SeaWorld Ancol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Seaworld Indonesia)
SeaWorld Ancol
LokasiTaman Impian Jaya Ancol, {{{location}}}
Nama sebelumnyaSeaWorld Indonesia
Luas area3 ha (7,4 ekar)
Dibuka2 Oktober 1992 (Sebagai SeaWorld Indonesia), July 17, 2015 (Sebagai SeaWorld Ancol)

SeaWorld Ancol adalah sebuah oceanarium yang terdapat dalam kompleks wisata pertama di Taman Impian Jaya Ancol.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SeaWorld Indonesia didirikan dengan konsep dasar negara maritim yang secara geografis lebih banyak terdiri dari perairan daripada daratan. Pada tanggal 2 Oktober, 1992. Gubernur Jakarta, Wiyogo Atmodarminto meletakkan batu pertama untuk menandai apa yang akan menjadi premis untuk dunia bawah laut, yang dalam waktu kurang dari dua tahun akan dikenal sebagai SeaWorld Indonesia. Sekarang situs akuarium terbesar di Asia Tenggara. Premis itu sendiri mencakup lebih dari 3 hektar lanskap, dengan bangunan utamanya menyebar sekitar 4.500 meter persegi, terlibat penuh dalam berbagai pameran.

Sementara itu, ruang yang digunakan untuk fasilitas umum saja, yaitu taman umum dan tempat parkir, telah menempati kurang lebih 3.000 meter persegi.

Pembagian dalam Seaworld Indonesia[sunting | sunting sumber]

Akuarium utama memelihara ribuan satwa laut Indonesia. Sebanyak 35.500 ekor ikan laut Indonesia dari 35 spesies yang berbeda dipelihara disini.

Ukuran akuarium ini mencapai 38 x 24 m dengan kedalaman yang bervariasi dari 4.5 hingga 6 m dan menyimpan 5 juta liter air laut. Karena besarnya akuarium utama ini tercatat sebagai akuarium air laut terbesar kedua di Asia Tenggara.

Area Air Tawar dilengkapi dengan koleksi-koleksi satwa air tawar dari berbagai negara, termasuk diantaranya piranha dan Arapaima gigas dari sungai Amazon. Akuarium air tawar yang ditampilkan terdapat memiliki beberapa tema antara lain Aquarest (Aquarium Rain Forest), Aquarapaima, Aqua Car, Ex-Quarium dan Aquarium Piranha.

Lorong Antasena adalah lorong bawah air sepanjang 80 m yang dioperasikan dengan pijakan berjalan otomatis dengan kubah tembus pandang. Memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan "bawah laut" tanpa harus khawatir tersandung saat menengadah ke atas untuk melihat ikan.

Aquarium Dugong merupakan tempat tinggal untuk mamalia laut yang langka yaitu Duyung (Dugong dugon) dan Otter's Track menjadi rumah bagi mamalia semi akuatik Aonyx cinerea.

Pesona kehidupan laut ditambahkan dengan adanya Akuarium ekosistem terumbu karang yang berisi koral, sponge dan berbagai biota penghuni terumbu karang yang indah, serta berbagai akuarium yang berisi berbagai hewan laut unik lainnya seperti Gurita Pasifik Raksasa, Kepiting Laba-Laba, Ikan Nanas dan Nautilus yang hidup di suhu sangat dingin.

Sengketa Kontrak[sunting | sunting sumber]

Pada akhir September 2014 terdapat perseteruan antara pihak Taman Impian Jaya Ancol & pihak Seaworld Indonesia. Seaworld Indonesia menyatakan bahwa perpanjangan kontrak yang berakhir pada Juni 2014 akan berlangsung otomatis sampai tahun 2034. Namun, pihak PT. Ancol Pembangunan menyatakan bahwa kontrak harus diperpanjang & tidak berlangsung otomatis. Pertikaian ini pun berakhir dengan penutupan Seaworld Indonesia pada tanggal 2, Oktober 2014. Lalu SeaWorld Indonesia dialih ke Taman Impian Jaya Ancol dengan nama SeaWorld Ancol dan dibuka lagi pada tanggal July 17, 2015.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]