Sejarah Tanjung Verde

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

catatan sejarah dari Tanjung Verde dimulai dengan penemuan Portugis pada tahun 1456. Kemungkinan referensi awal kembali sekitar 2000 tahun.

Prasejarah[sunting | sunting sumber]

Canary Islands dan Tanjung Verde di 1534 Isolario oleh Benedetto Bordone
Insulae Capitis Viridis (1598), menampilkan Tanjung Verde.

Gunung laut pertama yang muncul di atas air sekitar 20 juta tahun yang lalu, dan permukaan laut sekitar 200 hingga 400 meter, lebih tinggi dari saat ini. Pulau-pulau pertama yang terbentuk adalah Sal saat ini, dan bagian timur, 50-40 juta tahun yang lalu. Bagian barat, terbentuk kemudian, termasuk, São Nicolau, sedini 11,8 juta tahun yang lalu, São Vicente, 9 juta tahun yang lalu, sekarang Santiago dan Fogo 4 juta tahun yang lalu, dan Brava, 3-2 juta tahun yang lalu.

Beberapa juta tahun setelah gunung laut terangkat di atas lautan, tokek, kadal, dan serangga pertama serta tanaman datang ke kepulauan itu, salah satu petunjuk yang mungkin adalah rakit dari daratan Afrika ketika salinitas lautan lebih rendah.

Kepulauan ini memiliki beberapa letusan gunung berapi besar yang tercatat melalui geologi termasuk Praia Grande 4,5 juta tahun yang lalu, São Vicente kemungkinan modern Porto Grande 300.000 tahun yang lalu,[1] [[Topo da Coroa]] 200.000 tahun yang lalu dan yang terakhir di timur zaman modern Fogo 73.000 tahun yang lalu yang menggenangi pesisir Pulau Santiago dan mungkin Brava dan sebagian Kepulauan Barlavento.[2]

Selama Last Ice Age, permukaan laut turun menjadi sekitar 130 meter di bawah permukaan saat ini, pulau-pulaunya sedikit lebih besar dengan Northwest Island, saat ini Santo Antão berada satu kilometer di barat laut pulau, Boa Vista dan Maio adalah satu pulau, dan ada pulau lain bernama Nola (Ilha da Nola) di barat laut Santo Antão yang tingginya sekitar 80–90 meter. Sebelum akhir Zaman Es, Pulau Timur (Ilha Occidental) terbelah menjadi tiga pulau, satu tenggelam dan sekarang menjadi João Valente Reef, Canal de São Vicente melebar hingga 12 km dari Santo Antão, Pulau Nola tenggelam dan kembali menjadi gunung laut dan bagian timur Pulau Barat Laut terpecah menjadi São Vicente, Santa Luzia yang lebih kecil dan dua pulau Branco dan Raso.

Kemungkinan referensi klasik[sunting | sunting sumber]

Tanjung Verde dapat disebut dalam karya-karya De choreographia oleh Pomponius Mela dan Historia naturalis oleh Pliny the Elder. Mereka menyebut pulau itu "Gorgades", mengacu pada rumah mitos Gorgon yang dibunuh oleh Perseus. Mereka juga menyarankan (dalam euhemerisme kuno yang khas) pulau-pulau sebagai tempat di mana Hanno sang Navigator Kartago membunuh dua wanita "Gorillai", yang kulitnya dibawa Hanno ke Carthage.

Pliny, mengutip penulis Yunani Xenophon dari Lampsacus, menempatkan Gorgades dalam perjalanan dua hari dari "Hesperu Ceras" (bagian paling barat dari benua Afrika, sekarang disebut Cap-Vert). Pliny (seperti dikutip Gaius Julius Solinus) juga menyatakan bahwa perjalanan dari Gorgades ke Hesperides sekitar 40 hari.[3]

Kepulauan Yang Diberkati yang ditulis oleh Marinus dari Tirus dan dirujuk oleh Ptolemy dalam bukunya Geographia mungkin adalah kepulauan Tanjung Verde .[4]

Penemuan dan penjajahan Portugis[sunting | sunting sumber]

