Sebuah Balapan Tak Terselesaikan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ambrose Bierce, penulis "Sebuah Balapan Tak Terselesaikan"

"Sebuah Balapan Tak Terselesaikan" merupakan sebuah cerita pendek karya seorang jurnalis dan penulis Amerika bernama Ambrose Bierce.

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

James Worson merupakan pembuat sepatu yang tinggal di Leamington Spa, Warwickshire, Inggris. Ia memang dikenal sebagai pembuat sepatu yang handal, namun ia juga dikenal sebagai orang yang sombong dan suka membual. Hanya sedikit sekali informasi mengenai James Worson ini, sampai - sampai saya tidak menemukan kapan tepatnya ia lahir.

Suatu hari, James Worson mengatakan kepada teman - temannya bahwa dengan kemampuannya, ia mampu berlari hingga puluhan kilometer nonstop. Ia mengatakan jika ia mempunyai khusus yang tidak dimiliki oleh orang lain. Karena dinilai warga sebagai pembual, mereka lalu menantang James untuk berlari nonstop sampai ke Coventry yang jaraknya mencapai 14 kilometer lebih ( ada yang mengatakan 20 mil ). Dalam keadaan mabuk berat, James pun akhirnya menerima tantangan tersebut. Lalu, pada tanggal 3 September 1873, ia mulai berlari untuk membuktikan ucapannya tersebut.

Selama perjalanan yang melelahkan itu, James ditemani oleh dua orang temannya, yaitu Barham Wise dan seorang fotografer, Hammerson Burns. Dua orang tersebut mengikuti James dari belakang dengan menggunakan kereta kuda untuk memastikan James tidak berbuat curang. Selama perjalanan, James tidak lepas dari pengawasan kedua temannya itu, bahkan mereka bertiga sempat berbincang - bincang sebelum akhirnya James kembali berlari di depan mereka.

Tidak lama kemudian, Wise dan Burns tiba - tiba melihat James tersandung dan jatuh. Ia masih malihat dengan jelas meskipun jarak di antara mereka cukup jauh. Ketika James tersandung, Wise dan Burns mendengar suara jeritan yang mengerikan, kemudian terdengar suara tangisan. Wise mengatakan jika itu adalah suara yang paling mengerikan yang pernah ia dengar. Beberapa saat setelah mereka mendengar suara teriakan James yang mengerikan itu, mereka sampai di lokasi dimana James tersandung dan jatuh, namun mereka menemukan kejanggalan di tempat itu.

James sama sekali tidak ada disana, bahkan di tanah tempat jatuhnya James tidak ditemukan jejak tubuh James. Hal ini membuat mereka berdua heran dan ketakutan, karena James tiba - tiba menghilang sebelum ia sempat mendarat di tanah. Wise dan Burns kemudian mengambil gamabr gambar jejak kaki James yang terakhir sebelum ia menghilang, sekaligus sebagai bukti jika mereka ingin memberitahu warga yang lain.

Tidak lama kemudian, bantuan pun datang dan pencarian segera dilakukan untuk mencari James yang menghilang entah ke mana, bahkan warga juga mengerahkan anjing untuk membantu pencarian tersebut, namun James tetap tidak ditemukan dan James dinyatakan hilang secara misterius.

Menurut keterangan beberapa orang, legenda James Worson berkembang menjadi sebuah fenomena supranatural. Konon menurut kisah, arwah James masih terus melakukan tugasnya hingga saat ini, yaitu berlari dari Leamington ke Coventry. Suara - suara derap langkah kaki kerap terdengar di jalan yang diyakini masyarakat sebagai jalan yang dilalui oleh James dahulu.

Dampak[sunting | sunting sumber]

Legenda James Worson sering dijadikan sebuah asumsi kebenaran baik ceritanya maupun berbagai kontroversi mengenai kebenarannya.[1]

Terlepas dari kontroversinya, ada satu hal yang menarik dalam kisah James Worson ini. Sang penulis cerpen, Ambrose Bierce dikatakan juga menghilang secara misterius pada bulan Oktober 1913.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]