Sampo Group

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sampo Group merupakan grup keuangan asal Finlandia yang merupakan perusahaan induk dari Sampo plc, If P&C Insurance Holding Ltd., Mandatum Life Insurance Company Ltd., Danish insurer Topdanmark, dan British P&C insurer Hastings dimana perusahaan tersebut adalah anak perusahaan dari Sampo Group. Perusahaan induk terletak di Helsinki mengatur seluruh anak perusahaannya. Sampo Group memperkejakan lebih dari 9.800 karyawan. Torbjörn Magnusson merupakan CEO Group dan Presiden dari Sampo.

Pemegang saham terbesar dari Sampo Group adalah institusi nasional Finlandia (Pemerintah Finlandia dan Dana Pensiun Nasional Finlandia) selain itu juga ada Varma Mutual Pension Insurance Company, Ilmarinen Mutual Pension Insurance Company, dan Elo Mutual Pension Insurance Company.

Sampo Group memiliki anak perusahaan dibidang perbankan bernama Sampo Bank pada tahun 2000 s.d 2006. Pada November 2006, diumumkan bahwa usaha tersebut dijual kepada Danske Bank asal Denmark dan Sampo akan berkonsentrasi pada bisnis asuransi.[1] Hasil penjualan ini kemudian diinvestasikan kepada saham Nordea, bank terbesar di Negara-negara Nordik. Saat ini Sampo menguasai kurang lebih 15,9% saham Nordea dan menjadi pemegang saham mayoritas di Nordea.[2] Nordea merupakan perusahaan asosiasi dari Sampo. Sampo juga memiliki saham di Nordax sebesar 36,25%, Nordax merupakan bank khusus di Utara Eropa.[3]

Pemegang Saham[sunting | sunting sumber]

Saham A dari Sampo plc. tercatat di NASDAQ OMX Helsinki (sebelumnya Bursa Efek Helsinki) sejak Januari 1988. Kapitalisasi pasar dari Sampo plc merupakan salah satu kapitalisasi pasar terbesar di NASDAQ OMX Helsinki.

Pemegang Saham (30 September 2021)[4]
Nama Persentase
Solidium (Dimiliki sepenuhnya oleh Pemerintah Finlandia) 7,97%
Varma Mutual Pension Insurance Company 4,01%
Ilmarinen Mutual Pension Insurance Company 1,67%
Elo Mutual Pension Insurance Company 0,74%
The State Pension Fund 0,59%
Oy Lival AB 0,49%

Björn Wahlroos, the Chairman of the Board, menguasai 4,1 juta saham A Sampo (0,7%).

If[sunting | sunting sumber]

If P&C Insurance merupakan perusahaan properti dan kecelakaan terdepan di regional Nordik dengan total konsumen mencapai 3,7 juta di regional Nordik dan negara-negara Baltik.[5] If menawarkan asuransi dan jasa di Finlandia, Swedia, Norwegia, Denmark, Estonia, Latvia, dan Lituania.

Mandatum life[sunting | sunting sumber]

Mandatum Life merupakan salah satu perusahaan penyediaan jasa keuangan terpandang dan terlancar di Finlandia dan merupakan bagian dri Sampo Group. Perusahaan ini menyediakan konsumen mereka beragam layanan termasuk manajemen kekayaan, investasi, asurasni risiko pribadi dan juga solusi insentif dan hadiah.[6]

Mandatum Life terlah mencapai peringkat tertinggi yang pernah dicapai oleh perusahaan asal Finlandia sebagai salah satu tempat terbaik untuk bekerja di Eropa pada kategori perusahaan besar. Pada Februari 2020, Mandatum Life terpilih sebagai peringkat pertama tempat yang paling diinginkan para pekerja, survei ini dilaksanakan oleh Great Place to Work® Institute. Saat ini Mandatum Life merupakan salah satu tempat terbaik untuk bekerja di Eropa, mereka ada di peringkat ke-10.

Sampo plc memiliki seluruh saham di Mandatum Life Insurance Company Limited. The Mandatum Life Group memiliki Mandatum Life Insurance Baltic SE, yang beroperasi di negara-negara balkan dan berkantor pusat di Estonia. Di Latvia dan Lithuania perusahaan ini beroperasi melalui kantor cabang. Pangsa pasar asuransi dari Madatum Life di Finlandia dan negara-negara Balkan mencapai 20%.

Nordea[sunting | sunting sumber]

Nordea merupakan grup layanan finansial yang beroperasi di Eropa Utara. Pada Oktober 2009 Sampo plc menerima izin dari otoritas Sedia untuk membeli lebih dari 20% Nordea.[7] Saat ini Sampo Group memiliki 15,9% saham dari grup perbankan dan Nordea merupakan salah satu entitas asosiasi dari Sampo.

Name[sunting | sunting sumber]

Dalam mitologi Finlandia, kata Sampo mereferensikan mesin mitos yang menciptakan garam, makanan, tepung, dan emas dari ketidakadaan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bank, Danske. "Sampo plc to sell Sampo Bank Group to Danske Bank A/S - Danske Bank". Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 August 2016. Diakses tanggal 1 June 2016. 
  2. ^ https://www.nordea.com/en/investor-relations/share/shareholders/
  3. ^ "Corporate Governance of Nordax Group". Nordax Group. Diakses tanggal 10 Oktober 2021. 
  4. ^ "Largest Shareholders of Sampo Group". Sampo Group. Diakses tanggal 10 Oktober 2021. 
  5. ^ https://www.if-insurance.com/about-if/about-us
  6. ^ "Company". www.mandatumlife.fi. 
  7. ^ "Releases". Diakses tanggal 1 June 2016.