Scream (film 2022)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Scream
Sutradara
  • Matt Bettinelli-Olpin
  • Tyler Gillett
Produser
  • James Vanderbilt
  • Paul Neinstein
  • Chad Villella
  • William Sherak
Ditulis oleh
  • James Vanderbilt
  • Guy Busick
Berdasarkan
Karakter karya Kevin Williamson
Pemeran
Penata musikBrian Tyler
SinematograferBrett Jutkiewicz
PenyuntingMichel Aller
Perusahaan
produksi
DistributorParamount Pictures
Tanggal rilis
  • 14 Januari 2022 (2022-01-14) (Amerika Serikat)
Negara Amerika Serikat
Bahasabahasa Inggris

Scream adalah film jagal Amerika Serikat tahun 2022 yang disutradarai Matt Bettinelli-Olpin & Tyler Gillett.[1] Film ini menjadi yang kelima di seri film Scream, dan merupakan peluncuran ulang waralaba ini. Scream dibintangi Melissa Barrera, Kyle Gallner, Mason Gooding, Mikey Madison, Dylan Minnette, Jenna Ortega, Jack Quaid, Jasmin Savoy Brown, dan Sonia Ammar. Marley Shelton, Skeet Ulrich, Roger L. Jackson, Heather Matarazzo, Courteney Cox, David Arquette, dan Neve Campbell mengulang peran mereka dari film-film sebelumnya.

Cerita berlatar 25 tahun setelah pembunuhan Woodsboro yang pertama, ketika Ghostface lain muncul dan mulai menargetkan sekelompok remaja yang masing-masing terhubung dengan pembunuhan aslinya. Mirip dengan entri sebelumnya, Scream menggabungkan film jagal dengan elemen komedi hitam untuk menyindir tren reboot dan sekuel warisan.

Scream dirilis di Amerika Serikat pada 14 Januari 2022, oleh Paramount Pictures. Film ini mendapat ulasan positif dari kritikus dan meraup lebih dari $140 juta, engan anggaran produksi $24 juta. Film sekuel, Scream VI, dirilis pada Maret 2023.

Plot[sunting | sunting sumber]

Hampir 25 tahun setelah pembunuhan besar-besaran Billy Loomis dan Stu Macher di Woodsboro dari Scream (1996), Tara Carpenter menjadi korban serangan Ghostface yang baru, tetapi berhasil selamat.

Saudari perempuannya, Sam, kembali ke Woodsboro bersama kekasihnya, Richie Kirsch, untuk mengunjunginya. Sam dipertemukan kembali dengan teman-teman Tara: Wes Hicks, Amber Freeman, si kembar Chad dan Mindy Meeks-Martin, dan Liv McKenzie. Malam itu, mantan kekasih Liv, Vince Schneider, dibunuh oleh Ghostface. Setelah diserang Ghostface di rumah sakit, Sam membuka rahasinya kepada Tara, yaitu ayah kandungnya adalah Billy Loomis dan hal ini adalah penyebab orangtuanya berpisah, membuat Sam menyalahkan dirinya.

Menyadari pembunuhan ini berkaitan dengannya, Sam mengunjungi Dewey Riley untuk meminta bantuannya menghentikan Ghostface. Dewey kemudian menghubungi Gale Weathers, yang sudah bercerai dengannya, dan Sidney Prescott untuk memperingatkan mereka tentang kembalinya Ghostface. Setelah mengetahui rahasia Sam dan bahwa Vince adalah keponakan Stu Macher, Mindy menyadari bahwa serangan-serangan Ghostface berkaitan dengan pembunuhan aslinya, dan sang pembunuh sedang melakukan "requel" - kelanjutan dari sebuah film yang melanjutkan cerita aslinya, tetapi menggunakan karakter-karakter baru sebagai fokus utamanya, sementara masih menampilkan karakter asli. Menurut Mindy, dirinya dan Chad yang merupakan keponakan Randy Meeks juga berada dalam bahaya, begitu juga dengan Wes, yang ibunya Judy Hicks muncul di waralaba film Stab, dan Dewey Riley yang merupakan "karakter warisan". Ghostface kemudian membunuh Wes dan ibunya di rumah mereka.

Gale datang ke Woodsboro untuk meliput cerita dan menemui Dewey. Di rumah sakit, Tara dan Richie diserang oleh Ghostface, tetapi diselamatkan oleh kedatangan Dewey dan Sam. Sam, Tara, dan Richie berhasil melarikan diri, tetapi Dewey terbunuh saat mencoba menghabisi Ghostface. Sidney datang setelah kematian Dewey dan meminta bantuan Sam untuk menghentikan Ghostface. Sam menolak dan memilih untuk meninggalkan kota bersama Richie dan Tara, meskipun diperingatkan oleh Sidney bahwa si pembunuh akan terus mengejar mereka. Dalam perjalanan, Tara kehilangan inhalernya dan harus singgah ke rumah Amber, yang sedang mengadakan pesta untuk mengenang Wes. Sidney dan Gale mengikuti ketiganya ke rumah Amber, yang ternyata adalah bekas rumah Stu, dimana Sidney pernah hampir dibunuh olehnya dan Billy. Chad dan Mindy kemudian sama-sama diserang oleh Ghostface. Saat grup yang panik sedang berkumpul, Amber mengeluarkan pistol dan menembak kepala Liv, mengungkap dirinya sebagai sang pembunuh. Sidney tiba bersama Gale, yang ditembak oleh Amber, sementara Richie menikam Sam dan mengungkap dirinya sebagai rekan Amber. Richie dan Amber membawa Sam, Sidney, dan Gale ke dapur dimana Sidney pernah berhadapan dengan Billy dan Stu.

