Scala Sancta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Scala Sancta

Scala Sancta, (bahasa Italia: Scala Santa), (bahasa Indonesia: Tangga kudus) adalah satu set 28 tangga marmer putih terletak di sebuah bangunan di properti ekstrateritorial Tahta Suci di Roma, Italia dekat dengan Basilika Agung Santo Yohanes di Laterano.[1] Secara resmi, bangunan tersebut diberi judul Suaka Kepausan Tangga Suci (Pontificio Santuario della Scala Santa), dan menggabungkan bagian dari Kepausan lama Istana Lateran. Tangga replika mengapit tangga asli, yang hanya boleh dinaiki dengan berlutut. Tangga Suci mengarah ke Gereja Saint Lawrence di Palatio ad Sancta Sanctorum (Chiesa di San Lorenzo di Palatio ad Sancta Sanctorum) atau hanya "Sancta Sanctorum" (Inggris: Kesucian Kudus), yang merupakan kapel pribadi Paus awal.

Menurut tradisi Katolik Roma, Tangga Suci adalah anak tangga menuju praetorium Pontius Pilatus di Jerusalem di mana Yesus Kristus menginjak jalannya kepada sidang selama Passion. Tangga konon dibawa ke Roma oleh Santo Helena pada abad keempat. Pada Abad Pertengahan mereka dikenal sebagai "Scala Pilati", (Tangga Pilatus).[2]

Selama berabad-abad, Scala Sancta telah menarik peziarah Kristen yang ingin menghormati Sengsara Yesus Kristus. Sejak awal 1700-an, Holy Stairs telah terbungkus kayu untuk perlindungan, tetapi sempat terekspos pada tahun 2019 setelah pekerjaan restorasi.[3][4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ www.vatican.va Stampa della Santa Sede: Zone extraterritoriali vaticani, 3 April 2001 (Italia). Diakses tanggal 24 Maret 2014.
  2. ^ Oliger, Livarius. "Scala Sancta (Tangga Suci)." Ensiklopedia Katolik Vol. 13. New York: Robert Appleton Company, 1912. 31 Desember 2022 Artikel ini memuat teks dari sumber tersebut, yang berada dalam ranah publik.
  3. ^ Brockhaus. "'Tangga Suci' Roma ditemukan untuk pertama kalinya dalam 300 tahun". Kantor Berita Katolik. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-04-26. Diakses tanggal 05-06-2019. 
  4. ^ "Mengungkap Scala Santa Roma". wantedinrome.com. 2020-02-12. Diakses tanggal 2020-02-22.