Seabiscuit (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Seabiscuit
Seabiscuit Poster 2013.jpg
Poster film Seabiscuit
SutradaraGary Ross
ProduserKathleen Kennedy
Frank Marshall
Gary Ross
Jane Sindell
SkenarioGary Ross
BerdasarkanSeabiscuit: An American Legend
oleh Laura Hillenbrand
PemeranTobey Maguire
Jeff Bridges
Chris Cooper
Elizabeth Banks
Gary Stevens
William H. Macy
MusikRandy Newman
SinematografiJohn Schwartzman
PenyuntingWilliam Goldenberg
Perusahaan
produksi
Spyglass Entertainment
The Kennedy/Marshall Company
Touchstone Pictures
DistributorUniversal Pictures
(Amerika Serikat)
DreamWorks Pictures
(internasional)
Tanggal rilis
  • 22 Juli 2003 (2003-7-22) (Los Angeles)
  • 25 Juli 2003 (2003-7-25) (Amerika Serikat)
Durasi
141 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$87 juta[2]
Pendapatan kotor$148.336.445[2]

Seabiscuit adalah film drama sejarah Amerika Serikat tahun 2003 yang disutradarai oleh Gary Ross dan diproduseri oleh Kathleen Kennedy, Frank Marshall, Gary Ross dan Jane Sindell. Naskah film ini ditulis oleh Gary Ross berdasarkan buku non-fiksi Seabiscuit: An American Legend karya Laura Hillenbrand. Film ini dibintangi oleh Tobey Maguire, Jeff Bridges, Chris Cooper, Elizabeth Banks, Gary Stevens dan William H. Macy.

Film Seabiscuit merupakan film kolaborasi kedua Tobey Maguire dan Chris Cooper setelah film This Boy's Life. Film ini merupakan film kolaborasi kedua Tobey Maguire dan Elizabeth Banks setelah film Spider-Man. Film ini ditayangkan secara perdana di Los Angeles pada tanggal 22 Juli 2003[3] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 25 Juli 2003. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Red Pollard (Tobey Maguire), Charles S. Howard (Jeff Bridges) dan Tom Smith (Chris Cooper) datang bersama sebagai joki utama, pemilik dan pelatih kuda juara Seabiscuit, bangkit dari masa sulit untuk mencapai popularitas dan sukses melalui hubungan mereka dengan kuda tersebut.

Red merupakan putra dari keluarga Kanada yang kesulitan secara finansial karena Depresi Besar. Karena mereka sangat membutuhkan uang, keluarganya meninggalkan Red dengan pelatih kuda. Red akhirnya menjadi joki, tetapi ia menghasilkan uang tambahan melalui pertandingan tinju ilegal yang membuatnya buta di satu mata. Charles merupakan seorang karyawan di sebuah toko sepeda yang diminta oleh pengendara yang lewat untuk memperbaiki mobilnya, sebuah teknologi yang baru-baru ini diperkenalkan, sehingga Charles memiliki pengetahuan dengan mobil untuk meningkatkan kinerja mereka dan menjual mobil tersebut sebagai dealer, akhirnya Charles menjadi dealer mobil terbesar di California dan salah satu orang terkaya di Bay Area. Namun, putranya tewas dalam kecelakaan mobil saat mengendarai mobil keluarga, menyebabkan Charles sangat depresi dan istri Charles (Valerie Mahaffey) meninggalkannya.

Dalam perjalanan ke Meksiko untuk bercerai, ia bertemu dengan Marcela Zabala (Elizabeth Banks). Setelah menikah dengan Marcela, Charles mendapatkan sekandang kuda dan memiliki kesempatan bertemu dengan pelatih kuda yang terampil dan ramah Tom. Charles mempekerjakan Tom untuk mengelola istal di mana Tom, yang mengkhususkan diri dalam memulihkan kuda yang terluka dan tersiksa, menjelaskan kepada Charles, "Anda tidak membuang seluruh kehidupan hanya karena sedikit terpukul." Tom meyakinkan Charles untuk mendapatkan kuda Seabiscuit, yang berasal dari garis keturunan terkenal, tetapi ia telah dianggap "tidak dapat dipulihkan" oleh pemilik sebelumnya dan kemudian dipatahkan dan dilatih untuk kalah melawan kuda yang lebih baik.