Richie dan Amber mengungkapkan bahwa mereka adalah penggemar serial film Stab yang bertemu secara online. Kecewa dengan film-film sekuelnya, terutama film terbaru Stab 8 yang merupakan rekuel, mereka sepakat untuk menyediakan "bahan cerita" baru untuk film Stab, dengan melakukan pembunuhan besar-besaran dan membawa kembali "karakter warisan" Sidney Prescott dan membunuhnya, dan kemudian menyalahkan pembunuhannya pada Sam. Sam menyerang Richie dan Tara menyerang Amber tetapi dia dilumpuhkan; Richie mengejar Sam sementara Sidney dan Gale melawan Amber bersama-sama, diakhiri dengan Gale berhasil membebaskan diri dan menembak Amber, yang jatuh di atas kompor yang menyala dan terbakar. Setelah melihat halusinasi Billy, Sam yang sedang diserang Richie berhasil menusuknya berulang kali, sebelum menembak dan membunuhnya. Amber yang terbakar parah mencoba untuk kembali menyerang, tetapi ditembak mati oleh Tara.

Si kembar Mindy dan Chad berhasil selamat dan dibawa ke rumah sakit, sementara Sam berterima kasih kepada Sidney dan Gale atas bantuan mereka. Gale mengungkap keengganannya untuk menulis buku tentang pembunuhan ini dan memilih untuk menulis penghormatan kepada Dewey.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Melissa Barrera sebagai Sam Carpenter
  • Kyle Gallner sebagai Vince Schneider
  • Mason Gooding sebagai Chad Meeks-Martin
  • Mikey Madison sebagai Amber Freeman
  • Dylan Minnette sebagai Wes Hicks
  • Jenna Ortega sebagai Tara Carpenter
  • Jack Quaid sebagai Richie Kirsch
  • Marley Shelton sebagai Judy Hicks
  • Skeet Ulrich sebagai Billy Loomis
  • Jasmin Savoy Brown sebagai Mindy Meeks-Martin
  • Sonia Ammar sebagai Liv McKenzie
  • Reggie Conquest sebagai Farne
  • Roger L. Jackson sebagai pengisi suara Ghostface
  • Heather Matarazzo sebagai Martha Meeks
  • Chester Tam sebagai Vinson
  • Neve Campbell sebagai Sidney Prescott
  • Courteney Cox sebagai Gale Weathers
  • David Arquette sebagai Dewey Riley

Aktor Scream sebelumnya Matthew Lillard (Stu), Drew Barrymore (Casey Becker), Jamie Kennedy (Randy), Hayden Panettiere (Kirby Reed), Henry Winkler (Arthur Himbry), dan Adam Brody (Hoss) menjadi pengisi suara sebagai peserta pesta.[2][3] Pengisi suara lainnya sutradara film Matt Bettinelli-Olpin dan Tyler Gillett, janda Wes Craven, Iya Labunka, serta orang-orang yang terlibat di film-film sebelumnya: penulis naskah Kevin Williamson, komposer Marco Beltrami, editor Patrick Lussier, produser Julie Plec, dan Rian Johnson.[2][3] Lillard juga mengisi suara Ghostface di Stab 8, sementara Barrymore megisi suara sebagai kepala sekolah.[2][3] Foto Panettiere sebagai karakternya di Scream 4, Kirby, juga ditunjukkan, secara tidak langsung mengungkapkan bahwa dia selamat dari kejadian di film tersebut.[4]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Film ini ditayangkan pada 14 Januari 2022 di Amerika Serikat oleh Paramount Pictures.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Scott, Ryan (May 20, 2020). "Scream 5 Is Expected to Begin Filming This Fall in North Carolina". MovieWeb. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 29, 2020. Diakses tanggal September 26, 2020. 
  2. ^ a b c Goldman, Eric (January 21, 2022). "Scream Directors Talk Full Spoilers: The Killer, Who Died, and Secret Cameos". Fandom. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 26, 2022. Diakses tanggal January 21, 2022. 
  3. ^ a b c Navarro, Meagan (January 20, 2022). "Scream Filmmakers Reveal the Surprise Easter Egg Cameos You Didn't Notice! [Spoiler Interview]". Bloody Disgusting. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 21, 2022. Diakses tanggal January 22, 2022. 
  4. ^ Hedash, Kara (January 14, 2022). "Is Kirby In Scream 2022? Did She Survive Scream 4?". Screen Rant. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 5, 2022. Diakses tanggal January 15, 2022. 
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama ReleaseDate

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Tyler Gillett