Saint-Malo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sant-Maloù)
Saint Malo

Saint-Malo (Breton: Sant-Maloù; Gallo: Saent-Malô) merupakan sebuah kota di Prancis yang terletak di bagian barat. Tepatnya di provinsi Brittany di Selat Inggris. Penduduknya berjumlah 50.675 jiwa (1999) dan memiliki luas wilayah 36,58 km². Kepadatan penduduk 1.385 jiwa/km².

Wali kota saat ini (2014) adalah Claude Renoult.

Populasi[sunting | sunting sumber]

Populasi pada tahun 2017 adalah 46.097 jiwa–meskipun jumlah ini dapat meningkat hingga 300.000 jiwa pada musim turis musim panas. Dengan memasukkan pinggiran kota, populasi wilayah metropolitan adalah sekitar 133.000 (2017).

Populasi komune meningkat lebih dari dua kali lipat pada tahun 1967 dengan penggabungan tiga komune: Saint-Malo, Saint-Servan (populasi 14.963 pada tahun 1962) dan Paramé (populasi 8.811 pada tahun 1962). Penduduk Saint-Malo disebut Malouins dalam bahasa Prancis. Data populasi pada tabel dan grafik di bawah mengacu pada komune Saint-Malo menurut geografinya pada tahun-tahun tertentu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Didirikan oleh Galia pada abad ke-1 SM, kota kuno di situs Saint-Malo dikenal sebagai Reginca Romawi atau Aletum. Pada akhir abad ke-4 M, distrik Saint-Servan menjadi lokasi benteng tanjung utama Pantai Saxon yang melindungi muara Rance dari perampok laut dari luar perbatasan. Menurut Notitia Dignitatum, benteng ini ditempatkan oleh militum Martensium di bawah dux (komandan) bagian Tractus Armoricanus dan Nervicanus dari litus Saxonicum. Selama kemunduran Kekaisaran Romawi Barat, Armorica (Brittany modern) memberontak dari pemerintahan Romawi di bawah Bagaudae dan pada abad ke-5 dan ke-6 menerima banyak warga Celtic Inggris yang melarikan diri dari ketidakstabilan di Selat. Saint-Malo modern menelusuri asal-usulnya ke pemukiman biara yang didirikan oleh Saint Aaron dan Saint Brendan pada awal abad keenam. Namanya diambil dari seorang pria yang dikatakan sebagai pengikut Brendan sang Navigator, Saint Malo atau Maclou, seorang imigran dari tempat yang sekarang disebut Wales.

Saint-Malo adalah latar puisi Marie de France "Laüstic", sebuah kisah cinta abad ke-12. Kota ini memiliki tradisi menegaskan otonominya dalam berurusan dengan otoritas Prancis dan bahkan dengan otoritas lokal Breton. Dari tahun 1590 hingga 1593, Saint-Malo mendeklarasikan dirinya sebagai republik merdeka, dengan menggunakan moto "bukan Prancis, bukan Breton, tetapi Malouin".

Saint-Malo menjadi terkenal sebagai rumah para corsair, prajurit Prancis, dan terkadang bajak laut. Pada abad ke-19, ketenaran "pembajakan" ini digambarkan dalam drama Jean Richepin Le flibustier dan dalam opera eponymous karya César Cui. Corsair Saint-Malo tidak hanya memaksa kapal-kapal Inggris melewati Selat untuk membayar upeti tetapi juga membawa kekayaan dari tempat yang lebih jauh. Jacques Cartier tinggal di, dan berlayar dari, Saint-Malo ke Sungai Saint Lawrence, mengunjungi desa Stadacona dan Hochelaga yang kemudian menjadi lokasi Kota Quebec dan Montreal saat ini. Sebagai orang Eropa pertama yang menemukan situs-situs ini dan mempelajari kata lokal "Kanata" (artinya sekelompok rumah), Cartier dianggap sebagai penemu Kanada.

Penduduk Saint-Malo disebut Malouins dalam bahasa Prancis. Dari sinilah muncullah nama Spanyol untuk Islas Malvinas, kepulauan yang dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Kepulauan Falkland. Islas Malvinas berasal dari nama tahun 1764 Îles Malouines, yang diberikan kepada pulau-pulau tersebut oleh penjelajah Prancis Louis-Antoine de Bougainville. Bougainville, yang mendirikan pemukiman pertama di kepulauan ini, menamai pulau-pulau tersebut dengan nama penduduk Saint-Malo, titik keberangkatan kapal dan penjajahnya.

Pada tahun 1758, Penggerebekan di Saint-Malo menyebabkan ekspedisi Inggris mendarat, berniat untuk merebut kota tersebut. Namun, Inggris tidak melakukan upaya apapun terhadap Saint-Malo dan malah menduduki kota terdekat Saint-Servan, di mana mereka menghancurkan 30 prajurit sebelum berangkat.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]