Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum Gresik
الجامعة الاسلامية احياء العاوم
Logo STAIIU Gresik
MotoBeradab, Berilmu, Bermartabat
JenisPerguruan Tinggi Islam Swasta
Didirikan05 Desember 2003
RektorH. Ubaidillah, S.Ag., M.Pd.I
Lokasi, ,
KampusTerakreditasi BAIK oleh BAN-PT
WarnaHijau Tosca  
AfiliasiKopertais 4, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama
Situs webwww.stai-iu.ac.id

Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum Gresik (dikenal juga sebagai STAIIU) adalah perguruan tinggi Islam swasta yang berada dibawah naungan pondok pesantren Ihyaul Ulum Dukun - Gresik. STAIIU berdiri berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Nomor YPP/71/A-IU/III/2002, tanggal 5 Desember 2003 M. STAIIU memiliki akreditasi institusi perguruan tinggi dengan predikat Baik oleh BAN-PT.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Berawal dari keinginan Yayasan akan keberadaan Fakultas Tarbiyah, maka berdirilah program studi Pendidikan Agama Islam dan Ekonomi Islam STAI Ihyaul Ulum Gresik dengan menempati areal gedung berlantai tiga di Jl. Raya Dukun No 21 A Dukun Gresik Jawa Timur. Lokasi gedung berlantai tiga ini sudah menjadi gedung STAI Ihyaul Ulum Gresik.

Struktur pimpinan STAI Ihyaul Ulum Gresik pada periode ini, adalah sebagai berikut:

Struktur Pimpinan Periode 2018 - 2022:

Bersama dengan semakin meningkatnya animo masyarakat terhadap pendidikan tinggi Islam, khususnya Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum. Diperlukan program studi baru yang lebih kondusif untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) warga Gresik-Lamongan. Pada pertengahan tahun 2019, para pengelola sebenarnya sudah berkeinginan menambah program studi baru.

Akan tetapi karena ada persoalan administratif yang belum dapat terselesaikan, maka pada tahun 2020 pengelola masih mempertimbangkan pembentukan program studi baru. Pertimbangan utama pembentukan program studi baru ini karena lokasi Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum berada di jalur strategis, yakni wilayah yang mempertemukan Gresik-Lamongan.

Guru Besar dan Dosen Senior[sunting | sunting sumber]

Fakultas[sunting | sunting sumber]

Tarbiyah[sunting | sunting sumber]

  • Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)

Syari'ah[sunting | sunting sumber]

  • Program Studi Ekonomi Islam

Kemahasiswaan[sunting | sunting sumber]

Unit kegiatan mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Unit kegiatan mahasiswa merupakan organisasi kemahasiswaan di tingkat sekolah tinggi yang fungsinya menampung berbagai minat dan bakat dari para mahasiswa STAI-IU. Unit kegiatan mahasiswa tersebut antara lain:

Sambutan[sunting | sunting sumber]

Sebagai wujud kepedulian terhadap tujuan pembangunan nasional terutama dalam mencerdaskan bangsa, Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum STAI-IU Gresik terus melakukan pengembangan dan pembaruan (develop and reform) untuk merespon kebutuhan stakeholders (mahasiswa, orangtua mahasiswa, masyarakat profesi dan masyarakat pengguna lulusan).

Penguatan institusi (Institutional strengthening) terus kami lakukan secara berkelanjutan melalui jejaring kerjasama dengan institusi perguruan tinggi (PTN/PTS), pemerintah maupun swasta baik di dalam negeri maupun luar negeri, sehingga pengakuan terhadap eksistensi Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum STAI-IU Gresik dalam lingkup regional, nasional dan internasional tetap terpelihara dengan baik.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Paduan Suara STAI-IU.
  2. ^ "Sambutan Ketua STAI-IU Gresik". stai-iu.ac.id. 17 July 2018. Diakses tanggal 21 July 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:PTAIS di Indonesia