Seacat (peluru kendali)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rudal seacat pada kapal perusak milik Angkatan Laut Britania Raya HMS Cavalier (R73)

Seacat adalah sebuah sistem peluru kendali permukaan ke udara jarak pendek yang awalnya dibuat bertujuan untuk menggantikan peran meriam bofors 40mm yang dinilai kurang efisien sebagai sistem pertahanan udara kapal perang di era perang dingin.[1] Dirancang oleh perusahaan kedirgantaraan Short Brothers yang terletak di Belfast, Irlandia Utara. Sebagai sebuah sistem pertahanan udara, Seacat adalah rudal anti pesawat generasi pertama yang diletakkan pada platform kapal perang. Rudal Seacat juga memiliki versi portabel berbasis daratnya yang bernama Tigercat.[2] Sistem pemandu yang dipakai oleh rudal Seacat adalah teknologi CLOS dan gelombang radio.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awal mula riwayat dari rudal Seacat ini adalah disaat perusahaan Short Brothers melakukan eksperimen Belfast SX-A5, dimana eksperimen tersebut dilaksanakan bertujuan untuk mengubah misil anti-tank Malkara agar dapat dikontrol menggunakan sinyal radio.

Operator[sunting | sunting sumber]

Negara pengguna peluru kendali Seacat ini meliputi:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Roberts, John (2009). Safeguarding the Nation: The Story of the Modern Royal Navy. Seaforth Publishing. hlm. 294. ISBN 9781783830305. 
  2. ^ "TIGERCAT SHORT RANGE ANTI-AIRCRAFT MISSILE". RAF Regiment Heritage (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-24. 
  3. ^ indomiliter (2017-07-08). "Pernah Menarik Perhatian, Apa Kabar Rudal Sea Cat Dislitbangal?". Indomiliter.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-24.