Sankarea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sankarea: Undying Love
Sampul manga volume pertama menampilkan karakter utama, Rea Sanka.
さんかれあ
(Sankarea)
GenreKomedi romantis, Film zombie[1]
Manga
PengarangMitsuru Hattori
PenerbitKodansha
Penerbit bahasa Inggris
MajalahBessatsu Shōnen Magazine
DemografiShōnen
Terbit09 Desember 200909 September 2014
Volume11 (Daftar volume)
Seri anime
SutradaraShinichi Omata[a]
Produser
  • Nobumitsu Urasaki
  • Kensuke Tateishi
  • Masashi Takatori
  • Yūka Sakurai
  • Yasuhiro Yamaguchi
  • Yoshiaki Uraki
SkenarioNoboru Takagi
MusikYukari Hashimoto
StudioStudio Deen
Pelisensi
Saluran
asli
TBS
Tayang 05 April 2012 28 Juni 2012
Episode12 + 3 OVA (Daftar episode)
Novel
Sankarea: All Night-Rea Long
PengarangRyō Suzukaze
IlustratorMitsuru Hattori
PenerbitKodansha
ImprintKodansha Ranobe Bunko
DemografiMale
Terbit02 Juli 2013
 Portal anime dan manga

Sankarea (Jepang: さんかれあ, Hepburn: Sankarea) adalah serial manga berbahasa Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Mitsuru Hattori. Manga tersebut memulai serialisasinya di Bessatsu Shōnen Magazine milik Kodansha antara Desember 2009 hingga September 2014 dan telah dikumpulkan menjadi sebelas volume tankōbon. Serial ini telah dilisensikan dan diterbitkan di Amerika Utara oleh Kodansha USA. Sebuah adaptasi anime televisi dibuat oleh Studio Deen dan ditayangkan di Jepang sejak 05 April hingga 28 Juni 2012. Adaptasi novel kemudian dibuat oleh Ryō Suzukaze dan telah diterbitkan di Kodansha pada bulan Juli 2012.

Alur[sunting | sunting sumber]

Chihiro Furuya adalah siswa SMA yang sangat tertarik dengan zombie, mengumpulkan permainan video, film, dan manga yang berhubungan dengan zombie, dan bahkan sampai ingin "mencium gadis zombie". Menyusul kematian kucing peliharaannya, Babu, ia mencoba menghidupkannya kembali dengan menggunakan manuskrip lama sebagai referensi yang menjelaskan proses pembuatan ramuan untuk membangkitkan kembali makhluk yang telah mati. Saat proses tersebut, dia bertemu dengan seorang gadis bernama Rea Sanka yang kabur dari rumah. Dalam upaya untuk bunuh diri, Rea meminum sampel ramuan "kebangkitan" yang dibuat dari bunga beracun Hydrangea macrophylla, meskipun ramuan tersebut gagal membunuhnya. Setelah bertengkar dengan ayahnya, dia jatuh dari tebing secara tidak sengaja dan meninggal. Namun, akibat ramuan tersebut, dia menjadi zombie yang memakan daun hydrangea untuk bertahan hidup. Cerita mengikuti kehidupan Chihiro dan 'pacar zombie' barunya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Chihiro Furuya (降谷 千紘, Furuya Chihiro)
Pengisi suara: Ryōhei Kimura (Jepang); Aaron Dismuke (Inggris)[2][3]
Chihiro adalah protagonis yang mengidap nekrofilik. Suatu hari, dia menemukan manuskrip tua dan mengikuti petunjuk untuk membuat ramuan "kebangkitan" untuk menghidupkan kembali kucingnya yang mati sebagai zombie. Dia melakukan penelitiannya terhadap mayat kucingya di gedung tua yang ditinggalkan dan terkadang dia melihat Rea di sumur dekat gedung, meratapi hidupnya. Dia berjanji pada Rea bahwa dia akan bertanggung jawab jika Rea menjadi zombie. Setelah Rea pindah ke kediamannya, ia melakukan penelitian mengawetkan jenazah Rea di tenda di kamarnya sendiri. Dia ingin