San Zaccaria, Venesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Kenampakan luar gereja.

Gereja San Zaccaria adalah gereja dari abad ke-15 yang terletak di pusat kota Venesia, Italia. Bangunan besar ini terletak di Campo San Zaccaria, di dekat pesisir di sebelah tenggara Piazza San Marco dan Basilika San Marco. Gereja ini didedikasikan untuk Santo Zakaria, ayah Yohanes Pembaptis.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bangunan gereja pertama didirikan oleh Doge Giustiniano Participazio pada awal abad ke-9 untuk menyimpan jenazah Santo Zakaria yang dihadiahkan oleh Kaisar Romawi Timur Leo V. Jenazah ini disimpan di altar kedua di kanan. Jenazah doge-doge Venesia juga dikubur di ruang bawah tanah gereja. Bangunan gereja ini dibangun kembali pada tahun 1170-an (saat campanile yang berdiri saat ini dibangun) dan digantikan oleh bangunan bergaya Gothik pada abad ke-15. Sisa bangunan sebelumnya masih ada karena bangunan gereja yang berdiri saat ini dibangun di samping bangunan lama dan bukan di atasnya.

Bangunan yang berdiri saat ini dibangun dari tahun 1458 hingga 1515. Perancangnya adalah Antonio Gambello, sementara bagian atas interiornya diselesaikan oleh Mauro Codussi tujuh puluh tahun kemudian dengan gaya Renaisans awal. Kenampakan luarnya merupakan campuran gaya Gothik akhir dan Renaisans.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 45°26′5″LU 12°20′36″BT / 45,43472°LU 12,34333°BT / 45.43472; 12.34333