Berkas:Lesser coat of arms of Portuguese Cape Verde.svg
Lambang kolonial Tanjung Verde.
Sir Francis Drake di Santiago, Tanjung Verde, 1589 ukiran berwarna tangan, oleh Baptista Boazio, 1589

Abad ke-15 dan ke-16[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1456, atas pelayanan pangeran Henrique sang Navigator, Alvise Cadamosto, Antoniotto Usodimare (masing-masing seorang kapten Venesia dan Genoa) dan seorang kapten Portugis yang tidak disebutkan namanya, bersama-sama menemukan beberapa pulau. Dalam dekade berikutnya, Diogo Gomes dan António de Noli, juga kapten dalam pelayanan pangeran Henry, menemukan pulau-pulau yang tersisa di kepulauan itu. Ketika para pelaut ini pertama kali mendarat di Tanjung Verde, pulau-pulau itu tidak berpenghuni, tetapi tidak tumbuh-tumbuhan. Portugis kembali enam tahun kemudian ke pulau São Tiago untuk mendirikan Ribeira Grande (sekarang Cidade Velha), pada tahun 1462—kota pemukiman permanen Eropa pertama di daerah tropis.

Di Spanyol Reconquista berkembang dalam misinya untuk menaklukkan Iberia dan kemudian mengusir Muslim dan Yahudi. Pada tahun 1492 Inkuisisi Spanyol juga muncul dalam ekspresi penuh anti-Semitisme. Ini menyebar ke tetangga Portugal (sebagai Inkuisisi Portugis) di mana Raja João II dan khususnya Manuel I pada tahun 1496, memutuskan untuk melakukan pengasingan ribuan orang Yahudi ke São Tomé, Príncipe, dan Tanjung Verde.

Portugis segera membawa budak dari pantai Afrika Barat. Diposisikan di jalur perdagangan besar antara Afrika, Eropa, dan Dunia Baru, kepulauan ini makmur dari perdagangan budak transatlantik, pada abad ke-16. Pemukiman mulai muncul di pulau-pulau lain, São Filipe didirikan pada tahun 1500, Ponta do Sol, Ribeira Grande didirikan pada pertengahan abad ke-16, pemukim pertamanya juga tiba di Madeira, Ribeira Brava di São Nicolau, Povoação Velha di Boa Vista kemudian didirikan, Furna, Nova Sintra di Brava dan Palmeira di Sal.

Kemakmuran pulau-pulau itu membawa mereka perhatian yang tidak diinginkan dalam bentuk pemecatan di tangan bajak laut. Setelah Dinasti Filipina dimulai, Sir Francis Drake pertama-tama menjarah Ribeira Grande pada tahun 1582 dan kemudian merebut pulau itu pada tahun 1585 dan menyerbu Cidade Velha, Praia dan São Domingos, segera setelah mereka pergi. Setahun kemudian pada 1586, Tanjung Verde menjadi koloni mahkota bersatu Portugal.

Abad ke-17 dan ke-18[sunting | sunting sumber]

A 1646 cat air Cidade Velha oleh Caspar Schmalkalden

Praia kemudian didirikan pada tahun 1613 di dataran tinggi pemukiman sebelumnya. Pico do Fogo meletus pada tahun 1680, yang mengakibatkan perpindahan penduduk ke Brava dan bagian lain termasuk Brasil. Selama beberapa tahun, gunung berapi itu adalah mercusuar alami yang digunakan para pelaut. Selama abad ke-17 Aljazair corsair mendirikan pangkalan di kepulauan Tanjung Verde. Pada tahun 1617 mereka menyerbu Madeira, mencuri lonceng gereja dan menawan 1.200 orang.[5] Sebagai hasil dari Ekspedisi Cassard Prancis pada tahun 1712 di mana Ribeira Grande dihancurkan, ibu kota sebagian dipindahkan ke Praia di timur, yang kemudian menjadi ibu kota pada tahun 1770. Pada tahun 1740, pulau itu menjadi titik pasokan untuk kapal budak dan pemburu paus Amerika. Ini memulai arus imigrasi ke koloni-koloni Amerika (sekarang Amerika Serikat), tetapi hanya laki-laki.