ciuman pertamanya diberikan oleh zombie wanita, yang kemudian dia mendapatkannya sendiri sesaat Rea menciumnya. Dia juga mengalami pengalaman menjadi setengah zombie, setelah dia ditusuk oleh Dan'ichirō dengan pedang anggar. Di Anime, hal ini terjadi karena Rea menjilati luka yang dia peroleh setelah dia menyelamatkannya dari tertabrak mobil (walaupun efeknya hanya sementara). Di Manga, Rea menggigit bibirnya ketika dia 'menciumnya'. Chihiro senang melihat Rea berpakaian seperti Bunny Girl atau Perawat. Terlepas dari kenyataan bahwa Furuya tidak tertarik pada gadis yang masih hidup, dia jatuh cinta dengan Rea ketika dia masih hidup, yang dia akui padanya saat Rea mencoba melahapnya, yang membuat Rea kembali sadar. Furuya mencoba untuk mendekatinya setelah itu tetapi mengalami kesulitan mengingat kejadian itu dan rasa malu Rea sendiri. Di manga, diisyaratkan bahwa ketertarikan Furuya pada zombie mungkin karena ibunya telah berubah menjadi zombie. Ibu Furuya rupanya meninggal dalam kecelakaan mobil dan dibawa kembali untuk waktu yang singkat (oleh Jogorō) sebelum mati secara permanen. Di akhir manga, jantung Chihiro dimakan oleh Rea, namun ia diberi jantung buatan untuk bertahan hidup.
Rea Sanka (散華 礼弥, Sanka Rea)
Pengisi suara: Maaya Uchida (Jepang); Tia Ballard (Inggris)[2][3]
Rea adalah karakter utama dari cerita yang mencuri dan meminum ramuan zombie yang dibuat oleh Furuya dalam upaya bunuh diri karena pelecehan seksual dan emosional selama bertahun-tahun oleh ayahnya. Meskipun ayahnya tidak berhubungan seks dengan Rea (walaupun mungkin mengarah ke sana), ayahnya telah menyentuhnya dengan cara yang membuatnya tidak nyaman, mengambil foto telanjangnya pada hari ulang tahunnya "untuk mencatat pertumbuhannya", membuatnya diawasi. dan difoto terus-menerus, memecat pelayan mana pun yang bertindak 'tidak pantas' (seperti membiarkan Rea bermain dengan kucing liar), dan dia memaksa keluarga dari satu teman yang dia ceritakan tentang perilakunya untuk pindah. Ramuan itu tidak cukup untuk membunuhnya, tetapi dia dibangkitkan sebagai zombie setelah ayahnya secara tidak sengaja menjatuhkannya dari tebing. Sebagai zombie, dia tinggal bersama dengan Furuya untuk mengetahui bagaimana rasanya bebas dari kendali ayahnya. Di bagian 12, dia memanggil Mero dengan panggilan "Mero-chan", mirip dengan bagaimana Mero mengingat ibunya. Rea menyukai Furuya dan merasa bahwa dia mencampuri hubungan Furuya dan Ranko, meskipun Ranko kemudian mendorong Rea untuk berusaha lebih keras dalam mencintai Furuya, meskipun dia malu. Rea tampaknya memahami Bābu dan merupakan satu-satunya zombie yang dilihat Jogorō dan Darin yang mampu menentang nalurinya pada tahap 2 zombifikasi, mungkin karena dia telah meminum ramuan sebelum mati (yang menurut Darin belum pernah dilakukan oleh zombie lain). Dia juga kuat secara fisik, karena tubuhnya tidak lagi dikendalikan oleh otaknya akibat kematiannya. Dalam arc di mana mereka mengunjungi "Zoma" dia menderita kehilangan ingatan karena pengangkatan sel otaknya. Meskipun dia hanya dapat mengingat sangat sedikit dari ingatannya yang terkubur, namun terukir, ingatannya tentang Chihiro tetap kabur dan tidak jelas. Dia mendapatkan ingatannya kembali saat dia memakan hati Chihiro.
