Sekretaris Jenderal Partai Buruh Korea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sekretaris Jenderal
Partai Buruh Korea
조선로동당 총비서
Petahana
Kim Jong-un

sejak 11 April 2012
Partai Buruh Korea
GelarKamerad (동지)
JenisPemimpin Partai
Pemimpin Tertinggi
KantorPyongyang
Dicalonkan olehKongres Partai Buruh Korea
Ditunjuk olehKongres Partai Buruh Korea
Masa jabatan5 Tahun
Dasar hukumAD / ART Partai Buruh Korea
Pejabat perdanaKim Jong-bom
Dibentuk13 Oktober 1945; 78 tahun lalu (1945-10-13)

Sekretaris Jenderal Partai Buruh Korea (bahasa Korea : 조선로동당 총비서) adalah Pemimpin Partai Buruh Korea, partai yang sedang berkuasa di Korea Utara dan sering dianggap sebagai Pemimpin Tertinggi Korea Utara. Sekretaris Jenderal Partai juga bertindak sebagai Ketua Komisi Pusat Militer Partai Pekerja Korea, anggota Presidium Politbiro, Politbiro dan Sekretariat Partai.

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Partai Pekerja Korea menetapkan bahwa Sekretaris Jenderal bertindak sebagai perwakilan partai. Selain itu Sekretaris Jenderal Partai Pekerja Korea juga berwenang dalam memimpin dan mengatur jalannya partai[1]. Disamping itu selain memegang jabatan kepartaian, Sekretaris Jenderal juga bertindak sebagai Presiden Urusan Negara (Kepala Negara Korea Utara) dan pemimpin tertinggi Angkatan Bersenjata Korea Utara. Sekretaris Jenderal juga dapat mengotorisasi setiap anggota Presidium Politbiro untuk memimpin persidangan politbiro, serta diwakili oleh Sekretaris Pertama yang dipilih oleh Komite Pusat[1].

Sekretaris Jenderal dipilih oleh Kongres Partai untuk masa jabatan 5 tahun[1]. Namun sebuah Konferensi Partai mungkin dapat bersidang dalam rentang waktu pertemuan Kongres Partai yang juga berwenang dalam memilih Sekretaris Jenderal[1].

Sekretaris Jenderal Partai Buruh Korea saat ini dijabat oleh Kim Jong-un sejak tanggal 10 Januari 2021[2]. Kim Jong-un sebelumnya juga menjabat sebagai Sekretaris Pertama Partai dari tanggal 11 April 2012 sampai tanggal 9 Mei 2016 dan menjabat sebagai Ketua Partai dari tanggal 9 Mei 2016 sampai 10 Januari 2021. Kim Jong-un merupakan anak dari Kim Jong-il, Sekretaris Jenderal Partai Sebelumnya dan cucu dari Kim Il-Sung.

Daftar Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "[표] 북한 노동당 규약 주요 개정 내용". Yonhap News Agency. June 1, 2021. 
  2. ^ "Kim Jong-un Terpilih sebagai Sekjen Partai Buruh, Kekuasaannya Makin Kuat". SINDOnews.com. Diakses tanggal 2022-09-01.