Sejm Rozbiorowy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lukisan yang menggambarkan Tadeusz Rejtan yang berusaha menghalangi keluar anggota-anggota Sejm Rozbiorowy untuk menentang penyerahan wilayah Polandia kepada Austria, Prusia dan Rusia

Sejm Rozbiorowy adalah sesi Sejm (parlemen) yang berlangsung dari tahun 1773 hingga 1775 di Persemakmuran Polandia-Lituania. Sejm ini dihimpunkan oleh tiga tetangga Polandia-Lituania, yaitu Rusia, Prusia, dan Austria, dengan tujuan untuk mengesahkan Pembagian Polandia Pertama oleh ketiga negara tersebut. Pada hari-hari pertama sesi ini, Tadeusz Rejtan mencoba mencegah upaya pengesahan ini dengan berbaring di pintu keluar ruangan debat, karena perbincangan akan dianggap selesai jika semua anggota Sejm meninggalkan ruangan. Namun, upaya ini tidak berhasil karena mereka malah melangkahi Rejtan.

Sejm ini juga mengeluarkan undang-undang lain, khususnya yang mendirikan Dewan Permanen dan Komisi Pendidikan Nasional. Rusia sangat menginginkan pembentukan Dewan Permanen karena dianggap dapat dimanfaatkan untuk mengendalikan Persemakmuran. Sementara itu, Komisi Pendidikan Nasional merupakan kementerian pendidikan pertama di Persemakmuran dan di Eropa, sehingga dianggap sebagai pencapaian terbaik Sejm ini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]