Ranko Saōji (左王子 蘭子, Saōji Ranko)
Pengisi suara: Sayuri Yahagi (Jepang); Jamie Marchi (Inggris)[2][3]
Ranko adalah sepupu pertama Furuya. Sering dipanggil Wanko oleh Furuya, terkadang dia mengatakan bahwa Furuya harus menggunakan "-san" setelah namanya. Ranko menyukai Furuya selama beberapa waktu (sejak dia menyelamatkannya dari seekor anjing ketika dia berusia sekitar 6 tahun) dan mengembangkan persaingan dengan Rea meskipun dia juga suka menggoda mereka berdya. Dia akhirnya mengaku kepada Furuya, tetapi menyadari sebelum Furuya dapat menjawab, Furuya mengatakan bahwa dia mencintai Rea. Dia telah menerima bahwa cintanya bertepuk sebelah tangan untuk saat ini, tetapi belum menyerah dan kadang-kadang melakukan sesuatu yang nekat seperti menelan sebotol ramuan kebangkitan untuk mengubah dirinya menjadi zombie. Untungnya ini gagal karena Darin terlalu malas untuk mengganti label botol dan dia hanya pingsan karena reaksi alergi ringan.
Mero Furuya (降谷 萌路, Furuya Mero)
Pengisi suara: Yuka Iguchi (Jepang); Felecia Angelle (Inggris)[2][3]
Mero adalah adik perempuan Chihiro. Dia diberi nama berdasarkan nama George Romero. Tidak seperti Chihiro, dia cukup terobsesi dengan hantu. Dia tidak ingat banyak tentang ibunya kecuali kenyataan bahwa tangannya dibalut perban. Dalam beberapa ingatannya tentang ibunya, dia ingat ibunya bertanya tentang demamnya, menyatakan bahwa sang ibu lupa bahwa dia tidak bisa mengukur suhunya karena tangannya yang diperban. Mero melihat gambaran mengenai ibunya di dalam diri Rea sehingga ia tanpa sadar menganggap Rea sebagai ibunya.

Keluarga Furuya[sunting | sunting sumber]

Jogorō Furuya (降谷 茹五郎, Furuya Jogorō)
Pengisi suara: Shirō Saitō (Jepang); Mike McFarland (Inggris)[2][3]
Jogorō adalah kakek Chihiro dan Mero yang juga dikenal sebagai Profesor Boil. Dia pencipta resep ramuan Kebangkitan. Dia adalah seorang profesor yang dihormati di Amerika Serikat yang meneliti zombie, dan melakukan banyak eksperimen dengan mereka. Namun dia meninggalkan penelitiannya untuk alasan yang tidak diketahui, dan meskipun dia masih memiliki banyak pengetahuan tentang zombie, dia jarang mengatakan sesuatu yang berguna karena kepikunannya. Ketika menemukan Rea di kamar mandi, dia mengira bahwa Rea adalah seseorang bernama Sada (istri pertamanya dari periode Meiji). Dia kadang-kadang menyatakan bagaimana Sada telah dibangkitkan kepada keluarganya, tetapi tidak ada yang tahu siapa yang dia bicarakan, mengingat itu bukanlah nama yang mereka kenal. Orang-orang kemudian menganggap Sada hanyalah karakter fiktif yang disebabkan oleh kepikunan Jogorō. Belakangan terungkap bahwa kepikunan dan penglihatannya yang buruk adalah efek samping dari paparan racun dalam jumlah yang fatal. Kadang-kadang, peristiwa memicu periode kewarasan singkat yang memungkinkan dia untuk memberi tahu Chihiro dengan jelas bagaimana menjaga Rea tetap sadar dan dalam kondisi yang baik serta memberi tahu dia bahwa ramuan Kebangkitan tidak lengkap. Langkah-langkah yang diungkapkan oleh Jogorō hanya akan memperlambat, tetapi tidak menghentikan pembusukan, sehingga pada akhirnya Rea akan membusuk kecuali Chihiro menemukan solusi yang lebih baik.
