Santo Basil dari Ostrog

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Basil dari Ostrog
Saint Basil of Ostrog.jpg
Ikon Santo Basil dari Ostrog
Uskup Zahumlje dan Herzegovina
Lahir28 Desember 1610
Mrkonjići, Sanjak Herzegovina, Kekaisaran Ottoman
Wafat29 April 1671(1671-04-29) (umur 60)
Biara Ostrog
Dihormati diGereja Ortodoks Timur
Tempat zairahBiara Ostrog
Pesta12 Mei (O.S. 29 April)

Santo Basil dari Ostrog (bahasa Serbia: Свети Василије Острошки/Sveti Vasilije Ostroški, pelafalan Serbo-Kroasia: [sʋê:ti siːlije ǒstroʃki], lahir di Mrkonjići, 28 Desember 1610 – meninggal di Ostrog, 29 April 1671 pada umur 60 tahun) adalah seorang uskup Ortodoks Serbia dari Zahumlje yang dihormati sebagai janasuci (santo) di Gereja Ortodoks Timur.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Masa muda[sunting | sunting sumber]

Stojan Jovanović (Abjad Kiril Serbia: Стојан Јовановић) lahir pada 28 Desember 1610, di desa Mrkonjići di bagian bawah ladang Popovo di Ljubinje nahija (Herzegovina), yang pada waktu itu merupakan bagian dari Kekaisaran Ottoman. Ayahnya adalah Petar Jovanović dan ibunya bernama Ana. Dia adalah anak yang rajin dan patuh, dan mewarisi kebaikan dan kemurahan hati orang tuanya. Setelah megurus ternak di perbukitan Herzegovinia dan lereng gunung, ia suka berbagi makanan dengan orang-orang miskin. Pemerintah Utsmani mulai memperhatikan dan mengawasi pemuda berbakat ini. Karena untuk menghindari bahaya, orang tunya mengirim beliau ke Biara Zavala, di mana pamannya, hieromonk Serafim menjabat sebagai hegoumenos (pemimpin) biara. Di sanalah ia akan belajar dan diasuh.[1]

Biara Ostrog di Bjelopavlići

Studi[sunting | sunting sumber]

Vasilije muda terutama menyukai sel-sel yang terbuat dari bebatuan yang dilubangi di atas gereja biara Presentasi Perawan Maria yang Terberkati. Memiliki perpustakaan pribadi yang kaya koleksi buku, ia dengan cepat menjadi ahli Alkitab dan dasar-dasar ajaran Kristen. Pamannya kemudian mengirim beliau ke Biara Tvrdoš di Trebinje, untuk melanjutkan studi spiritual dan teologis.[1]

Uskup Zahumlje[sunting | sunting sumber]

Kerendahan hati St. Basil membuatnya enggan menduduki jabatan tinggi. Namun, kesalehan, kerendahan hati, dan dedikasinya kepada Gereja membuatnya sangat cocok untuk peran itu dan dia terpilih sebagai Uskup Zahumlje dan Skenderija, yang ia terima dengan enggan pada tahun 1639. Basil kemudian pensiun dari jabatan itu sepuluh tahun kemudian pada tahun 1649.

Warisan[sunting | sunting sumber]

Biara St. Basil dari Ostrog di Bijeljina

Setelah kematiannya pada tahun 1671, ia dimakamkan di Biara Ostrog yang didirikannya di Montenegro, dan makamnya di sebuah gua kini menjadi tempat ziarah bagi orang Kristen (baik Ortodoks dan Katolik Roma). Biara Ostrog sekarang menjadi salah satu situs ziarah utama di Balkan, dan sejumlah besar peziarah berkumpul terutama pada hari Pentakosta. Hari raya St Basil dari Ostrog diperingati dalam kalender liturgi setiap tanggal 29 April (12 Mei dalam Kalender Gregorian).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Slobodan Mileusnić (2000). Sveti Srbi. Prometej. hlm. 149. ISBN 9788676394784. 

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]