Samsung C&T Corporation

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Samsung C&T Corporation
삼성물산
Nama asli
삼성물산 (三星物産)
Publik
Kode emitenKRX: 028260
IndustriKonstruksi
Perusahaan perdagangan
Mode
Resort
Didirikan1938; 86 tahun lalu (1938)
PendiriLee Byung-chul
Kantor
pusat
Samsung C&T Corporation 123, Olympic-ro 35-gil, Songpa-gu, Seoul, 05510, Republik Korea
Tokoh
kunci
Choi Chi-Hun, Presiden & (Chairman Eksekutif Dewan Direksi)
Young Ho Lee, Presiden & CEO (Grup Rekayasa & Konstruksi)
Jung Suk Koh, Presiden & CEO (Grup Perdagangan & Investasi)
Keum Yong Chung, Wakil Presiden Eksekutif & CEO (Grup Resort)
JasaKonstruksi dan Teknik Sipil
PendapatanKenaikan KRW 31,2 triliun (2018) [1]
Kenaikan KRW 1.748 milyar (2018)[1]
Total asetKenaikan KRW 42,4 triliun (2018)[1]
Karyawan
17.274 (2018)
IndukSamsung
Situs webwww.samsungcnt.com

Samsung C&T Corporation (Construction & Trading Corporation) (sebelumnya bernama Samsung Corporation) (Korea: 삼성물산), didirikan pada tahun 1938 sebagai perusahaan induk dari Samsung Group dengan bisnis di sektor perdagangan luar negeri. Sejak tahun 1995, perusahaan ini bergerak di sektor rekayasa dan konstruksi proyek, perdagangan dan investasi, serta mode dan resort. Perusahaan ini dipimpin oleh 11 orang anggota dewan direksi, yang terdiri dari Presiden dan CEO dari keempat grupnya (Rekayasa & Konstruksi, Perdagangan & Investasi, Mode, dan Resort), seorang CFO, dan enam orang direktur independen.[2] Samsung C&T mempekerjakan hampir 13.000 orang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1975, Samsung C&T ditetapkan oleh Pemerintah Korea sebagai perusahaan perdagangan umum pertama yang menjual produknya ke luar negeri.[3] Setelah perusahaan ini digabung dengan Samsung Construction pada bulan Desember 1995, Samsung C&T mulai berbisnis secara global dengan membuka kantor di lebih dari 50 negara.

Pada bulan September 2015, Samsung C&T bergabung dengan Cheil Industries, sebuah perusahaan tekstil asal Korea yang cukup terkenal di industri mode dan diakuisisi oleh Samsung Everland pada bulan Desember 2013.[4] Dengan penggabungan tersebut, Samsung C&T pun bergerak di bidang mode, makanan, perumahan, hiburan, dan bio melalui Grup Rekayasa & Konstruksi, Perdagangan & Investasi, Mode, serta Resort & Konstruksi miliknya. Penggabungan ini pun menegaskan pilar ketiga Samsung Group, selain elektronik dan jasa keuangan.

Grup Rekayasa & Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Grup ini fokus pada rekayasa, pengadaan, dan konstruksi

Proyek Gedung[sunting | sunting sumber]

Unit bisnis ini terkenal karena telah membangun sejumlah pencakar langit, antara lain Burj Khalifa setinggi 828 meter di Dubai,[5] Menara Petronas dan PNB 118 di Malaysia,[6] serta Menara Tadawul Bursa Saham Saudi di Arab Saudi. Grup ini juga terkenal karena membangun Cleveland Clinic di Abu Dhabi,[7] serta Bandar Udara Internasional Incheon,[8] Kompleks Semikonduktor Giheung, dan Kompleks Apartemen Raemian.[9] Konstruksi terminal ketiga Bandar Udara Internasional Shahjalal di Dhaka pun dikerjakan oleh Aviation Dhaka Consortium (ADC) yang beranggotakan Mitsubishi Corporation, Fujita Corporation, dan Samsung C&T.[10]

Proyek Sipil[sunting | sunting sumber]

Unit bisnis ini membangun jalan, jembatan, terowongan, pelabuhan, jalur kereta api bawah tanah, dan bendungan. Sejumlah proyek besarnya antara lain Jembatan Mersey Gateway di Britania Raya,[11] Metro Riyadh di Arab Saudi,[12] dan Busan Newport di Korea Selatan.

Pembangkit Listrik[sunting | sunting sumber]

Unit bisnis ini telah terlibat dalam pembangunan sejumlah pembangkit listrik modern, antara lain Kompleks Tenaga Nuklir dan Pembangkit Listrik Emal di Uni Emirat Arab,[13] serta Terminal LNG di Singapura.[14][15]

Grup Perdagangan & Investasi[sunting | sunting sumber]

Grup ini fokus pada perdagangan komoditas industri, seperti bahan kimia, baja, sumber daya alam, dan mengorganisasikan proyek seperti Samsung Renewable Energy (klaster tenaga angin/surya), Pembangkit Listrik Tenaga Panas Balkhash,[16] Terminal KMS (LNG), dan KST Electric Power Company.