Do'on Furuya (降谷 呶恩, Furuya Doōn)
Pengisi suara: Seiro Ogino (Jepang); Christopher Corey Smith (Inggris)
Ayah Chihiro dan Mero dan juga pendeta di kuil Shiryō-ji.
Yuzuna Furuya (降谷 柚菜, Furuya Yuzuna)
Pengisi suara: Yurika Hino (Jepang); Caitlin Glass (Inggris)
Mendiang ibu Chihiro dan Mero yang meninggal sebelum kisah yang ada dalam Manga dimulai. Diisyaratkan bahwa setelah kecelakaan mobil yang fatal dia dihidupkan kembali sebagai zombie untuk sementara waktu, kemungkinan besar oleh Kakek Jogorō. Buktinya terlihat dalam kilas balik Mero di mana ibunya telah membalut tangan dan menyatakan bahwa dia tidak dapat mengetahui suhu Mero dari dahinya dengan tangannya lagi. Beberapa kilas balik dipicu oleh Rea yang bertindak mirip dengan Yuzune. Pada suatu saat Yuzune mengucapkan selamat tinggal (kemungkinan besar karena dia mulai lapar akan daging orang yang dicintainya) dan mati sepenuhnya.
Babu (ばーぶ, Bābu)
Pengisi suara: Misato Fukuen (Jepang); Monica Rial (Inggris)
Babu adalah kucing peliharaan Chihiro yang mati dalam kecelakaan mobil tiga hari sebelum dimulainya seri. Dia dinamai zombie yang dijinakkan di film Day of the Dead namun di anime disebutkan dia dinamai berdasarkan suara yang dia buat karena hidungnya yang tersumbat permanen. Dia dihidupkan kembali oleh Chihiro saat melakukan penelitian kebangkitan padanya. Rea sepertinya memahami Babu sebagai zombie. Seperti Rea, tubuhnya tidak dikendalikan oleh otaknya dan dia mampu membunuh seekor rubah yang jauh lebih besar dari dirinya. Namun, tidak seperti Rea, dia belum mampu menahan insting zombinya. Ini menyebabkan dia memasuki keadaan 'Bingung' di malam hari di mana dia memangsa hewan lain. Meskipun dia belum menyerang manusia mana pun, seiring berjalannya waktu dia akhirnya akan merosot ke titik di mana dia tidak hanya bingung di siang hari, tetapi akan menjadi zombie tanpa pikiran yang mencari daging makhluk hidup apa pun seperti zombie liar yang ada dalam film - sesuatu yang dihadapi Rea sendiri kecuali Chihiro dapat menemukan solusi.

Karakter lain[sunting | sunting sumber]

Dan'ichirō Sanka (散華 団一郎, Sanka Dan'ichirō)
Pengisi suara: Unshō Ishizuka (Jepang); David Wald (Inggris)[2][3]
Dan'ichirō adalah ayah Rea yang sangat protektif. "Cinta"-nya terhadap Rea hampir seperti inses, meskipun dia belum sampai pada titik di mana dia berhubungan seks dengannya. Namun, dia memiliki kebiasaan memotret putrinya dan mengawasinya setiap kali dia meninggalkan mansion. Pada hari ulang tahunnya, dia akan mengambil foto telanjang Rea dengan alasan "mencatat perkembangannya". Setelah menghadapi Chihiro dan Rea di ruang anggarnya, dia menerima Chihiro sebagai pelindung Rea tetapi memberinya peringatan tegas bahwa tidak boleh ada "hubungan seksual sebelum menikah". Dia menuju ke AS segera setelah itu untuk mencari cara menghentikan Rea dari pembusukan. Obsesinya dengan Rea tampaknya merupakan bentuk cinta yang dia miliki untuk istri pertamanya yang meninggal saat melahirkan Rea, yang mana rupa istrinya sangat mirip dengan Rea. Sebelum menikah, istrinya menjadi salah satu penonton di pertandingan anggar yang didukung Sanka dan memujinya atas keterampilan yang dia tunjukkan, bahkan jika pertandingan telah diatur.
