Politeknik Pembangunan Pertanian Malang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Politeknik Pembangunan Pertanian Malang
Agricultural Development Polytechnic
Nama sebelumnya
Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Malang
MotoProfesional, Mandiri dan Berdaya Saing
JenisPerguruan Tinggi Kedinasan
Didirikan8 Desember 1986
DirekturDr. Bambang Sudarmanto, S.Pt., M.P.
Lokasi
Jl. DR Cipto 144a Bedali - Lawang, Malang
, ,
Situs webpolbangtanmalang.ac.id

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang (Nama sebelumnya: Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berdiri pada tahun 1986 di Malang, Jawa Timur di bawah naungan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementrian Pertanian Republik Indonesia yang menyelenggarakan program vokasi dalam berbagai ilmu terapan untuk mendukung pembangunan pertanian di Indonesia. Model pembelajaran berbasis Teaching Factory (TEFA) menjadi pembeda dari lembaga sebelumnya, TEFA merupakan model pembelajaran dalam suasana yang sesungguhnya, dimana mahasiswa akan terbiasa bekerja, menumbuhkan jiwa entrepreneur. harapannya profil lulusan menjadi Job creator yang memiliki keahlian menyuluh.

Politeknik Pembangunan Pertanian Malang Unggul dalam menyiapkan SDM Pertanian yang Profesional, Mandiri, dan Berdaya Saing untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani, Saat ini kami memiliki 3 program studi unggulan, yakni:

  • Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan
  • Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan
  • Agribisnis Peternakan

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Keberadaan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang tidak terlepas dari adanya Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang, Akademi Penyuluhan Pertanian (APP) Malang, Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA) Negeri Malang, Sekolah Peternakan Menengah Atas (SNAKMA) Negeri Malang dan Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Sidoarjo.

Dengan Surat Persetujuan Dirjen Dikti (Depdikbud) No. 2245/D/Q/1986, tertanggal 8 Desember 1986 dan SK Menteri Pertanian No. 1/Kpts/Dl.210/I/1987, maka ketiga sekolah tersebut masing-masing, SPMA, menjadi Diklat APP Penyuluhan Pertanian (APP) Tanjung di Tanjung, Malang; SNAKMA menjadi Diklat APP Penanggungan di Penanggungan, Malang dan SUPM menjadi Diklat APP Sedati di Sedati Sidoarjo.

Selanjutnya, berdasarkan SK Mendikbud No. 09.a/D/1990 tertanggal 6 Februari 1990, ketiga APP tersebut bergabung menjadi satu Diklat APP Malang dengan Seksi Lapangan I di Tanjung, Seksi Lapangan II di Penanggungan, dan Seksi Lapangan III di Sedati.Dengan adanya UU No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional dan Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 129/Kpts/OT.210/2/93 tanggal 25 Februari 1993, Diklat APP Malang menjadi Akademi Penyuluhan Pertanian (APP) Malang dengan Jurusan Penyuluhan Pertanian di Tanjung, Malang; Jurusan Penyuluhan Peternakan di Penanggungan, Malang; Jurusan Penyuluhan Perikanan di Sedati, Sidoarjo.

Sejak tanggal 1 Oktober 1996, kampus APP Malang secara terpadu pindah ke Desa Randuagung, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Pada tahun 1999, APP Malang Jurusan Penyuluhan Perikanan di Sedati, Sidoarjo memisahkan diri dari Departemen Pertanian, menjadi Akademi Perikanan Sidoarjo dibawah Departemen Kelautan.Sejalan dengan perkembangan pembangunan pertanian dan kemajuan teknologi komunikasi dan budidaya, maka APP Malang sejak tahun 2000 menjadi Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang. Perubahan tersebut mengacu pada: SK Kepala Badan Pengembangan SDM Pertanian No. K/DL.210/49/IX/2000k tanggal 7 September 2000; SK Dirjen Dikti No. 3268/D/T/2000 tanggal 26 Oktober 2000; SK Mendiknas No. 59020/MPN/2000 tanggal 27 Oktober 2000; SK Men-PAN No. 80/M.PAN/3/2001 tanggal 30 Maret 2001; Keppres No. 50/2001 tanggal 21April 2001.

Atribut[sunting | sunting sumber]

Jurusan[sunting | sunting sumber]

  1. Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan
  2. Agribisnis Peternakan
  3. Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan

Ketarunaan[sunting | sunting sumber]

Sistem ketarunaan di Polbangtan Malang diberlakukan sejak tahun 2014.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

"Polbangtan Malang". Politeknik Pembangunan Pertanian Malang.