Pada tahun 1747 pulau-pulau itu dilanda beberapa kekeringan dan kelaparan pertama yang telah melanda mereka sejak saat itu, dengan selang waktu rata-rata lima tahun. Situasi ini diperburuk oleh penggundulan hutan dan penggembalaan yang berlebihan, yang menghancurkan vegetasi tanah yang menyediakan kelembapan. Tiga kekeringan besar pada abad ke-18 dan ke-19 mengakibatkan lebih dari 100.000 orang mati kelaparan. Pemerintah Portugis hampir tidak mengirimkan bantuan apapun selama kekeringan.[6][7][8]

Mengingat kelangkaan modal untuk pengembangan kawasan, Dewan Keuangan dan Luar Negeri Portugis mengizinkan pendirian Perusahaan Pantai Guinea (1664), yang ditujukan untuk perdagangan budak, mengakhiri periode penyewa individu dan membuka itu dari perusahaan budak. Di antaranya, ada Perusahaan Cacheu dan Sungai dan Perdagangan Guinea, yang beroperasi antara tahun 1676 dan 1682, dan pada tahun 1690 digantikan oleh Perusahaan Cacheu dan Tanjung Verde.

Tekstil diselundupkan dan dijual ke pasar gelap, karena nilainya tinggi dan asal-usulnya sulit dibuktikan, antara tahun 1766 dan 1776, 95.000 "barafula" (tekstil Tanjung Verde) diimpor ke pantai Guinea.

Pico do Fogo meletus lagi pada tahun 1769. Ini terakhir kali meletus dari atas; letusan lebih lanjut terjadi pada 1785 dan 1799. Kelaparan lain dimulai pada 1774 di mana 20.000 orang kelaparan, karena Brava dan Fogo terpengaruh. Populasi Fogo turun dari 5.700 menjadi 4.200 di sekitar tahun 1777. Gelombang pertama emigrasi dimulai dari pulau Brava dan Fogo ketika kapal penangkap ikan paus Amerika mengunjungi pulau-pulau ini dan membawa beberapa penduduk untuk kehidupan yang lebih baik di Amerika Serikat. Pada tahun 1770, Praia menjadi ibu kota kolonial, dan tetap demikian sampai Tanjung Verde merdeka.

Meskipun Portugal netral selama Perang Inggris-Perancis dan Perang Revolusi Amerika, Inggris dan Perancis skuadron bertempur di Pertempuran Porto Praya di Praia modern pada 16 April 1781.

Abad ke-19[sunting | sunting sumber]

Porto Praya (sekarang Praia) pada tahun 1806

Penurunan abad ke-19 dari perdagangan budak yang menguntungkan merupakan pukulan lain bagi perekonomian negara itu. Kemakmuran yang rapuh perlahan menghilang. Masa kejayaan kolonial Tanjung Verde telah berakhir. Sekitar waktu inilah orang-orang Tanjung Verde mulai beremigrasi ke New England. Ini adalah tujuan populer karena ikan paus yang berlimpah di perairan sekitar Tanjung Verde, dan sejak tahun 1810 kapal penangkap ikan paus dari Massachusetts dan Rhode Island di Amerika Serikat (AS) merekrut kru dari pulau-pulau dari Brava dan Fogo.

Serangan bajak laut terakhir termasuk satu di Sal Rei pada tahun 1815 menyebabkan pembangunan beberapa benteng lagi di Cape Verde. Permukiman lain di beberapa pulau didirikan kemudian termasuk Mindelo (pertama sebagai Nossa Senhora da Luz) pada tahun 1795, Pedra de Lume di Sal pada tahun 1799 dan Santa Maria di awal tahun 1830 di pulau yang sama. Ibukota kolonial Praia mengalami modernisasi pada tahun 1822 yang memperluas dataran tinggi ke arah utara.