Aria Sanka (散華 亜里亜, Sanka Aria)
Pengisi suara: Mayumi Asano (Jepang); Lydia Mackay (Inggris)
Aria adalah ibu tiri Rea. Dia dulunya adalah seorang pembantu untuk Dan'ichirō dan dilatih di bawah tradisi lama dalam keluarga Sanka bahwa ahli waris masa depan harus menikahi pelayan terbaik. Para pelayan dipilih dari keluarga baik-baik dan diajari bagaimana menjadi wanita di bidang-bidang seperti deportasi, keanggunan, dll. Sehingga menjadi istri piala yang cocok jika dipilih untuk menikah dalam keluarga. Namun Dan'ichirō bertemu dan menikahi ibu Rea yang sangat dia cintai sampai kematiannya saat melahirkan Rea. Meskipun Dan'ichirō kemudian menikahi Aria, dia tidak memperhatikan istrinya dan malah mengawasi Rea, yang membuat hubungan mereka menjadi tegang. Akibatnya, Aria memperlakukan Rea dengan dingin, mencoba membuat Dan'ichirō tertarik padanya, dan sering mabuk ketika dia tidak bekerja sebagai Kepala sekolah Rea. Dia diam-diam membenci Rea karena Rea dicintai oleh semua orang dan merupakan satu-satunya objek obsesi Dan'ichirō. Aria mencoba merayu Chihiro setelah mengetahui Rea telah berubah menjadi zombie, tetapi dia ditolak dengan dingin oleh Chihiro yang mengatakan kepadanya bahwa dia hanya mencintai gadis mayat hidup.
Darin Arciento Kurumiya (来宮・ダリン・アーシェント, Kurumiya Darin Āshento)
Pengisi suara: Aiko Kusumi (Jepang); Jad Saxton (Inggris)
Mantan asisten Jogorō Furuya, yang ingin menggunakan Rea sebagai subjek penelitian. Dia sangat berpengetahuan tentang zombie tetapi informasinya masih kalah dengan pengetahuan Jogorō yang luas, meskipun fakta bahwa dia lebih dapat diandalkan daripada Jogorō (yang pikirannya memburuk) dan menciptakan hubungan memberi-dan-menerima dengan Chihiro dan Rea. Sikapnya perlahan mulai berubah saat Rea memperlakukannya sebagai seorang teman. Dia memiliki burung hantu cyborg zombie yang dimodifikasi bernama 18 (トワ Towa). Dia juga bekerja untuk bekas organisasi Jogoro, ZoMA. Dia menjadi tertarik pada Zombie Research karena itulah satu-satunya saat ayahnya memperhatikannya dan bukan zombie. Ketertarikan utamanya pada Rea adalah menggunakannya sebagai sarana untuk mendapatkan kembali perhatian ayahnya. Dia adalah orang pertama yang menyadari bahwa salah satu alasan Rea mampu mempertahankan kepribadiannya lebih baik daripada zombie lainnya adalah karena dia menelan ramuan Kebangkitan saat dia masih hidup. Semua subjek uji zombi yang diteliti Darin telah mati setidaknya beberapa jam sebelum diberi ramuan. Meski terlihat dan bertingkah seperti wanita muda dewasa, subjek zombie milik Darin baru berusia 14 tahun. Dia juga memberi diri subjek tersebut dengan dosis kecil racun zombie untuk menonaktifkan pembatasnya sambil tetap hidup. Karena dosisnya kecil, mereka tidak akan membunuhnya atau menyebabkan kehilangan penglihatan dan kerusakan otak. Efek samping dari perawatan ini adalah kemampuan untuk merasakan sakit juga ditekan dan dia dapat merusak dirinya sendiri tanpa disadari jika subjek tersebut tidak berhati-hati. Akibatnya jika subjek zombie tersebut berlari dengan kecepatan manusia super, misalnya, dia tidak akan merasakan otot kakinya tegang dan tidak menyadari bahwa ada yang salah sampai kerusakannya terlalu parah sehingga kakinya tidak bisa berfungsi lagi.