Schlager

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Musik Schlager ( Jerman: [ˈʃlaːɡɐ], " hit(s) ") [2] adalah gaya musik populer Eropa yang umumnya merupakan iringan instrumental yang menarik untuk karya vokal musik pop dengan lirik sederhana, happy-go-lucky, dan seringkali sentimental.

Michelle tampil di Berlin, 15 Maret 2017, di mana dia menyanyikan schlagers serta balada

Lagu schlager yang khas adalah balada yang manis dan sentimental dengan melodi yang sederhana dan menarik atau nada pop yang ringan. Lirik biasanya berpusat pada cinta, hubungan, dan perasaan. Varian utara schlager (terutama di Finlandia) telah mengambil unsur-unsur dari Finlandia, Nordik, Slavia, dan lagu rakyat Eropa Timur lainnya, dengan lirik yang cenderung melankolis dan tema elegi. Secara musikal, schlager memiliki kemiripan dengan gaya seperti easy listening.[butuh rujukan] Schlager adalah kata serapan dari bahasa Jerman. Itu juga masuk ke beberapa bahasa lain (seperti Denmark, Norwegia, Swedia, Belanda, Ceko, Hungaria, Lituania, Latvia, Estonia, Serbia, Turki, Rusia,[3] Ibrani, dan Rumania,[4] misalnya), di mana itu mempertahankan maknanya sebagai "hit (musikal)". Gaya tersebut telah sering ditampilkan di Kontes Lagu Eurovision dan telah populer sejak kontes tersebut dimulai pada tahun 1956,[5] meskipun secara bertahap digantikan oleh gaya musik pop lainnya.

Eropa Tengah[sunting | sunting sumber]

Penyanyi dan presenter Austria Andy Borg dan penyanyi Swiss Francine Jordi

Akar schlager Jerman sudah tua. Awalnya itu berarti pukul atau serang. Penggunaan pertama kata yang diterapkan pada musik, dalam arti aslinya, adalah dalam kritik malam pembukaan di surat kabar Wiener Fremden-Blatt pada 17 Februari 1867 tentang The Blue Danube oleh Johann Strauss II.[6] Salah satu nenek moyang musik schlager dalam pengertiannya saat ini mungkin adalah operet, yang sangat populer di awal abad ke-20. Pada 1920-an dan 1930-an, Komedian Harmonis dan Rudi Schuricke meletakkan dasar untuk musik baru ini.[7] Penyanyi schlager terkenal tahun 1950-an dan awal 1960-an termasuk Lale Andersen, Freddy Quinn, Ivo Robić, Gerhard Wendland, Caterina Valente, Margot Eskens dan Conny Froboess.Schlager mencapai puncak popularitas di Jerman dan Austria pada 1960-an (menampilkan Peter Alexander dan Roy Black) dan awal 1970-an. Dari pertengahan 1990-an hingga awal 2000-an, schlager juga mengalami kebangkitan besar-besaran di Jerman, misalnya oleh Guildo Horn,[8] Dieter Thomas Kuhn, Michelle, dan Petra Perle. Klub dansa akan memainkan serangkaian judul schlager selama satu malam, dan banyak band baru dibentuk yang berspesialisasi dalam versi sampul schlager tahun 1970-an dan materi yang lebih baru.

Di Hamburg pada tahun 2010-an, ratusan ribu penggemar schlager masih berkumpul setiap tahun, [9] mengenakan pakaian tahun 1970-an untuk parade jalanan yang disebut "Schlager Move". Penunjukan Schlager Move juga digunakan untuk sejumlah pesta musik schlager yang lebih kecil di beberapa kota besar Jerman sepanjang tahun.[10] (Kebangkitan ini terkadang dikaitkan dengan kitsch dan camp.)

Artis Jerman Helene Fischer

Orang Jerman memandang schlager sebagai musik country mereka, dan musik country Amerika dan Tex-Mex keduanya merupakan elemen utama dalam budaya schlager. ("Is This the Way to Amarillo" sering dimainkan dalam konteks schlager, biasanya dalam bahasa Inggris aslinya.)