Grup Mode[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya, Grup Mode, yang sebelumnya bernama Cheil Industries, fokus pada pakaian jas dan kasual dengan merek seperti Galaxy dan Beanpole. Selain itu, grup ini juga menjual pakaian olahraga dengan merek Rapido. Kini Grup Mode telah mengembangkan merek Beanpole ke pakaian anak-anak, pakaian luar ruang, dan aksesoris. Grup ini juga telah meluncurkan merek pakaian wanita (KUHO/LeBeige) dan mode cepat (8 Seconds). Grup ini pun terus berupaya mengembangkan bisnisnya ke luar negeri dengan mempromosikan merek Juun.J, yang telah memamerkan produk pakaian prianya di Paris Fashion Week sejak tahun 2007.

Grup Mode juga terlibat dalam pengembangan industri mode Korea melalui investasi riset dan pengembangan, sponsor, serta ajang pengumpulan dana. Grup ini juga mengoperasikan Samsung Fashion Institute dan Samsung Design Net, yang merupakan kanal yang berisi berita mode terkini, prediksi tren, laporan pasar, serta basis data riset. Lebih lanjut, untuk mendukung desainer pemula, grup ini menjalankan Samsung Fashion Design Fund (SFDF) yang memberikan penghargaan pada desainer tiap tahunnya.

Grup Resort[sunting | sunting sumber]

Didirikan pada tahun 1963, Grup Resort & Konstruksi telah mengembangkan bisnisnya dari pengembangan tanah ke resort, golf, makanan dan minuman, energi dan penataan ruang, serta konstruksi.

Everland Resort dan lapangan golf mewah milik grup ini, seperti Anyang Country Club dan Gapyeong Benest, telah menerima penghargaan Innovative Operation for Customer Satisfaction serta menerima penghargaan pada kategori yang sama dari Asosiasi Standar Korea.[17] Selama lima puluh tahun, grup ini juga mengembangkan bisnisnya dari konstruksi dan energi ke proyek penataan ruang. Samsung Welstory, yang telah tumbuh menjadi perusahaan katering terbesar di Korea sejak tahun 1982 telah dipisahkan dari grup ini dan menjadi perusahaan tersendiri pada tahun 2013.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "SAMSUNG C&T Company Overview". samsungcnt.com. Samsung. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-10-31. Diakses tanggal 2015-10-24. 
  2. ^ "Samsung C&T Corporation, Naver Institutional Group Dictionary: Corporate". goodmorningmedia. [pranala nonaktif]
  3. ^ "Samsung C&T Clinches Large Commercial and Residential Project in Malaysia". News World. News World. Diakses tanggal 29 November 2014. 
  4. ^ Choi Kyong-ae. "New Samsung C&T to be launched today". Korea Times. Korea Times. Diakses tanggal 31 August 2015. 
  5. ^ Jung Yeon-jin. "Advancement of Tall Buildings Samsung C&T Vice bbbbb President Ahmad Abdelrazaq Receives Engineering Award". Business Korea. Business Korea. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 December 2015. Diakses tanggal 2 April 2015. 
  6. ^ "Petronas Towers". Archi Team. Archi Travel. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-03-21. Diakses tanggal 1 January 2015. 
  7. ^ "New Abu Dhabi hospital to receive first patients in 2015". Arabian Business. Arabian Business. Diakses tanggal 19 July 2014. 
  8. ^ "Samsung C&T Corporation's vice president, head of strategic development, Kwan Young Chung, talks to Airport World about Incheon International Airport and his company's aviation investment strategy". Airport World. Airport World. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-07-08. Diakses tanggal 8 August 2013. 
  9. ^ Choi Kyong-ae. "Gileum Raemian to go on sale this month". Korea Times. Korea Times. Diakses tanggal 26 October 2015. 
  10. ^ Karim, Rejaul; Hasan, Rashidul (7 November 2019). "Shahjalal Int'l Airport: Third terminal now to cost 40pc more". The Daily Star (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 28 December 2019. 
  11. ^ "Merseylink | The Mersey Gateway Project". 
  12. ^ "South Korea's Samsung C&T wins $2bn Riyadh Metro order in KSA". Reuters. Al Arabiya. Diakses tanggal 30 July 2013. 
  13. ^ "Samsung C&T completes Emal power plant". Construction Week. Construction Week. Diakses tanggal 1 March 2015. 
  14. ^ "SAMSUNG C&T CORPORATION AWARDED EPC CONTRACT FOR PHASE 3 EXPANSION OF SINGAPORE LNG TERMINAL". Singapore LNG Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 October 2015. Diakses tanggal 27 August 2014. 
  15. ^ "Samsung C&T Corporation | Asia Outlook Magazine". Asia Outlook Magazine (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-05-28. Diakses tanggal 2017-05-29. 
  16. ^ "Balkhash Thermal Power Plant". 
  17. ^ Kang Seung-woo. "From wild land to fun paradise". Korea Times. Korea Times. Diakses tanggal 21 April 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]