Selar bulat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Selar bulat
Alepes djedaba

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN18158219
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoPerciformes
FamiliCarangidae
GenusAlepes
SpesiesAlepes djedaba
Forsskål, 1775
Distribusi

Selar bulat ( Alepes djedaba ) adalah spesies ikan laut tropis yang tersebar luas dari keluarga jack, Carangidae . Selar bulat tersebar luas di Samudera Hindia barat tropis dan subtropis dan wilayah Samudera Pasifik timur, mulai dari Afrika Selatan di barat hingga Hawaii di timur, termasuk Jepang dan Australia di utara dan selatan. Spesies ini umumnya ditemukan di terumbu pantai dan substrat berpasir. Ini memiliki profil tubuh yang sama dari selar, dan mungkin sulit dibedakan dari yang lain dalam genus Alepes . Ini adalah salah satu jenis selar yang besar, tumbuh hingga 40 cm, tetapi sering dijumpai pada ukuran yang jauh lebih kecil. Selar bulat sering membentuk gerombolan besar, dan bersifat karnivora, memakan berbagai krustasea dan ikan kecil. Ini cukup penting untuk perikanan di seluruh jangkauannya.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Selar bulat dapat tumbuh hingga ukuran besar dibandingkan dengan tambak lainnya, mencapai panjang maksimum yang diketahui 40 cm, tetapi lebih sering terlihat sekitar 25 cm. Selar bulat memiliki profil tubuh yang sangat mirip dengan scad lainnya dan beberapa carangid lain, dengan tubuh lonjong, terkompresi dan profil dorsal dan ventral yang cembung hampir merata. Moncong runcing dan diameter mata hampir sama dengan panjang moncong, dengan kelopak mata adiposa berkembang dengan baik di bagian belakang mata. [2] Ada dua sirip punggung yang cukup tinggi dan terpisah, yang pertama memiliki delapan duri, sedangkan yang kedua memiliki satu duri diikuti oleh 23 hingga 25 sinar lunak . Sirip dubur memiliki dua duri terpisah diikuti oleh satu tulang belakang yang terhubung ke 18 hingga 20 jari lembut. Bagian anterior gurat sisi sangat melengkung, berisi tiga puluh satu hingga tiga puluh enam sisik, sedangkan bagian lurus terdiri dari tujuh puluh tujuh hingga delapan puluh lima sisik . [3]

Warna tubuhnya adalah warna perak secara keseluruhan, dengan corak hijau kebiruan di bagian tubuh atas, sedangkan bagian bawah memudar menjadi warna yang lebih putih. Ada bercak kehitaman yang menyebar di tepi operkulum yang dibatasi oleh bintik putih yang lebih kecil. Sirip punggung berduri, termasuk duri sirip punggung terakhir berwarna kehitaman atau kehitaman, sirip punggung lunak berwarna kehitaman atau kehitaman di atas kelopak bersisik dan tepi lunak atas pertama sampai keempat berwarna keputihan. Bagian tengah sirip dubur di bawah selubung bersisik agak kehitaman atau kehitaman. [2] Sirip ekor seringkali berwarna kuning mencolok, terutama saat segar, dengan cuping ekor bagian atas sering memudar menjadi warna yang lebih gelap. Sisik posterior juga bisa berwarna kuning hingga berkarat, terutama setelah dikeluarkan dari air.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Smith-Vaniz, W.F.; Williams, I. (2016). "Alepes djedaba". 2016: e.T18158219A115367890. 
  2. ^ a b Iwatsuki, Yukio; Seishi Kimura (1996). "First record of the carangid fish, Alepes djedaba (Forsskal) from Japanese waters". Ichthyological Research. 43 (2): 182–185. doi:10.1007/BF02348244. 
  3. ^ Carpenter, Kent E.; Volker H. Niem, ed. (2001). FAO species identification guide for fishery purposes. The living marine resources of the Western Central Pacific. Volume 5. Bony fishes part 3 (Menidae to Pomacentridae) (PDF). Rome: FAO. hlm. 2684. ISBN 92-5-104587-9.