Yahudi–Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bendera Republik Rakyat Tiongkok

Yahudi dan Yudaisme di Tiongkok memiliki sejarah yang panjang. Pemukiman Yahudi paling awal yang didokumentasikan di Tionkok berasal dari abad ke-7 atau ke-8 Masehi.

Pada abad ke-19 dan awal abad ke-20, para pedagang Yahudi dari seluruh dunia mulai berdagang di pelabuhan-pelabuhan Tiongkok, sebagian di pusat komersial Hong Kong, yang pada waktu itu adalah koloni Britania, Shanghai (Pemukiman Internasional dan Konsesi Prancis), dan Harbin (Jalur kereta api Trans-Siberia). Pada pertengahan pertama abad ke-20, ribuan Yahudi yang kabur dari Revolusi Rusia 1917 dan Holokaus di Eropa datang ke Tiongkok.

Setelah Perang Dunia II dan pembentukan RRT pada tahun 1949, sebagian besar orang Yahudi beremigrasi ke Israel atau negara-negara barat lainnya, meskipun beberapa di antara mereka tetap tinggal di RRT. Tiga tokoh non-Tionghoa keturunan Yahudi tetap tinggal di Tiongkok sejak berdirinya Republik Rakyat Tiongkok hingga periode kontemporer: Sidney Shapiro, Israel Epstein, dan Ruth Weiss, bersama dengan dua emigran Amerika dan satu emigran Austria. Seorang Yahudi-Amerika lainnya, Sidney Rittenberg menjabat sebagai penerjemah bagi banyak pejabat tinggi Tiongkok.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Artikel ini memadukan teks dari Jewish Encyclopedia 1901–1906  article "China", sebuah terbitan yang kini berada di ranah publik.
  •  Artikel ini memuat teks dari Chinese and Japanese repository of facts and events in science, history and art, relating to Eastern Asia, Volume 1, publikasi dari tahun 1863, sekarang berada pada domain umum di Amerika Serikat.
  •  Artikel ini memuat teks dari The preaching of Islam: a history of the propagation of the Muslim faith, oleh Sir Thomas Walker Arnold, publikasi dari tahun 1896, sekarang berada pada domain umum di Amerika Serikat.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]