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Manga Sankarea ditulis oleh Mitsuru Hattori dan memulai serialisasi di Majalah Bessatsu Shōnen milik Kodansha. Bab pertama seri ini diterbitkan dalam majalah edisi Januari 2010, dirilis pada 9 Desember 2009,[4] dan yang terakhir diterbitkan dalam edisi Oktober 2014, dirilis pada 9 September 2014.[5][6] Serial ini juga disusun dalam sebelas volume tankōbon, diterbitkan antara 9 Juni 2014 hingga 11 November 2014. Volume ke-5, ke-6, ke-7 dan ke-8 diterbitkan bersamaan dengan edisi terbatas. Edisi terbatas volume ke-5 dibundel dengan CD drama yang mana drama tersebut menceritakan kisah orisinil.[7] Edisi terbatas dari volume ke-6 dan ke-7 dibundel dengan DVD yang masing-masing berisi episode anime orisinil.[8] Edisi terbatas volume ke-8 dibundel dengan tiga poster kamar mandi dengan penggambaran erotis dari tokoh utama serial tersebut.[9]

Kodansha USA telah melisensi seri ini di Amerika Utara dengan judul Sankarea: Undying Love[10] dan telah merilis sebelas volume dalam bahasa Inggris antara 11 Juni 2013 dan 24 Maret 2015.

No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa JepangTanggal rilis versi bahasa InggrisISBN versi bahasa Inggris
1 July 16, 2010[11]ISBN 978-4-06-384341-5June 11, 2013[12]ISBN 978-1-61262-351-1
2 December 9, 2010[13]ISBN 978-4-06-384412-2August 27, 2013[14]ISBN 978-1-61262-352-8
3 March 9, 2011[15]ISBN 978-4-06-384453-5October 29, 2013[16]ISBN 978-1-61262-353-5
4 August 9, 2011[17]ISBN 978-4-06-384529-7December 24, 2013[18]ISBN 978-1-61262-354-2
5 February 9, 2012[19][20]ISBN 978-4-06-384623-2 (regular edition)
ISBN 978-4-06-358382-3 (limited edition)
February 11, 2014[21]ISBN 978-1-61262-398-6
6 June 8, 2012[22][23]ISBN 978-4-06-384682-9 (regular edition)
ISBN 978-4-06-358389-2 (limited edition)
April 29, 2014[24]ISBN 978-1-61262-399-3
7 November 9, 2012[25][26]ISBN 978-4-06-384762-8 (regular edition)
ISBN 978-4-06-358390-8 (limited edition)
June 24, 2014[27]ISBN 978-1-61262-550-8
8 June 7, 2013[28][29]ISBN 978-4-06-384873-1 (regular edition)
ISBN 978-4-06-362253-9 (limited edition)
August 26, 2014[30]ISBN 978-1-61262-554-6
9 January 9, 2014[31]ISBN 978-4-06-394977-3October 21, 2014[32]ISBN 978-1-61262-580-5
10 June 9, 2014[33]ISBN 978-4-06395-062-5December 2, 2014[34]ISBN 978-1-61262-581-2
11 November 7, 2014[35]ISBN 978-4-06-395231-5March 24, 2015[36]ISBN 978-1-61262-802-8

Anime[sunting | sunting sumber]

