Sekolah Tinggi Teologi Tenggarong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Koordinat: 0°24′48″S 116°58′53″E / 0.41340°S 116.98152°E / -0.41340; 116.98152

Sekolah Tinggi Teologi Tenggarong
Sekolah Tinggi Teologi Tenggarong.jpg
Sekolah Tinggi Teologi Tenggarong tampak depan.
Didirikan1988
JenisSekolah Tinggi Teologi (Kristen)
Afiliasi keagamaanGereja Kemah Injil Indonesia
RektorPdt. DR. Eli Wilson Ipaq
LokasiTenggarong, Kalimantan Timur, Indonesia
Situs webwww.stttenggarong.ac.id

Sekolah Tinggi Teologi Tenggarong adalah sebuah sekolah tinggi teologi Kristen yang terletak di kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Indonesia. Lembaga Pendidikan Teologi ini secara resmi berdiri pada tanggal 5 Februari 1988 oleh BPW GKII Kal-Tim, dengan mengambil Lokasi Kampus di Jl. Stadion RT. 12, Kel. Loa Ipuh, Kotak Pos 120, Kec. Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Perguruan tinggi tersebut berada di bawah naungan Gereja Kemah Injil Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Secara historis adanya STT Tenggarong adalah salah satu wujud dari cita-cita R.A. Jaffray yang telah ikut meletakkan dasar yang sangat kuat bagi berdirinya Gereja di Indonesia, khususnya Indonesia bagian Timur, yang dimulai dengan berdirinya STT Jaffray Makassar, disusul dengan berdirinya Sekolah-sekolah Teologi yang ada di daerah-daerah termasuk STT Tenggarong untuk memperkuat dan mempercepat pertumbuhan Gereja di seluruh Indonesia.[1]

Latar Belakang Berdirinya STT Tenggarong adalah:

  • A. Karena kepentingan pengembangan sumber daya manusia para pemimpin Gereja, untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan Gereja.
  • B. Untuk memenuhi kebutuhan pelayanan pembinaan umat secara Internal dan Eksternal.
  • C. Untuk mengisi kesempatan di berbagai bidang pelayanan di masyarakat, baik secara internal, juga dalam konteks masyarakat secara umum. Dalam dinamikanya, STT Tenggarong adalah bagian dari instrumen penunjang bagi pengembangan Sumber Daya Manusia para pemimpin Gereja dan masyarakat pada umumnya.

Sampai tahun 2011, STT Tenggarong telah menamatkan 695 Mahasiswanya yang telah tersebar di seluruh Kalimantan dan di seluruh Indonesia, dan melayani di berbagai denominasi Gereja, Pemerintah dan swasta.[1]

Kelembagaan[sunting | sunting sumber]

Secara Kelembagaan, Berlindung di Bawah Payung Hukum:[1]

  • A. Wilayah Gereja Kemah Injil Indonesia Kalimantan Timur.
  • B. Departemen Agama Republik Indonesia dengan SK Akreditasi Menteri Agama RI No. 363 Tahun 1999 dan SK perpanjangan No: D.J.III/Kep/ HK.00.5/133/2008.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]