Scáthach

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Scáthach ("Bayangan") adalah salah satu tokoh dalam Siklus Ulster pada mitologi Irlandia. Dia adalah prajurit wanita legendaris Skotlandia. Dia juga adalah guru yang mengajari Cú Chulainn seni bela diri. Dia berasal dari Alpae (Skotlandia). Dia secara khusus diasosiasikan dengan Pulau Skye. Di sanalah terdapat kediamannya, Dún Scáith (Benteng Bayangan).

Cú Chulainn memiliki kekasih bernama Emer, namun ayah Emer, Forgall, melarang mereka menikah sebelum Cú Chulainn menyelesaikan pelatihan keprajuritannya. Cú Chulainn dan sahabatnya Ferdiad kemudian pergi ke Dún Scáith. Di sana mereka dilatih oleh Scáthach, yang juga memberikan Cú Chulainn tombaknya yang mematikan, Gáe Bulg.

Cú Chulainn mulai berselingkuh dengan putri Scáthach, Uathach, namun secara tidak sengaja meamtahkan jarinyta. Uathach menjerit dan memanggil kekasihnya, Cochar Croibhe. Walaupun dilarang oleh Uathach, Cochar malah menantang Cú Chulainn untuk berduel. Cú Chulainn dengan mudah mengalahkan Cochar dan menggantikannya sebagai kekasih Uathach. Scáthach pada akhirnya menjanjikan bahwa Cú Chulain boleh menikahi putrinya tanpa harus membayar mas kawin. Ketika wilayah Scáthach terancam oleh Aífe, prajurit wanita musuh bebuyutan Scáthach, Cú Chulainn ikut menghadapi Aife. Cú Chulainn berhasil mengalahkannya serta memaksanya untuk berdamai.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Tochmarc Emire (Recension I), ed. and tr. Kuno Meyer (1890). "The Oldest Version of Tochmarc Emire". Revue Celtique. 11: 433–57.  CELT link. CELT
  • Tochmarc Emire (Recension II), ed. A.G. van Hamel, Compert Con Culainn and Other Stories. Mediaeval and Modern Irish Series 3. Dublin, 1933.
  • Quin, E.G.; et al., ed. (2007) [1913-75]. "Alpae". Dictionary of the Irish Language, Based Mainly on Old and Middle Irish Materials. Dublin: RIA. Letter A, Column 291. 
  • MacKillop, James (1998). Dictionary of Celtic Mythology. London: Oxford. ISBN 0-19-860967-1.