Serial televisi anime 12 episode berdasarkan manga diumumkan pada edisi Oktober 2011 di Bessatsu Shōnen Magazine, dan ditayangkan di Jepang antara 5 April dan 28 Juni 2012.[37] Dua episode animasi video orisinil dirilis dengan edisi terbatas manga volume 6 dan 7 pada 8 Juni dan 9 November 2012.[8] Episode OVA ketiga dirilis dengan Blu-ray Disc dan DVD volume ke-6 pada tanggal 30 November 2012.[38] [39] Lagu pembukanya adalah "Esoragoto" (絵空事, Figment) oleh Nano Ripe dan lagu penutupnya adalah "Above Your Hand" oleh Annabel. Serial ini telah dilisensikan di Amerika Utara oleh Funimation, merilis seri yang disulih suara dalam bahasa Inggris di Blu-ray Disc dan DVD pada 1 Oktober 2013. Kemudian diketahui bahwa rilis tersebut berisi versi yang telah diedit, Funimation sejak itu menarik kembali dan menunda rilis pada Blu-ray/DVD dengan materi tanpa sensor, tidak ada berita tentang tanggal rilis yang tepat diumumkan sampai Funimation mengumumkan rilis 31 Maret 2015 untuk seri lengkap yang belum dipotong.[40] Pelanggan yang telah menerima versi yang telah diedit dapat memilih untuk mengembalikan salinan mereka untuk pengembalian uang atau menukar salinan mereka dengan versi yang belum diedit saat didistribusikan.[41] MVM Films telah melisensikan serial ini di Britania Raya.[42]

Novel[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi novel diterbitkan oleh Kodansha di bawah nama dagang Kodansha Ranobe Bunko pada 2 Juli 2012. Novel berjudul Sankarea: All Night-Rea Long (さんかれあ おーる・ないとれあ・ろんぐ) ditulis oleh Ryō Suzukaze dan diilustrasikan oleh Mitsuru Hattori. [9] [43]

Penjualan[sunting | sunting sumber]

Menurut Oricon, kompilasi manga volume ketiga yang lengkap terjual 24.363 eksemplar,[44] sedangkan volume keempat terjual 44.120 eksemplar (menjadikannya peringkat #19 penjualan manga Jepang pada pertengahan Agustus 2011).[45]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Credited under the pseudonym Mamoru Hatakeyama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Loveridge, Lynzee (August 8, 2014). "Sankarea Zombie Romantic Comedy Manga's End Slated for Next Month". Anime News Network. Diakses tanggal April 13, 2020. 
  2. ^ a b c d e f "Funimation Streams English-Dubbed Sankarea: Undying Love Trailer". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-09-11. 
  3. ^ a b c d e f "キャラクター|TBSテレビ:さんかれあ 公式ホームページ". www.tbs.co.jp. Diakses tanggal 2019-09-11. 
  4. ^ はっとりみつる新連載はゾンビ系ラブコメ「さんかれあ」 (dalam bahasa Jepang). Natalie.mu. 2009-12-09. Diakses tanggal 2013-12-25. 
  5. ^ "Sankarea Zombie Romantic Comedy Manga's End Slated for Next Month". Anime News Network. 2014-08-08. Diakses tanggal 2014-08-09. 
  6. ^ 別マガのゾンビラブコメ「さんかれあ」完結 (dalam bahasa Jepang). Natalie.mu. 2014-09-09. Diakses tanggal 2014-11-12. 
  7. ^ "アニメ「さんかれあ」は来春TBS、別マガでイメージ公開" (dalam bahasa Jepang). Natalie.mu. 2011-12-09. Diakses tanggal 2013-12-25. 
  8. ^ a b "Sankarea Zombie Comedy Manga to Bundle Unaired Anime". Anime News Network. 2012-02-09. Diakses tanggal 2013-12-25. 