Penyanyi schlager populer termasuk Michael Holm, Roland Kaiser, Hansi Hinterseer, Jürgen Drews, Andrea Berg, Heintje Simons, Helene Fischer, Nicole, Claudia Jung, Andrea Jürgens, Michelle, Kristina Bach, Marianne Rosenberg, Simone Stelzer, Daniela Alfinito, Semino Rossi, Vicky Leandros, Leonard, DJ Ötzi, Andreas Gabalier dan yang terbaru, Beatrice Egli.[11] Secara gaya, schlager terus memengaruhi "party pop" atau "party-schlager" Jerman (mis "Layla", 2022): [12] yaitu, musik yang paling sering terdengar di bar après-ski dan disko massa Majorcan.Schlager kontemporer sering bercampur dengan Volkstümliche Musik. Jika itu bukan bagian dari kebangkitan kitsch yang ironis, selera untuk kedua gaya musik ini biasanya dikaitkan dengan pub sederhana, pameran hiburan, dan tempat liga bowling. Di dunia berbahasa Inggris, grup paling populer yang memasukkan unsur schlager dalam gaya mereka mungkin adalah ABBA, sebuah band yang memadukan musik tradisional Swedia, schlager, dan pop-rock untuk menciptakan suara mereka sendiri.[13]

Antara 1975 dan 1981, schlager gaya Jerman menjadi berorientasi disko, dalam banyak hal menyatu dengan musik disko arus utama saat itu. Penyanyi seperti Marianne Rosenberg merekam hit schlager dan disko. Lagu "Moskau" oleh band Jerman Dschinghis Khan adalah salah satu schlager berbasis tarian modern paling awal, sekali lagi menunjukkan bagaimana schlager tahun 1970-an dan awal 1980-an bergabung dengan disko arus utama dan disko Euro. Dschinghis Khan, yang pada dasarnya adalah band Euro-disko, juga memainkan schlager yang dipengaruhi disko.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Creekmur, Corey K., and Linda Y. Mokdad. The International Film Musical. Edinburgh University Press, 2012.
  2. ^ Raykoff, Ivan; Deam Tobin, Robert (2007). A Song for Europe: Popular Music and Politics in the Eurovision Song Contest. London England and Burlington, Vt. USA: Ashgate Publishing, Ltd. hlm. 37–58. ISBN 9780754658795. 
  3. ^ Artikel ini mencantumkan isi yang diambil dari Ensiklopedia Besar Soviet, 1969–1978, yang sebagian berada dalam domain publik.
  4. ^ "Dexonline". Dexonline.ro. Diakses tanggal 8 July 2018. 
  5. ^ Raykoff, Ivan; Deam Tobin, Robert (2007). A Song for Europe: Popular Music and Politics in the Eurovision Song Contest. London England and Burlington, Vt. USA: Ashgate Publishing, Ltd. hlm. 37–58. ISBN 9780754658795. 
  6. ^ Norbert Linke: Musik erobert die Welt. Wie die Wiener Familie Strauß die „Unterhaltungsmusik“ revolutionierte. Herold, Wien 1987, ISBN 3-7008-0361-3, S. 204.
  7. ^ Alsmann, Götz (8 May 2008). "Der Schlager hat sich selbst entmannt". Der Spiegel (dalam bahasa Jerman). Diakses tanggal 26 September 2015. 
  8. ^ Raykoff, Ivan; Deam Tobin, Robert (2007). A Song for Europe: Popular Music and Politics in the Eurovision Song Contest. London England and Burlington, Vt. USA: Ashgate Publishing, Ltd. hlm. 37–58. ISBN 9780754658795. 
  9. ^ ""Schlagermove" - Atlantic Alliance". Archive.today. 21 July 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 July 2012. Diakses tanggal 20 November 2018. 
  10. ^ "Schlagermove - Home". Schlagermove.de. Diakses tanggal 8 July 2018. 
  11. ^ Entry at Schlagerguide, (in German)
  12. ^ Koch, Tanit; mattwithers (2022-07-27). "Germansplaining: The song of the silly season". The New European (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-10-10. 
  13. ^ Harrison, A., "Why are ABBA so popular?," BBC Online, 21 October 2014. Retrieved 5 August 2022.