Satuan Anti-Perampokan Khusus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Satuan Khusus Anti-Perampokan
Special Anti-Robbery Squad
SingkatanSARS
Ikhtisar
Dibentuk1992
Dibubarkan11 Oktober 2020
Struktur yurisdiksi
Wilayah hukumNigeria
Nigeria sm02.gif
Nigeria
Luas wilayah923,768 km2
Populasi206 juta
Lembaga pemerintahKementerian Kepolisian
Instrumen dasar
  • Bagian 214 dari Konstitusi 1999 Republik Federal Nigeria (sebagaimana telah diubah)
  • Nigeria Police Act 2020
Kategori
Markas besarRumah Louis Edet, Abuja

Situs web
www.npf.gov.ng

Satuan Anti-Perampokan Khusus (Bahasa Inggris: Special Anti-Robbery Squad, disingkat SARS) adalah unit Kepolisian Nigeria yang dibentuk pada akhir 1992 untuk menangani kejahatan yang terkait dengan perampokan, pembegalan, penculikan, perampokan ternak, dan senjata api. Satuan Anti-Perampokan Khusus adalah bagian dari Departemen Investigasi Kriminal dan Intelijen (FCIID), yang dipimpin oleh Wakil Inspektur Jenderal Polisi Anthony Ogbizi.[1]

SARS kontroversial karena hubungannya dengan pembunuhan di luar hukum, penyiksaan, dan pemerasan. Setelah protes yang meluas di Nigeria dan di seluruh dunia di bawah motto "End SARS", unit tersebut dibubarkan pada 11 Oktober 2020. Inspektur Jenderal Polisi M.A. Adamu mengatakan bahwa unit baru, Senjata dan Taktik Khusus (SWAT) akan menggantikan SARS. Ia mengatakan bahwa personel SARS akan melapor ke markas besar kepolisian untuk pembekalan dan pemeriksaan. Beberapa jam setelah pengumuman, beberapa orang Nigeria turun ke Twitter dengan tagar #EndSWAT, dan demonstrasi terus berlanjut di tengah kekhawatiran bahwa reformasi kepolisian tidak akan terwujud.[2]

2020 Akhiri kampanye SARS[sunting | sunting sumber]

Upaya untuk melarang unit SARS meningkat pada Oktober 2020 setelah seorang petugas polisi SARS menembak seorang pemuda Nigeria di depan Wetland Hotel di Ughelli, Negara Bagian Delta. Video insiden tersebut mulai menjadi trending di media sosial, yang menyebabkan protes di seluruh negeri dalam beberapa hari.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "How I founded SARS in the Police – RTD CP Midenda". Vanguard News (dalam bahasa Inggris). 23 December 2017. Diakses tanggal 25 February 2020. 
  2. ^ Reuters, Story by. "More Nigerian protests against police brutality as reforms fail to convince". CNN. Diakses tanggal 2020-10-16.