mata. 2 orang yang mulai saat itu telah digariskan untuk menjadi sahabat seumur hidupnya. Mata adalah teman sekamar Selena, yang berasal dari distrik sungai-sungai jauh dengan jurus bertarung yang selalu menakjubkan. Seorang putri dengan keturunan murni. Dan Tazk adalah seorang mantan boyband. yang memiliki kemampuan memimpin dengan baik.Selena, Tazk dan Mata bak 3 serangkai yang tak dapat dipisahkan. Saling melengkapi dan mengisi dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hampir seluruh siswa ABTT merasa iri dengan persahabatan dan kemampuan bertarung mereka. Bahkan mereka mendapatkan banyak hal menantang dibanding siswa lain. Di saat mahasiswa baru belajar teknik bertarung dengan OX, mereka bertiga justru dikirim bertarung melawan robot mutakhir berkemampuan super fantastis.

Mata kuliah di ABTT sangat lengkap dan menantang.Selena mengambil mata kuliah “Malam & Misterinya”, hanya dialah yang mampu menemukan lokasi kelasnya. Dia mengambil mata kuliah ini karena selena ingin menjadi seorang pengintai. Di akhir kuliah Selena dan Tazk adalah mahasiswa terbaik ABTT.Kemampuan Selena meningkat tajam selama berkuliah di ABTT. Tapi bayangan Tamus selalu menghantuinya.

“Semoga kamu juga tidak lupa, akulah yang membuatmu diterima di akademi itu, Selena!”

Ucapan Tamus yang dingin dan mengancam ini selalu memojokkan Selena setiap ia hadir melalui cermin. Dan itu artinya, akan ada tugas baru dari Tamus yang harus diselesaikan Selena sebagai imbalan.Tamus menugaskan untuk mencari data-data yang berkaitan dengan Cawan Keabadian dan potal untuk kesana.Selena sampai harus bersusah payah menyelinap, bertarung, “meminjam sebentar”, berdusta dan menutupi semua ini demi rencana besar Tamus.Hingga suatu hari ia membocorkan rencana Tamus ke Mata dan Tazk karena Selena pun penasaran apa yang dicari Tamus.Berkat bantuan Mata dan Tazk terungkap Cawan Keabadian berada di Klan Nebula.

Referensi[sunting | sunting sumber]