Secret (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Secret
Promotional poster for Secret
Tradisional 不能說的秘密
Sederhana 不能说的秘密
Mandarin Bùnéng shuō de mìmì
Sutradara Jay Chou
Produser William Kong
Penulis Jay Chou
To Chi-long
Pemeran Jay Chou
Kwai Lun-mei
Anthony Wong
Alice Tzeng
Musik Terdsak Janpan
Jay Chou
Sinematografi Lee Ping-pin
Distribusi EDKO Film (Hong Kong)
Cathay-Keris Films (Singapore)
Innoform Media (Singapore)
Tanggal rilis Taiwan:
July 27, 2007
China:
July 31, 2007
Hong Kong:
August 2, 2007
Singapore:
August 8, 2007
Thailand:
November 8, 2007
South Korea:
January 10, 2008
Japan:
August 23, 2008
Durasi 101 minutes
Negara Republic of China (Taiwan)
Bahasa Mandarin
Pendapatan kotor $8,968,358[1]

Secret (Hanzi Tradisional: 不能說的秘密; Hanzi Sederhana: 不能说的秘密; Pinyin: Bùnéng shuō de mìmì; arti harafiah "The Secret That Cannot Be Told") Ye Xianglun, seorang mahasiswa jurusan musik piano, Pindah sekolah ke Tamkang (Danjiang). Ini adalah sebuah sekolah musik terkenal bagi siswa berbakat, terutama di piano. Pada hari pertama sekolah, saat ia menjelajahi gedung piano, dia mendengar melodi misterius yang dimainkan oleh Lu Xiaoyu, dengan piano tua. Ketika dia bertanya tentang lagu yang dimainkannya, ia bilang bahwa itu adalah rahasia yang tidak bisa dikatakan. Ceritapun berkembang menjadi hubungan yang misterius. Ketika Xianglun menceritakan Xiaoyu tentang pembongkaran gedung piano pada hari kelulusan, Xiaoyu pun mengajarkan Xianglun lagu misterius itu.

Namun, ketika kejadian tidak sengaja Xianglun dicium oleh Qing Yi, Xiaoyu menghilang selama lima bulan, hanya untuk kembali pada hari kelulusan dan menghilang lagi. Xianglun mencari dan menemukan tentang Xiaoyu melalui ayahnya sendiri dan Ibu Xiaoyu, bahwa sebenarnya Xiaoyu adalah seorang mahasiswa dari kelas 3 tahun 1979, yang lulus 20 tahun lalu. Ayahnya mengatakan kepadanya bahwa dia mengklaim pergi ke masa depan dengan menggunakan nada yang disebut "Secret" yang dia dimainkan pada sebuah piano tua di gedung piano. Dia telah jatuh cinta dengan Xianglun, tetapi satu-satunya penghalang adalah bahwa, pada saat ini, orang pertama yang dia lihat pada setiap perjalanan adalah satu-satunya orang yang bisa melihatnya. Dengan demikian, dia menghafalkan bahwa perlu 108 langkah dari ruang piano menuju ruang kelas Xianglun dan hanya membuka matanya setelah 108 langkah, sehingga orang pertama yang dia lihat adalah Xianglun.

Ketika Xiaoyu melihat Qing Yi mencium Xianglun, ia kembali kembali ke waktu normal. Selama tidak ada di rumah, cerita menyebar dan semua orang percaya bahwa dia gila. Mengingat bahwa ruang piano akan dihancurkan pada hari wisuda tahun 1999, ia mencoba melakukan perjalanan waktu untuk melihat Xianglun yang terakhir kalinya, tapi ia melihat Xianglun mengenakan gelang Qing Yi. Percaya bahwa Xianglun sekarang milik Qing Yi, Xiaoyu kembali ke waktunya sendiri dengan berat hati. Karena serangan asma, saat menulis di mejanya berusaha untuk meninggalkan pesan kepada orang yang ia cintai, Xiaoyu meninggal. Xianglun melihat tulisan di meja dan sangat mencoba untuk menulis kembali menggunakan tinta putih tapi ketika ia tak mendapatkan respon, dia bergegas ke rumah Xiaoyu hanya untuk menemukan bahwa kamarnya telah kosong. Ibu Xiaoyu akhirnya mengenali Xianglun sebagai pria yang dilukis putrinya dua puluh tahun yang lalu dan Xianglun belajar mengenai kebenaran tentang perjalanan waktu.

Setelah akhirnya mempelajari cerita Xiaoyu, Xianglun menyadari bahwa bagian lagu yang diajarkan Xiaoyu padanya adalah "Secret", yang memiliki kekuatan untuk membawa pianis ke dalam perjalanan waktu, baik ke masa depan atau ke masa lalu tergantung pada tempo lagu yang dimainkan. Dia bergegas pergi ke ruang piano, yang hendak dirobohkan. Di waktu yg sama, Ayah Xianglun mengambil naskah potongan musik yang Xiaoyu telah berikan kepadanya untuk disimpan, kemudian menyadari bahwa Xiaoyu telah menulis pesan rahasia untuk Xianglun. Sementara itu, Xianglun memasuki bangunan piano dan pembongkaran dimulai, Xianglun mulai bermain "Secret" dari ingatannya, Xianglun teringat sesuatu yang Xiaoyu pernah katakan kepadanya saat mengajari dia potongan lagu: "Aku selalu bermain yang cepat ketika aku ingin kembali". Tepat sebelum ruang piano benar-benar hancur, Xianglun berhasil melakukan perjalanan waktu kembali ke 1979. Dia melihat Xiaoyu, dan dia melihatnya dan tersenyum, namun tampaknya Xiaoyu tidak mengenalnya. Adegan terakhir adalah ketika tahun 1979 Tamkang (Danjiang) Sekolah Menengah gambar kelulusan diambil, di mana Xianglun dan Xiaoyu hadir. Dengan hancurnya piano tua dan bangunan piano, Xianglun tinggal selamanya di masa lalu dengan Xiaoyu. Ini menjelaskan kenapa Xianglun muncul pada foto kelulusan di tahun 1979 dan hidup normal di masa itu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Secret". BoxOfficemojo. Retrieved 2011-11-21.

External links[sunting | sunting sumber]