Setelah Portugal kehilangan Brasil, Inggris menggunakan Mindelo untuk pengisian bahan bakar batu bara untuk kapal dan kota itu berkembang pada tahun 1838. Upaya untuk memindahkan ibu kota kolonial dari Praia dilakukan, pertama rencana untuk pindah ke Picos pada tahun 1831 pada saat kelaparan lain melanda Tanjung Verde, kemudian pada tahun 1838, Mindelo diputuskan. Banyak orang tidak mau memindahkan ibu kota kolonial, sehingga ibu kota tetap di Praia. Fogo meletus beberapa kali terakhir pada abad ke-19 pada tahun 1847, 1852 dan 1857. Mindelo tumbuh sebagai hasil dari pengisian bahan bakar kapal, dua kabel telegraf bawah laut dihubungkan pada tahun 1874 ke Pernambuco, Brasil, serta Cory Brothers kemudian dibuka, yang lain terhubung ke Kamerun melalui Bathurst (sekarang Banjul), Gambia pada tahun 1885. Mindelo menjadi stasiun telegraf Transatlantik yang paling banyak digunakan untuk beberapa waktu pada tahun 1912. Total dari 669 kapal diisi bahan bakar setiap tahun di pelabuhan, dan mencapai 1.927 kapal satu dekade kemudian. Kemudian ketika bahan bakar bensin mulai digunakan terutama di kapal, Mindelo tidak pernah bisa menandingi pelabuhan Las Palmas di Grand Canary atau Dakar di dekatnya di Senegal. Penggunaan batubara menurun yang menyebabkan pemogokan batubara pada tahun 1912 karena pekerjaan yang tidak mencukupi, ketika Depresi Hebat dimulai pada tahun 1930, aktivitas kapal berakhir.

Perbudakan menghilang di Tanjung Verde, yang pertama adalah São Vicente, kemudian São Nicolau, Santo Antão, Boa Vista pada tahun 1867, pada saat yang sama perdagangan budak berakhir, kemudian perbudakan berakhir di seluruh Tanjung Verde.

Abad ke-19[sunting | sunting sumber]

Porto Praya (sekarang Praia) pada tahun 1806

Penurunan abad ke-19 dari perdagangan budak yang menguntungkan merupakan pukulan lain bagi perekonomian negara itu. Kemakmuran yang rapuh perlahan menghilang. Masa kejayaan kolonial Tanjung Verde telah berakhir. Sekitar waktu inilah orang-orang Tanjung Verde mulai beremigrasi ke New England. Ini adalah tujuan populer karena ikan paus yang berlimpah di perairan sekitar Tanjung Verde, dan sejak tahun 1810 kapal penangkap ikan paus dari Massachusetts dan Rhode Island di Amerika Serikat (AS) merekrut kru dari pulau-pulau dari Brava dan Fogo.

Serangan bajak laut terakhir termasuk satu di Sal Rei pada tahun 1815 menyebabkan pembangunan beberapa benteng lagi di Cape Verde. Permukiman lain di beberapa pulau didirikan kemudian termasuk Mindelo (pertama sebagai Nossa Senhora da Luz) pada tahun 1795, Pedra de Lume di Sal pada tahun 1799 dan Santa Maria di awal tahun 1830 di pulau yang sama. Ibukota kolonial Praia mengalami modernisasi pada tahun 1822 yang memperluas dataran tinggi ke arah utara.

Setelah Portugal kehilangan Brasil, Inggris menggunakan Mindelo untuk pengisian bahan bakar batu bara untuk kapal dan kota itu berkembang pada tahun 1838. Upaya untuk memindahkan ibu kota kolonial dari Praia dilakukan, pertama rencana untuk pindah ke Picos pada tahun 1831 pada saat kelaparan lain melanda Tanjung Verde, kemudian pada tahun 1838, Mindelo diputuskan. Banyak orang tidak mau memindahkan ibu kota kolonial, sehingga ibu kota tetap di Praia. Fogo meletus beberapa kali terakhir pada abad ke-19 pada tahun 1847, 1852 dan 1857. Mindelo tumbuh sebagai hasil dari pengisian bahan bakar kapal, dua kabel telegraf bawah laut dihubungkan pada tahun 1874 ke Pernambuco, Brasil, serta Cory Brothers kemudian dibuka, yang lain terhubung ke Kamerun melalui Bathurst (sekarang Banjul), Gambia pada tahun 1885. Mindelo menjadi stasiun telegraf Transatlantik yang paling banyak digunakan untuk beberapa waktu pada tahun 1912. Total dari 669 kapal diisi bahan bakar setiap tahun di pelabuhan, dan mencapai 1.927 kapal satu dekade kemudian. Kemudian ketika bahan bakar bensin mulai digunakan terutama di kapal, Mindelo tidak pernah bisa menandingi pelabuhan Las Palmas di Grand Canary atau Dakar di dekatnya di Senegal. Penggunaan batubara menurun yang menyebabkan pemogokan batubara pada tahun 1912 karena pekerjaan yang tidak mencukupi, ketika Depresi Hebat dimulai pada tahun 1930, aktivitas kapal berakhir.

