Sekte burkak Haredi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Seorang anggota dari sekte tersebut di Meah Shearim

Sekte burkak Haredi (Ibrani: נשות השָאלִים Nešót HaŠälím, artinya "Wanita (yang mengenakan) Shal"), adalah sebuah kelompok keagamaan, yang utamanya terkonsentrasi di Israel, dimana wanita Yahudi ultra-Ortodoks (Haredi) mengklaim panggilan kesopanan untuk menutupi seluruh tubuh menggunakan burkak, sebuah shal (plural shalim, Indonesia syal), termasuk sebuah cadar yang menutupi wajah. Kelompok tersebut, yang diperkirakan berjumlah sekitar 100 orang pada 2008 dan beberapa ratus pada 2011, terkonsentrasi di kota Beit Shemesh.

Persepsi dalam masyarakat Israel[sunting | sunting sumber]

Sastra[sunting | sunting sumber]

Yair Nehorai, seorang pengacara Israel yang telah mewakilkan individual-individual terlibat dalam kasus "Bunda Taliban" dan ekstrimis ortodoks lainnya, telah menulis sebuah buku yang berdasarkan pada kasus nyata "Bunda Taliban".[1] Buku, "Putra Taliban" telah dirilis dalam terjemahan Ibrani dan Jerman.

Gerakan serupa[sunting | sunting sumber]

Kelompok Haredi lainnya yang menyuruh pengikut perempuan mengenakan syal semacam itu adalah kelompok Lev Tahor dari rabi Israel-Kanada Shlomo Helbrans.[2] Seorang pengklaim Mesianik dan penyembuh rohani dari Tel Aviv bernama Goel Ratzon dikabarkan hidup dengan 32 wanita yang para tetangganya sebut "mengenakan pakaian tertutup yang para tetangga anggap mirip dengan yang dikenakan orang-orang Muslim" sebelum ia ditangkap.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Driving Out the Darkness of the Taliban Mother". Ynet. 25 Januari 2012. Diakses tanggal 14 Juli 2013. 
  2. ^ Oz Rosenberg (5 Oktober 2011). "Court to rule on legality of Israeli ultra-Orthodox 'Taliban sect'". Haaretz. 
  3. ^ Matthew Kalman (18 Januari 2010). "In Israel, the Messiah with More Than 30 'Wives'". Majalah Time. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-08-17. Diakses tanggal 2016-04-17.