Tom tidak dapat menemukan joki yang bersedia menghadapi temperamen Seabiscuit, tetapi setelah melihat Red Pollard berkelahi dengan anak laki-laki lainnya, ia melihat bahwa Red memiliki temperamen yang sama dengan Seabiscuit dan memutuskan untuk mengangkatnya sebagai joki Seabiscuit. Seabiscuit dan Red menjadi dekat dan mereka mulai berlomba. Setelah mengatasi kesulitan-kesulitan awal, seperti media yang meremehkan mereka, masalah kemarahan Red serta matanya yang buta, Seabiscuit mulai meraih sukses besar dan menjadi underdog yang sangat populer bagi jutaan orang yang terkena dampak Depresi Besar. Terinspirasi, Charles mencoba berulang kali untuk meminta balapan dengan taipan New York, Samuel Riddle (Eddie Jones), dan kuda jantannya yang menakutkan, War Admiral, kuda balap nomor satu di Amerika Serikat. Samuel akhirnya menyerah untuk melakukan pertandingan balapan dengan syarat hanya antara War Admiral dan Seabiscuit, tetapi menjelang pertandingan, Red terluka dalam kecelakaan berkuda, mematahkan kakinya. Ketika dokter melaporkan bahwa ia tidak akan bisa naik lagi, Red menunjukkan bahwa Charles mendapatkan teman lama, joki George Woolf (Gary Stevens) yang sukses menjadi joki baru Seabiscuit.

Red mengajarkan George tentang penanganan dan tingkah laku Seabiscuit. Dalam pertandingan balapan, Seabiscuit mengganggu War Admiral, sebagian karena rahasia bahwa Red berhubungan dengan George, memerintahkannya untuk menahannya dengan kuda yang lain sehingga ia mendapat "pandangan yang baik terhadap War Admiral". Kemudian, Seabiscuit berlomba di Santa Anita Park ketika ia terluka dan harus berhenti. Red membantunya untuk pulih dan layak untuk balapan lagi. Perlombaan terakhir lagi di Santa Anita Park dan Red menungganginya kali ini setelah memasang penjepit khusus buatan sendiri di kakinya sendiri agar tetap stabil. George memiliki kuda yang berbeda. Seabiscuit turun ke peringkat terakhir, tetapi George menahan diri untuk berada di samping Red dan membiarkan Seabiscuit "mendapatkan penampilan terbaik". Setelah percakapan singkat, Seabiscuit melompat dan memenangkan perlombaan.

Red berkata, "Anda tahu, semua orang berpikir bahwa kami menemukan kuda yang tidak pulih ini dan memulihhkannya, tetapi kami tidak melakukannya. Ia memulihkan kami. Setiap orang dari kami. Dan saya kira hanya satu cara, kami juga saling memperbaiki satu sama lain."

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Seabiscuit mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 77%, berdasarkan 202 ulasan, dengan rating rata-rata 7,1/10.[4] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 72 dari 100, berdasarkan 43 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[5] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[6]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Seabiscuit mendapatkan $120.277.854 di Amerika Utara dan $28.058.591 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $148.336.445, melebihi anggaran produksi film $87 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $20.854.735, menempati posisi kelima di box office di belakang film Spy Kids 3-D: Game Over, Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl, Bad Boys II dan Lara Croft Tomb Raider: The Cradle of Life.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Seabiscuit (PG)". British Board of Film Classification. August 20, 2003. Diakses tanggal May 15, 2013. 
  2. ^ a b c d "Seabiscuit (2003)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ "'Seabiscuit' Premiere". CBS News. Diakses tanggal April 3, 2018. 
  4. ^ "Seabiscuit (2003)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "Seabiscuit reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  6. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]