Schöma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SCHÖMA Christoph Schöttler Maschinenfabrik GmbH
Schöma
PendiriChristoph Schöttler
Situs webwww.schoema.de Sunting ini di Wikidata
Plat perakit Schöma dan Asper pada pelangsir Tm 237 906-3 milik Pesa Company (2010)

Schöma adalah sebuah perusahaan yang berkantor pusat di Diepholz, Jerman, dan berfokus pada produksi lokomotif diesel kecil.

Setelah Christoph Schöttler mengundurkan diri dari bisnis ayahnya, Diepholzer Maschinenfabrik Fritz Schöttler (DIEMA), karena tidak sepaham soal variasi produk, pada tahun 1930, ia mendirikan pabrik mesinnya sendiri dengan nama Christoph Schöttler Maschinenfabrik GmbH (SCHÖMAG), yang kemudian diubah menjadi Schöma. Pada awalnya, perusahaan ini melanjutkan produksi traktor dan mesin penggiling, namun kemudian mulai memproduksi kendaraan rel.

Schöma kemudian menjadi salah satu produsen perkeretaapian ladang, perkeretaapian tambang, lokomotif diesel, dan peralatan perawatan jalan rel bersepur sempit penting. Perusahaan ini pun mengembangkan mesin, transmisi, dan drive shaftnya sendiri untuk dipasang di lokomotif diesel buatannya. Pada awal dekade 1960-an, Schöma mengembangkan kerja sama dengan Deutsche Bundesbahn, untuk memproduksi Klv 53 dan Klv 54.

Pada tahun 1970, Schöma mulai memproduksi lokomotif terowongan, yang saat ini menjadi produk utamanya. Lokomotif ini digunakan dalam pembangunan terowongan pejalan kaki, terowongan jalan, ataupun terowongan pasokan. Selain lokomotif terowongan, Schöma juga memproduksi lokomotif penarik dan lokomotif untuk perkeretaapian pulau, baik dengan sepur standar ataupun sepur sempit. Pada hari jadinya yang ke-75, Schöma berhasil memproduksi lokomotif ke-6000. Banyak lokomotif dibuat sesuai pesanan. Konversi lokomotif tua juga menjadi salah satu bagian dari program.

Sejak tanggal 19 Mei 2011, sebuah lokomotif Schöma-Feldbahn (buatan tahun 1943) dengan sebuah gerbong gambut dipasang di tengah bundaran di jalan raya antara Vechta dan Damme di Lohne (Oldenburg) - sekitar tujuh kilometer dari Diepholz - untuk mengenang transportasi gambut dari Südlohner Moor di kaki bukit ke Dammer di atas bukit.

Pada tahun 2012, generasi keempat dari Christoph Schöttler resmi mengendalikan perusahaan ini.

Contoh[sunting | sunting sumber]

Terowongan di mana lokomotif buatan Schöma pernah dipakai : Tempat di mana lokomotif penarik buatan Schöma masih dipakai : Museum dan perkeretaapian pulau dengan lokomotif buatan Schöma :

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Andreas Christopher, Ulrich Völz: Die Feldbahn, Band 7: 75 Jahre SCHÖMA, Ingrid Zeunert, Gifhorn 2005, ISBN 3-924335-42-7 (Christoph Schöttler Maschinenfabrik 1930–2005)
  • Dieter Holtbrügger:" Qualität made in Diepholz." In: eisenbahn-magazin 12/2012, S. 38f.
  • Georg Thomas: "Gefragte Loks". In: Niedersächsische Wirtschaft 02/2014 S. 28

Pranala luar[sunting | sunting sumber]