Perbudakan menghilang di Tanjung Verde, yang pertama adalah São Vicente, kemudian São Nicolau, Santo Antão, Boa Vista pada tahun 1867, pada saat yang sama perdagangan budak berakhir, kemudian perbudakan berakhir di seluruh Tanjung Verde.

Abad ke-20[sunting | sunting sumber]

Kartu pos Mindelo, diproduksi sekitar awal abad ke-20
Praia dan lokalitas Gamboa atau Cha das Aldeias pada tahun 1936

Pada akhir abad ke-19, dengan munculnya kapal laut, posisi pulau yang mengangkangi jalur pelayaran Atlantik menjadikan Tanjung Verde lokasi yang ideal untuk memasok kapal dengan bahan bakar (batubara impor), air, dan persediaan lainnya. Karena pelabuhannya yang sangat baik, Mindelo (di pulau São Vicente) menjadi pusat komersial penting selama abad ke-19, terutama karena perusahaan Inggris menggunakan Tanjung Verde sebagai gudang penyimpanan untuk batubara yang menuju Amerika. Daerah pelabuhan di Mindelo dikembangkan oleh pedagang Inggris untuk tujuan ini. Pulau itu diubah menjadi stasiun kabel batubara dan bawah laut, dan segera ada banyak pekerjaan yang tersedia untuk pekerja lokal. Ini adalah periode keemasan kota, di mana ia memperoleh karakteristik budaya yang menjadikannya sebagai ibu kota budaya negara saat ini.Templat:Citation Need

Selama Perang Dunia II, kapal-kapal Angkatan Laut Kerajaan ditempatkan di Mindelo, kemudian dengan kepentingan Winston Churchill di Tanjung Verde, pada April 1941, ribuan tentara Sekutu ditempatkan di pulau itu. Setelah Perang Dunia Kedua, ekonomi runtuh karena lalu lintas pengiriman berkurang secara drastis. Ketika industri batubara Inggris mengalami penurunan pada 1980-an, sumber pendapatan ini mengering, dan pedagang Inggris harus meninggalkan kepentingan Cape Verde mereka — yang akhirnya menjadi pemogokan terakhir bagi ekonomi lokal yang sangat bergantung.[butuh rujukan]

Espargos di tengah pulau didirikan pada pertengahan abad ke-20, didirikan pada akhir 1940-an sebagai kota bandara, yang terakhir di era Portugis, pada 1950, sejumlah penerbangan naik, pertama Alitalia, kemudian penerbangan Persahabatan Portugis-Brasil dan South African Airways (SAA) pada tahun 1967 dengan penerbangan di London, maskapai harus menggunakan bandara karena boikot internasional terhadap apartheid pada saat itu. Letusan terakhir di era kolonial terjadi di Pico do Fogo pada tahun 1951 dan kecil.[butuh rujukan]

Pada tahun 1952, pemerintah Portugis berencana untuk memindahkan lebih dari 10.000 pemukim ke pulau São Tomé di São Tomé dan Príncipe, koloni Portugis lainnya, untuk bekerja di perkebunan alih-alih Forros. Orang Afrika akan datang terutama dari pulau São Nicolau, Santiago, Santo Antão, Fogo dan Brava. Selama kedua koloni itu merdeka, banyak yang pergi ke Eropa dan Amerika Serikat, beberapa kembali ke Tanjung Verde, setelah itu, penduduk Tanjung Verde akan dipindahkan ke pulau terdekat Príncipe, banyak keturunan Tanjung Verde, beberapa dengan yang lain keturunan menjadi elemen ke dalam masyarakat Príncipe Creole.[butuh rujukan]

