Sebastião Mascarenhas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sebastião Mascarenhas (lahir 29 Juli 1959) adalah uskup Keuskupan Baroda, Gujarat, India. Ia lahir dari pasangan Joaquim Mascarenhas, seorang juru masak untuk Klub Kriket India yang bekerja di Mumbai, dan Maria Barreto. Ia memiliki adik yang juga menjadi uskup bernama Theodore Mascarenhas. Keduanya merupakan pasangan kakak beradik kedua yang menjadi uskup di India, setelah Uskup Keuskupan Raiganj, Mgr. Alphonsus F. D’Souza, SJ, di Benggala Barat dan adiknya Uskup Agung Keuskupan Agung Agra, Mgr. Albert D’Souza di Uttar Pradesh.

Ia dan adiknya tergabung dalam Serikat Misionaris St. Fransiskus Xaverius (dikenal sebagai Pillar Fathers), sebuah kongregasi pribumi yang berbasis di Goa, India barat. Ia kemudian menjalankan tugas di Misi Khempur, Keuskupan Ahmedabad, Gujarat. Di Khempur ia diangkat menjadi pastor rekan paroki dan penanggung jawab asrama.

Ia mahir dalam sejumlah bahasa yakni Gujarat, Hindi, Marathi, Inggris, Jerman, dan Prancis. Ia diangkat menjadi uskup oleh Paus Fransiskus pada 31 Desember 2022.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]