  9. ^ a b さんかれあ8巻限定版、礼弥らの悩殺お風呂ポスター3枚 (dalam bahasa Jepang). Natalie.mu. 2013-06-07. Diakses tanggal 2013-12-25. 
  10. ^ "Kodansha USA Adds Vinland Saga, Sankarea, No. 6, Tokyo Mew Mew A la Mode". Anime News Network. 2012-10-13. Diakses tanggal 2012-10-15. 
  11. ^ さんかれあ(1) (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 2013-02-20. 
  12. ^ "Sankarea 1". Random House. Diakses tanggal 2013-02-20. 
  13. ^ さんかれあ(2) (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 2013-02-20. 
  14. ^ "Sankarea 2". Random House. Diakses tanggal 2013-02-20. 
  15. ^ さんかれあ(3) (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 2013-02-20. 
  16. ^ "Sankarea 3". Random House. Diakses tanggal 2013-02-20. 
  17. ^ さんかれあ(4) (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 2013-02-20. 
  18. ^ "Sankarea 4". Random House. Diakses tanggal 2013-05-25. 
  19. ^ CD付き さんかれあ(5)限定版 (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 2013-06-07. 
  20. ^ さんかれあ(5) (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 2013-02-20. 
  21. ^ "Sankarea 5". Random House. Diakses tanggal 2013-06-07. 
  22. ^ DVD付き さんかれあ(6)限定版 (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 2013-06-07. [pranala nonaktif permanen]
  23. ^ さんかれあ(6) (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 2013-02-20. 
  24. ^ "Sankarea 6". Random House. Diakses tanggal 2013-12-25. 
  25. ^ DVD付き さんかれあ(7)限定版 (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-01-04. Diakses tanggal 2013-06-07. 
  26. ^ さんかれあ(7) (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 2013-02-20. 
  27. ^ "Sankarea 7". Random House. Diakses tanggal 2013-12-25. 
  28. ^ さんかれあ(8)限定版 (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 2013-06-07. 
  29. ^ さんかれあ(8) (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 2013-06-07. 
  30. ^ "Sankarea 8". Random House. Diakses tanggal 2013-12-25. 
  31. ^ さんかれあ(9) (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 2013-12-25. 
  32. ^ "Sankarea 9". Random House. Diakses tanggal 2014-02-17. 
  33. ^ さんかれあ(10) (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 2014-06-09. 
  34. ^ "Sankarea 10". Random House. Diakses tanggal 2014-06-09. 
  35. ^ さんかれあ(11)<完> (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 2014-11-12. 
  36. ^ "Sankarea 11". Random House. Diakses tanggal 2014-11-10. 
  37. ^ "Sankarea Zombie Comedy Manga Gets TV Anime". Anime News Network. 2011-09-05. Diakses tanggal 2011-09-06. 
  38. ^ "さんかれあ 6 [Blu-ray]" (dalam bahasa Jepang). Amazon.co.jp. Diakses tanggal 2013-12-25. 
  39. ^ "さんかれあ 6 [DVD]" (dalam bahasa Jepang). Amazon.co.jp. Diakses tanggal 2013-12-25. 
  40. ^ "FUNimation Details March 2015 Anime DVD/BD Release Slate". December 15, 2014. 
  41. ^ "Funimation Streams English-Dubbed Sankarea: Undying Love Trailer". Anime News Network. 2012-07-23. Diakses tanggal 2013-12-25. 
  42. ^ "MVM Announces Sankarea for Later in the Year". Anime News Network. 2013-03-07. Diakses tanggal 2013-12-25. 
  43. ^ さんかれあ おーる・ないとれあ・ろんぐ (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 2013-12-25. 
  44. ^ "Japanese Comic Ranking, March 7–13". Anime News Network. 2011-03-16. Diakses tanggal 2011-09-06. 
  45. ^ "Japanese Comic Ranking, August 8–14". Anime News Network. 2011-08-18. Diakses tanggal 2011-09-06. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]