Selama periode ini, beberapa kelaparan terjadi di negara itu, diperparah dengan panen yang buruk, Perang Dunia Kedua, dan tanggapan yang buruk dari pemerintah kolonial Portugis. Kelaparan ini menyebabkan puluhan ribu orang pindah ke Eropa, beberapa pergi ke Senegal dan Sao Tome dan Principe.[butuh rujukan]

Menjelang dan selama Perang Kolonial Portugis, mereka yang merencanakan dan berperang dalam konflik bersenjata di Guinea Portugis sering mengaitkan tujuan pembebasan Guinea-Bissau menuju tujuan pembebasan di Tanjung Verde. (Misalnya, pada tahun 1956, Amílcar dan Luís Cabral mendirikan Partai Afrika untuk Kemerdekaan Guinea dan Tanjung Verde.)

Gerakan Kemerdekaan[sunting | sunting sumber]

Meskipun orang Tanjung Verde diperlakukan dengan buruk oleh penguasa kolonial mereka, perlakuan Portugis terhadap orang Tanjung Verde berbeda dari perlakuan mereka terhadap daerah terjajah lainnya,[9] dan orang-orang Tanjung Verde bernasib sedikit lebih baik daripada orang Afrika di Portugis] lainnya koloni karena kulitnya yang lebih terang. Sebuah minoritas kecil menerima pendidikan dan Tanjung Verde adalah koloni Afrika-Portugis pertama yang memiliki sekolah untuk pendidikan tinggi. Pada saat kemerdekaan, seperempat populasi dapat membaca, dibandingkan dengan 5% di Guinea Portugis (sekarang Guinea-Bissau).

Sumbangan ini pada akhirnya menjadi bumerang bagi Portugis, bagaimanapun, ketika orang-orang Tanjung Verde yang melek huruf menyadari tekanan untuk membangun kemerdekaan di daratan, sementara pulau-pulau terus menderita kekeringan dan kelaparan yang sering, kadang-kadang dari penyakit epidemi dan letusan gunung berapi, dan pemerintah Portugis tidak melakukan apapun. Ribuan orang meninggal karena kelaparan selama paruh pertama abad ke-20. Meskipun gerakan nasionalis tampak kurang bersemangat di Tanjung Verde dibandingkan dengan kepemilikan Afrika lainnya di Portugal, Partai Afrika untuk Kemerdekaan Guinea dan Tanjung Verde (PAIGC, akronim untuk Portugis ' 'Partido Africano da Independência da Guiné e Cabo Verde) didirikan pada tahun 1956 oleh Amílcar Cabral dan pan-Afrikais lainnya, dan banyak orang Tanjung Verde berjuang untuk kemerdekaan di Guinea-Bissau.[10]

Pada tahun 1926 Portugal telah menjadi kediktatoran kanan yang menganggap koloni sebagai perbatasan ekonomi, untuk dikembangkan untuk kepentingan Portugal dan Portugis. Kelaparan yang sering terjadi, pengangguran, kemiskinan dan kegagalan pemerintah Portugis untuk mengatasi masalah ini menyebabkan kebencian. Diktator Portugis António de Oliveira Salazar tidak akan menyerahkan koloninya semudah kekuatan kolonial Eropa lainnya menyerahkan milik mereka.

Setelah Perang Dunia II, Portugal berniat mempertahankan bekas jajahannya, sejak tahun 1951 disebut wilayah seberang laut. Ketika sebagian besar bekas jajahan Afrika memperoleh kemerdekaan pada tahun 1957/1964, Portugis masih bertahan. Akibatnya, setelah Pembantaian Pijiguiti, orang-orang Cape Verde dan Guinea-Bissau terlibat dalam salah satu perang pembebasan Afrika yang paling lama.

