Scream (film 1996)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Scream
SutradaraWes Craven
Produser
  • Cathy Konrad
  • Cary Woods
Ditulis olehKevin Williamson
PemeranNeve Campbell
David Arquette
Courteney Cox
Matthew Lillard
Rose McGowan
Skeet Ulrich
Drew Barrymore
Penata musikMarco Beltrami
SinematograferMark Irwin
PenyuntingPatrick Lussier
DistributorAmerika Serikat Dimension Films
Tanggal rilis
20 Desember 1996
Durasi113 menit
NegaraAmerika Serikat Amerika Serikat
BahasaInggris
AnggaranAS$14,000,000
Pendapatan
kotor
AS$173,046,567
SekuelScream 2

Scream adalah film jagal Amerika tahun 1996 yang disutradarai oleh Wes Craven dan ditulis Kevin Williamson. Film ini dibintangi David Arquette, Neve Campbell, Courteney Cox, Matthew Lilard, Rose McGowan, Skeet Ulrich, dan Drew Barrymore. Scream mengikuti murid SMA Sidney Prescott dan teman-temannya di kota fiktif Woodsboro yang menjadi target dari pembunuh misterius dengan kostum halloween yang disebut sebagai Ghostface. Film ini menyindir klise dari film-film jagal pada umumnya dimana karakter-karakternya sadar akan klise itu dan menggunakan pengetahuan mereka untuk bertahan hidup. Scream juga dianggap berhasil merevitalisasi genre film horor dengan menggabungkan genre film jagal dengan misteri "whodunit".

Film ini mendapat respon positif dan sukses secara finansial, meraup $173 juta dan menjadi film jagal dengan penghasilan tertinggi hingga rilisnya Halloween (2018). Kesuksesan Scream meluncurkan berbagai sekuel yang dimulai dengan Scream 2 (1997)

Plot[sunting | sunting sumber]

Murid SMA Casey Becker sedang di rumah sendiri saat dia menerima telepon dari orang tak dikenal, dan keduanya mulai mendiskusikan film horor. Si penelepon mulai mengganggu Casey dan mengancam nyawanya, dan kemudian mengungkapkan bahwa pacarnya, Steve Orth, diikat dan disumpal di terasnya. Si penelepon meminta Casey untuk menjawab serangkaian pertanyaan seputar film horor dan sebagai gantinya Steve akan selamat. Setelah salah menjawab pertanyaan tentang Friday the 13th, Steve dibunuh di depannya. Casey menolak untuk melanjutkan permainan dan mencoba kabur, tetapi terpojok oleh seseorang yang mengenakan kostum "Ghostface", yang membunuhnya sebelum orang tuanya kembali ke rumah yang kemudian menemukan mayatnya yang dikeluarkan isi perutnya tergantung di pohon.

Remaja Sidney Prescott sedang berjuang untuk menghadapi peringatan satu tahun pemerkosaan dan pembunuhan ibunya, Maureen, sementara reporter Gale Weathers, yang dibenci Sidney, datang untuk meliput berita. Gale bertanggung jawab atas menyebarnya rumor dan konspirasi mengenai kematian Maureen, menyiratkan bahwa Cotton Weary yang disalahkan atas pembunuhan itu sebenarnya tidak bersalah. Malam itu, Ghostface mengejek Sidney melalui telepon sebelum menyerangnya. Sidney berhasil mempertahankan diri dan memanggil polisi, sementara si pembunuh kabur setelah pacar Sidney, Billy Loomis, datang. Billy menjatuhkan ponselnya, dan Sidney yang curiga membuatnya ditahan polisi. Malam itu, Sidney menginap di rumah sahabatnya Tatum Riley dan mendapat telepon lain dari Ghostface.

Keesokannya, Billy dibebaskan dan kecurigaan berpindah ke ayah Sidney, Neil Prescott, karena panggilan telepon terlacak ke ponselnya. Setelah sekolah diliburkan karena serangan Ghostface, kepala sekolah Arthur Himbry ditikam hingga mati oleh Ghostface. Pacar Tatum dan sahabat Billy, Stu Macher, mengadakan pesta untuk merayakan liburnya sekolah. Gale datang tanpa diundang, karena merasa Ghostface akan kembali menyerang, dan meletakkan kamera tersembunyi di dalam rumah Stu. Kakak Tatum, deputi Dewey Riley, juga ada disana untuk berjaga. Tatum pergi ke garasi untuk mengambil bir, dimana dia dipojokkan oleh Ghostface yang menghancurkan lehernya dengan pintu garasi saat dia mencoba kabur. Setelah mendengar kematian kepala sekolah, para peserta pesta pergi untuk melihat mayatnya, dan hanya menyisakan Sidney, Billy, Stu, teman mereka Randy Meeks, dan juru kamera Gale, Kenny.

Setelah berhubungan seks, Sidney dan Billy diserang oleh Ghostface yang menusuk Billy. Sidney kabur dan meminta bantuan kepada Kenny, yang dibunuh oleh Ghostface. Setelah menemukan mayat Kenny, Gale mencoba kabur, tetapi mobil vannya kecelakaan, sementara Dewey ditusuk di belakang saat sedang menginvestigasi. Sidney mengambil pistolnya untuk perlindungan. Randy dan Stu muncul dan saling menuduh satu sama lain sebagai pembunuhnya dan Sidney kembali masuk ke rumah, dimana Billy yang terluka menghampirinya. Setelah membiarkan Randy masuk, Sidney memberikan pistolya kepada Billy, yang menembak Randy dan mengungkap dirinya sebagai si pembunuh. Stu kemudian mengungkap dirinya sebagai rekan Billy.

Billy dan Stu memojokkan Sidney di dapur dan menjelaskan rencana mereka untuk membunuhnya dan menyalahkan pembantaian ini kepada ayahnya, yang disandra. Mereka juga mengaku telah membunuh Maureen, karena dia menjalin perselingkuhan dengan ayah Billy, yang membuat ibunya pergi. Gale muncul dan berhasil membuat Sidney kabur, yang kini sebagai gantinya mengejek Billy dan Stu dengan telepon. Sidney berhasil membuat Billy pingsan dan membunuh Stu dengan menjatuhkan televisi ke kepalanya. Billy yang marah bangun dan menyerang Sidney, tetapi ditembak oleh Gale. Randy, yang masih hidup, mengatakan bahwa si pembunuh selalu bangkit kembali. Saat Billy bangkit, Sidney menembak kepalanya dan akhirnya membunuhnya. Saat polisi datang, Dewey yang terluka parah dibawa oleh ambulan sementara Gale meliput cerita malam itu.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Kameo[sunting | sunting sumber]

  • Roger L. Jackson sebagai Suara Telepon (Suara)
  • Carla Hatley sebagai Mrs. Becker
  • David Booth sebagai Mr. Becker
  • C. W. Morgan sebagai Hank Loomis
  • Liev Schreiber sebagai Cotton Weary
  • Wes Craven sebagai Janitor sekolah
  • Dane Farewell (Stuntman) sebagai killer in costume

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]