Sanca bodo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
?Sanca bodo
Sanca bodo sedang beristirahat
Sanca bodo sedang beristirahat
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Reptilia
Ordo: Squamata
Upaordo: Serpentes
Famili: Pythonidae
Genus: Python
Nama binomial
Python bivittatus
Kuhl, 1820
Sinonim

Python molurus bivittatus Kuhl, 1820[1]


Sanca bodo (Python bivittatus) adalah sejenis ular anggota keluarga (familia) ular besar (Boidae) dan termasuk anaksuku ular sanca. Awalnya, ular ini adalah anak jenis dari Python molurus,yakni di bagi menjadi 2 subspesies,yaitu Python molurus bivittatus ( Molu Normal ) dan Python Progschai ( Molu Dwaft ).Panjangnya untuk jenis Python molurus bivittatus (Molu Normal) bisa lebih dari lima meter. Sedangkan untung jenis Python Molurus Progschai bisa mencapai dua meter. Rentang habitat mencakup sebagian besar daerah tropis dan subtropis. Wilayah jelajahnya mencakup berbagai habitat hutan namun selalu tidak terlalu jauh dari air dan kadang-kadang, daerah pemukiman manusia

Ular ini memangsa berbagai vertebrata, namun paling besar adalah babi atau rusa tutul. Sebagaimana jenis sanca lainnya, sanca bodo bertelur dan betinanya "mengerami". Akibat perburuan dan perusakan habitat, sanca bodo oleh IUCN dimasukkan sebagai spesies "hampir terancam".

Agihan[sunting | sunting sumber]

Tersebar di India timur laut (Benggala utara), Nepal tenggara, Bhutan, Cina selatan, dan Asia Tenggara: Myanmar, Laos, Vietnam, Kamboja, Thailand, dan Indonesia (Jawa, Bali, Sumbawa, dan sebagian Sulawesi). Dalam beberapa dekade terakhir, ular ini dikabarkan juga menjadi penghuni liar hutan di Florida, Amerika Serikat, sebagai hewan invasif akibat para pemeliharanya melepaskan hewan ini begitu saja ke alam liar.

Referensi[sunting | sunting sumber]