Seperti koloni lainnya pada tahun 1972, otonomi diberikan dan Tanjung Verde Portugis mengadakan satu-satunya pemilihan parlemen tahun 1973, di mana hanya mereka yang merupakan warga negara Portugis yang dapat memilih. Dari total penduduk 272.071 jiwa, hanya 25.521 jiwa yang terdaftar untuk memilih. Sebanyak 20.942 orang memilih, memberikan tingkat partisipasi pemilih sebesar 82,1%. Karena konstitusi Portugis melarang partai politik pada saat itu, mayoritas kandidat diajukan oleh gerakan Aksi Nasional Rakyat yang berkuasa, meskipun beberapa asosiasi sipil diizinkan untuk mencalonkan kandidat

Setelah Revolusi Bunga Anyelir pada tanggal 25 April 1974, Tanjung Verde menjadi lebih otonom tetapi terus memiliki gubernur dari luar negeri, kemudian jabatan itu menjadi Komisaris Tinggi. Kerusuhan yang meluas memaksa pemerintah untuk bernegosiasi dengan PAIGC, dan kesepakatan untuk Tanjung Verde yang independen sedang dibahas. Pedro Pires kembali ke Praia pada 13 Oktober setelah diasingkan selama lebih dari satu dekade. Setelah kembali, Portugal menandatangani 1975 Perjanjian Aljir. Pada tanggal 5 Juli, di Praia, Perdana Menteri Portugal Vasco Gonçalves menyerahkan kekuasaan kepada Presiden Majelis Nasional Abilio Duarte, sehingga sejarah kolonial Tanjung Verde berakhir ketika Tanjung Verde merdeka. Namun, tidak ada konflik bersenjata di Tanjung Verde dan akhirnya kemerdekaan Tanjung Verde dihasilkan dari negosiasi dengan Portugal.[11] Namun, katalisator kemerdekaan Tanjung Verde adalah cabang PAIGC di Guinea-Bissau, yang melancarkan perang yang akhirnya berhasil melawan Portugis di Guinea-Bissau, yang akhirnya memaksa Portugal untuk menerima kemerdekaan Tanjung Verde.

Pasca Kemerdekaan (1975)[sunting | sunting sumber]

Bendera nasional pertama Tanjung Verde.

Aturan Satu Partai[sunting | sunting sumber]

Segera setelah kudeta November 1980 di Guinea-Bissau (Guinea Portugis mendeklarasikan kemerdekaan pada tahun 1973 dan diberikan kemerdekaan de jure pada tahun 1974), hubungan antara kedua negara menjadi tegang. Tanjung Verde meninggalkan harapannya untuk bersatu dengan Guinea-Bissau dan membentuk Partai Afrika untuk Kemerdekaan Tanjung Verde (PAICV). Masalah telah diselesaikan, dan hubungan antar negara baik. PAICV dan pendahulunya mendirikan negara satu partai dan memerintah Tanjung Verde dari kemerdekaan hingga 1990.

Menanggapi tekanan yang meningkat untuk pembukaan politik, PAICV mengadakan kongres darurat pada Februari 1990 untuk membahas usulan perubahan konstitusi untuk mengakhiri pemerintahan satu partai. Kelompok-kelompok oposisi berkumpul untuk membentuk Gerakan untuk Demokrasi (MpD) di Praia pada April 1990. Bersama-sama, mereka mengkampanyekan hak untuk mengikuti pemilihan presiden yang dijadwalkan pada Desember 1990. -negara partai dihapuskan 28 September 1990, dan pemilihan multi-partai pertama diadakan pada Januari 1991.

Pasang Aturan Satu Pihak[sunting | sunting sumber]

MPD memenangkan mayoritas kursi di Majelis Nasional, dan kandidat presiden MPD António Mascarenhas Monteiro mengalahkan kandidat PAICV dengan 73,5% suara yang diberikan menjadi 26,5%. Ia menggantikan Presiden pertama negara itu, Aristides Pereira, yang telah menjabat sejak 1975. Pemilihan legislatif pada bulan Desember 1995 meningkatkan mayoritas MPD di Majelis Nasional. Partai tersebut menguasai 50 dari 72 kursi Majelis Nasional. Pemilihan presiden Februari 1996 mengembalikan Presiden António Mascarenhas Monteiro ke kantor. Pemilihan Desember 1995 dan Februari 1996 dinilai bebas dan adil oleh pengamat domestik dan internasional.

