Sawanori Matsuzaki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sawanori Matsuzaki
Lahir27 Maret 1978 (umur 46)
Kediri, Jawa Timur, Indonesia
KebangsaanJepang
AlmamaterTeikyo University
Keluarga
  • Hōryu S Matsuzaki (Ayah)
  • Almh. Tjandra Dharmakirti (Ibu)
  • Takayo Matsuzaki (Kakak Perempuan)
  • Almh. Sawako Matsuzaki (Kakak Perempuan)
  • Kazuko Matsuzaki (Adik Perempuan)
Sawanori Matsuzaki
Guru
  1. Hōryu S Matsuzaki
  2. Tatsuji Katō
  3. Masao Kagawa

Sawanori Matsuzaki(松﨑沢宣), Karateka yang dalam dunia karate jepang mendapat julukan "The King of Silence"[1], merupakan Karateka dari aliran KUSHINRYU KARATE-DO (空眞流空手道)[2] yang telah menjuarai turnamen All Japan Championship(全日本空手道選手権大会 dibaca Zen'nihon Karatedo Senshuken Taikai)[3] selama 5 tahun berturut-turut (五連覇)dari tahun 2000 sampai dengan tahun 2004.

Kejuaraan karate Zen Nihon Karate-Do Senshuken Taikai [3] diadakan setiap tahun dan merupakan kelas bebas (tidak memperdulikan usia dan berat badan) yang diikuti oleh juara dunia, juara Asia, juara Jepang, juara (PON) Jepang, juara antar Mahasiswa, Tentara dan Instansi lainnya di Jepang,

Kemenangan seperti Sawanori Matsuzaki ini merupakan pertama kali dalam sejarah karate di Jepang, namun Sawanori Matsuzaki mengundurkan diri sebagai juara dengan alasan untuk memberikan kesempatan kepada karateka yang lain untuk bisa menjadi juara karate di Jepang, dengan begitu dapatlah dikatakan bahwa kemenangan Sawanori Matsuzaki ini adalah kemenangan abadi, karena sebelum beliau dikalahkan, ia mengundurkan diri untuk memberikan kesempatan kepada karateka generasi berikutnya.

Profil[sunting | sunting sumber]

Sawanori Matsuzaki terlahir dari Ibu bernama Tjandra Dharmakirti dari Kediri dan Ayah bernama Hōryu Shinya Matsuzaki dari Jepang, Hōryu Shinya Matsuzaki adalah Mahaguru (Sōke) ke-11 Konshin-ryu Juhō-jutsu (Konshin-ryu jujutsu), Mahaguru (Sōke) ke-2 Kushin-ryu Karate-Dō sekaligus pendiri Kushin-ryu M Karate-Dō Indonesia (KKI).

Sawanori Matsuzaki menyandang sabuk DAN 7 Kushin-ryu Karate-Dō dan sekarang menjabat sebagai Ketua Majelis Sabuk Hitam Kushin-ryu Dunia.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

  1. Juara I Karate antar Universitas seluruh Jepang pada tahun 1998
  2. Juara I JKS World Championship (Kejuaraan Dunia Shotokan) pada tahun 1999
  3. Juara I (PON) Pekan Olahraga Nasional Jepang kelas bebas pada tahun 2001
  4. Juara I Kejuaraan Asia Karate kelas beregu pada ahun 2001
  5. Juara Dunia 5 ( lima) tahun berturut-turut Turnamen Karate Zen Nihon Karate-Do Senshuken Taikai [3] pada tahun 2000 sampai dengan 2004 dll.

Riwayat Pendidikan dan Melatih[sunting | sunting sumber]

  1. Pada tahun 1983 Sekolah di Bandung Japanese School (BJS) sampai SD kelas 2 di Ciumbuleuit, Bandung. Pada usia 5 tahun, mulai mendapat pelatihan beladiri karate dari sang ayah.
  2. Pada tahun 1985 pindah ke Jepang dan meneruskan sekolah SD di Shougakou Kouriyama (茨木市立郡山小学校) sampai tahun 1987 di Ibaraki-shi,Osaka, Jepang.
  3. Pada tahun 1988 sampai tahun 1989 Sekolah SD di Shougakou Kouka (光華小学校) di Kyoto, Jepang.
  4. Tingkat SMP dari tahun 1990 s.d 1992 Sekolah SMP di Ibaraki-shi Toyokawa Chugakou (茨木市立豊川中学校) di Osaka, Jepang.
  5. Pada tahun 1993 s.d 1995 masuk di Sekolah Beladiri Karate Shouei Koukou (昭英高等学校) di Tsuruga-shi, Fukui, Jepang.
  6. Pada tahun 1996 s.d 1999 masuk di Sekolah Tinggi Beladiri Karate Teikyou University (帝京大学) di Tokyo, Jepang.
  7. Setelah lulus dari Teikyou University, Sawanori Matsuzaki kembali menimba ilmu beladiri dibawah pengawasan Sōke Hōryu S Matsuzaki untuk menjadi guru selama 5 (lima) tahun di Kantor Pusat Aliran Kushin-ryu Karate-Do (総本部Sōhonbu) di 2-11-3 Minowa, Taitō-ku, Tokyo, Jepang.
  8. Pada tahun 2007 bulan Oktober Sawanori Matsuzaki kembali ke Indonesia dan tinggal di Bandung.
  9. Pada tahun 2008 melatih Karate di Divisi I Kostrad.
  10. Pada tahun 2010 melatih Karate di Paspampres.
  11. Pada tahun 2014 melatih Karate di Kopassus.
  12. Pada tahun 2015 melatih Karate di Kodam III/Siliwangi
  13. Pada tahun 2016 s.d sekarang melatih Karate di Dinas Jasmani Militer Angkatan Darat dengan mendirikan Dōjō yang diberi nama "KKI Vira Prakasa Yudha Sawa Dōjō" adapun personel yang mengikuti latihan karate antara lain :

Pencapaian[sunting | sunting sumber]

Hasil dari upaya mengembangkan karate di tanah air setelah beberapa tahun melatih di Dinas Jasmani Militer Angkatan Darat, pada tanggal 5 April 2018,Sawanori Matsuzaki beserta Brigadir Jenderal TNI Agus Rohman, S.I.P menandatangani batu prasasti sebagai simbol pendirian tempat latihan "Vira Prakasa Yudha Disjas TNI AD Sawa Dōjō" di Dinas Jasmani Militer Angkatan Darat. Kegiatan karate ini juga dapat diikuti dan dikembangkan oleh masyarakat umum.

Sawanori Matsuzaki dan Dinas Jasmani Militer Angkatan Darat bersama-sama sangat berkomitmen untuk ikut mendorong prestasi olahraga karate di tanah air seperti yang disampaikan juga oleh Brigadir Jenderal TNI Khairul Anwar M.,S.H,. M.Tr (Han) pada peresmian "Vira Prakasa Yudha Disjas TNI AD Sawa Dōjō" tanggal 3 Juni 2021. Peresmian ini dihadiri langsung oleh Presiden WKKO Sōke Hōryu S Matsuzaki serta pengurus Kushin-ryu M Karate-Dō Indonesia (KKI) Pusat, Provinsi, Cimahi dan Kota / Kab.Bandung.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "雑誌掲載記事 | JKFan2003年12月号 | 国際玄制流空手道連盟武徳会". www.genseiryu.jp. Diakses tanggal 2022-04-18. 
  2. ^ "空真流". Wikipedia (dalam bahasa Jepang). 2010-02-25. 
  3. ^ a b c "全日本空手道選手権大会". Wikipedia (dalam bahasa Jepang). 2022-02-06. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]