Dalam kampanye pemilihan presiden tahun 2000 dan 2001, dua mantan perdana menteri, Pedro Pires dan Carlos Veiga adalah kandidat utama. Pires adalah Perdana menteri selama rezim PAICV, sementara Veiga menjabat sebagai perdana menteri selama sebagian besar masa kepresidenan Monteiro, mengundurkan diri hanya ketika tiba saatnya untuk berkampanye. Dalam apa yang mungkin menjadi salah satu balapan terdekat dalam sejarah pemilihan, Pires menang dengan 12 suara, dia dan Veiga masing-masing menerima hampir setengah suara. Presiden Pedro Pires terpilih kembali secara tipis pada tahun 2006 pemilihan.[12]

Jorge Carlos Almeida Fonseca adalah Presiden Tanjung Verde sejak pemilihan 2011 dan dia adalah terpilih kembali pada Oktober 2016 Presiden Fonseca didukung oleh Gerakan untuk Demokrasi (MPD). Pemimpin MPD Ulisses Correia e Silva telah menjadi perdana menteri sejak 2016 pemilihan setelah partainya menggulingkan Partai Afrika untuk Kemerdekaan Tanjung Verde (PAICV) yang berkuasa untuk pertama kali dalam 15 tahun.[13]

Pada Oktober 2021, kandidat oposisi dan mantan perdana menteri, Jose Maria Neves dari PAICV, memenangkan pemilihan presiden Cape Verde.[14] Pada 9 November 2021, Jose Maria Neves dilantik sebagai presiden Tanjung Verde yang baru.[15]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ramalho, R (2010). "Jejak pengangkatan dan penurunan di Kepulauan Tanjung Verde" (PDF). Journal of the Geological Society. 167 (3): 519–538. Bibcode:2010JGSoc.167..519R. doi:10.1144/ 0016-76492009-056 Periksa nilai |doi= (bantuan). 
  2. ^ Coklat, Emma. "Island Boulders Mengungkapkan Megatsunami Kuno". Alam. Diakses tanggal 2015-10-06. 
  3. ^ Collins, Andrew (2016-09-15). Atlantis di Karibia: Dan Komet yang Mengubah Dunia (dalam bahasa Inggris). Simon dan Schuster. ISBN 978-1-59143-266-1. 
  4. ^ Analisis Geographia Ptolemy
  5. ^ Clark, G.N. (1944). "The Barbary Corsairs di Abad Ketujuh Belas". Jurnal Sejarah Cambridge. 8 (1): 23. doi:10.1017/S1474691300000561. JSTOR 3020800. 
  6. ^ Patterson, K. David (1988). "Epidemi, Kelaparan, dan Populasi di Kepulauan Cape Verde, 1580-1900". Jurnal Internasional Studi Sejarah Afrika. 21 (2): 291–313. doi:10.2307/219938. ISSN 0361-7882. 
  7. ^ Christiano José, de Senna Barcellos (1900). Subsidios para a historia de Cabo Verde e Guiné. hlm. 395–397, 401. OCLC 504707074. 
  8. ^ José Conrado Carlos, de Chelmicki. Corografía cabo-verdiana, ou, Deskripsi geografiso-historis da provincia das Ilhas de Cabo -Verde e Guiné. hlm. 316. OCLC 956405163. 
  9. ^ Chabal, Patrick (1993). "Some refleksi tentang negara pascakolonial di Afrika yang berbahasa Portugis". Africa Insight. 23: 129–135. 
  10. ^ See, for instance, Kevin Shillington, History of Africa, St. Martin's Press, Inc., 1989, p. 399.
  11. ^ António Costa Pinto, "The transition to democracy and Portugal's decolonization", in Stewart Lloyd-Jones and António Costa Pinto (eds., 2003). The Last Empire: Thirty Years of Portuguese Decolonization (Intellect Books, ISBN 978-1-84150-109-3) pp. 22–24.
  12. ^ "Cape Verde profile - Timeline". BBC News. 8 May 2018. 
  13. ^ "Profil negara Tanjung Verde". 5 Desember 2018. 
  14. ^ Rodrigues, Julio (18 Oktober 2021). "Opposition kandidat Neves memenangkan pemilihan Tanjung Verde". Reuters (dalam bahasa Inggris). 
  15. ^ "Jose Maria Neves dilantik sebagai presiden Tanjung Verde yang baru".